Perbandingan Toyota Agya vs Daihatsu Ayla vs Calya Sigra

Perbandingan Toyota Agya vs Daihatsu Ayla vs Calya Sigra – Hadirnya LCGC baru 7-kursi Sigra memang memberikan warna di persaingan segmen LCGC. Selain menambahkan kompetitor di segmen itu sendiri, Sigra (dan Calya) menjadi penantang baru di kelas LCGC 7-kursi. Namun, bertambahnya pilihan tak selalu menyenangkan untuk semua orang. Beberapa pembeli baru malah akan merasa direpotkan karena jumlah mobil yang harus dipertimbangkan juga menjadi lebih banyak.
Tak perlu khawatir atau bingung memilih kalau Anda tahu poin-poin yang menjadi acuan dan perbandingan. Seperti berikut ini, kami hadirkan komparasi spesifikasi antara sang saudara Agya dan Ayla, melawan pendatang baru Sigra yang lebih bongsor.
Untuk Toyota Agya varian tertinggi merupakan TRD S A/T yang dilabeli harga Rp 137 Juta-an, sedangkan Daihatsu Ayla dengan dua varian yaitu X Elegant AT atau M Sporty AT. Kedua varian tersebut menawarkan harga yang tak berbeda jauh, Rp 129 Juta-an. Untuk Daihatsu Sigra, varian teratasnya merupakan R Deluxe AT yang ditawarkan dalam harga Rp 147 Juta-an.
Mesin

Komparasi Toyota Agya vs Daihatsu Ayla vs Daihatsu SigraFoto: Toyota

Agya dan Ayla sama-sama dibekali dengan jantung mekanis 3-silinder 1.0 liter (998cc) VVT-i yang menghasilkan tenaga maksimal 64 hp pada 6.000 rpm dan torsi puncak 85 Nm yang tersedia pada putaran 3.600 rpm. Agya dan Ayla ditawarkan dalam pilihan transmisi manual dan otomatis 4-speed.
Performa mesin tersebut ketika diaplikasikan pada bobot Agya dan Ayla yang terbilang ringan, sekitar 750 kg, terasa mencukupi. Apalagi ketika penggunaannya hanya sebatas komuter dalam kota. Bagi pengguna yang bijak, Agya dan Ayla juga bias menjadi teman andal saat keluar kota maupun mudik.

Komparasi Toyota Agya vs Daihatsu Ayla vs Daihatsu SigraFoto: Dina Rayanti

Bagaimana dengan Sigra? Sebagai pendatang baru, tentu Sigra diuntungkan karena sejumlah fitur dan perbekalannya terbilang segar. Sebut saja mesin baru yang sudah menggunakan 4-silinder, 1.2 liter (1197cc) Dual VVT-I berdaya maksimal 87 hp dan torsi 108 Nm. Sebagai pendistribusi tenaga juga menawarkan pilihan transmisi manual 5-speed atau otomatis 4-speed di varian atasnya.
Dari segi output mesin, Sigra yang memiliki bobot sekitar 990 kg, terbilang lebih bertenaga dibandingkan Agya dan Ayla. Wajar, karena Sigra yang merupakan MPV 7-kursi perlu tenaga lebih untuk mengangkut muatan lebih banyak.
Untuk performa, Sigra memang belum sekaliber sang kakak, Xenia. Namun, rata-rata nya masih di atas Agya dan Ayla. Berkat mesin baru dan teknologi Dual VVT-i, efisiensi Sigra dapat lebih terjaga. Apalagi, Sigra juga sudah dilengkapi stabilizer untuk meningkatkan kestabilan saat mobil bergerak penuh dinamika maupun saat berlari kencang.

Dimensi

Komparasi Toyota Agya vs Daihatsu Ayla vs Daihatsu SigraFoto: dok detikOto

Dengan bekal dimensi panjang 3.600 mm, lebar 1.600 mm, dan 1.520 mm untuk tingginya, Agya dan Ayla merupakan city car kompak dengan ruang kabin yang cukup lega di kelasnya. Bagasinya pun sesuai dengan ekspektasi dengan daya muat yang memadai.
Sementara Daihatsu Sigra menawarkan dimensi yang lebih besar. Panjangnya mencapai 4.070 mm, lebar 1.655 mm, dan tinggi 1.600 mm. Jarak sumbu rodanya 2.525 mm. Kabin dari Sigra juga terbilang lega di kelasnya, dan itu juga berlaku untuk penumpang baris kedua dan ketiga. Dalam keadaan bangku baris ketiga berdiri, bagasi Sigra terasa sedikit sempit.
Desain dan Fitur

Desain Agya dan Ayla memang bagai pinang dibelah dua, hanya berbeda pada paras wajah dan trim-trim nya saja. Pilihan di antara keduanya akan kembali kepada preferensi desain pribadi, terlepas dari faktor-faktor lainnya.
Berbeda dengan Sigra yang terdiri dari beberapa bagian desain dari para kakaknya. Anda bisa menemukan elemen desain Xenia, Sirion, dan Ayla pada Sigra. Desainnya sederhana namun elegan, dan pada varian atas dipermanis oleh aksen chrome.

Komparasi Toyota Agya vs Daihatsu Ayla vs Daihatsu SigraFoto: Dina Rayanti

Ketiganya membawa bekal pelek alloy dengan ukuran standar, yakni 14 inci dengan balutan ban 175/65. Bersanding di dalam roda depan ketiganya sudah terpasang rem cakram, sedangkan belakang masih menggunakan tromol.
Urusan hiburan dalam kabin bisa dikatakan ketiganya menawarkan fitur yang tak jauh berbeda. Head unit audio 2-DIN yang sudah mendukung radio, CD, MP3, port USB dan Jack AUX. Pada varian atas Sigra bahkan telah mendukung konektivitas Bluetooth. Keluaran suaranya terbilang standar dan cukup untuk menemani selama di perjalanan.
Sektor keselamatan, Anda bisa menemukan dua Airbag depan pada ketiga kontestan ini, di mana fitur ini merupakan fitur wajib pendukung keselamatan berkendara.
Kesimpulan
Sebetulnya, pertimbangan memilih antara Agya dan Ayla bergantung kepada selera desain dan nilai dari brand masing-masing. Tanpa memihak salah satu brand, Daihatsu Ayla yang berharga lebih murah dibanding Toyota Agya, namun fiturnya tak jauh berbeda, rasanya menjadi pilihan yang bijak.
Bagaimana dengan Agya atau Ayla dengan Sigra? Jawabannya sangat mudah. Anda cukup melihat kebutuhan dan kemampuan. Satu lagi hal terpenting adalah Anda melakukan test drive terlebih dahulu antara LCGC city car Agya atau Alya dan 7-seater Sigra sampai menemukan karakter mobil yang sesuai dengan yang Anda inginkan.

Komparasi Toyota Agya vs Daihatsu Ayla vs Daihatsu SigraFoto: Oto.com

Perbandingan Toyota Agya vs Daihatsu Ayla vs Calya Sigra |Masgala |4.5 |