6 Alasan Kenapa Harus Mudik Lebaran Pakai Kereta Api

Berbicara traveling, pastinya berhubungan erat dengan transportasi. Tanpa moda transportasi, jelas kamu tidak bisa berpindah dari satu destinasi wisata ke destinasi lainnya, apalagi dengan jarak tempuh yang jauh.

Salah satu kendaraan umum andalan untuk traveling adalah kereta api. Sejak dulu, moda transportasi darat yang dikelola PT KAI ini sudah melayani orang untuk berpindah dari satu kota ke kota lain. Bahkan, meski sekarang pesawat terbang tampak lebih banyak dipilih untuk perjalanan jarak jauh, nyatanya, kereta api masih laris melakukan perjalanan setiap hari.

Setidaknya, ada 6 alasan utama mengapa orang masih memilih kereta api sebagai ‘rekan traveling-nya’, bahkan menjadikannya sebuah pilihan cerdas. Yuk, intip 6 alasan cerdas berikut ini!

1. Ramah Biaya

Jika dibanding dengan pesawat terbang, kereta api masih menawarkan tarif lebih murah. Salah satu contoh adalah untuk perjalanan Jakarta–Malang. Di tanggal yang sama, harga tiket pesawat terbang rute tersebut ditawarkan paling murah sekitar Rp570.000 untuk kelas Ekonomi. Sementara itu, kereta api menawarkan tarif termurah mulai dari Rp430.000 untuk kereta kelas Eksekutif.

2. Mudah Pesan Tiket

Tak seperti dulu, orang harus repot pergi hingga berjejal-jejal antre di loket stasiun kereta api untuk mendapatkan tiket. Kini, kemajuan teknologi dari PT KAI menawarkan lebih banyak cara memesan tiket kereta api yang sangat mudah, salah satunya melalui sistem online. Saat ini, kamu sudah bisa memesan tiket kereta api langsung via website resmi PT KAI atau dari aplikasi ponsel yang sudah tersedia.

Selain dari website resmi, kamu juga bisa menjangkau agen booking online untuk memesan tiket kereta api, misalnya di Traveloka. Salah satu agen booking online tiket pesawat dan hotel terpopuler di tanah air ini sudah menyediakan layanan pemesanan tiket kereta api sekarang. Hasil kerja sama PT KAI dengan Traveloka membuat agen pemesanan online ini menjadi semakin terintegrasi untuk kebutuhan traveling penggunanya.

3. Lebih Nyaman

Dewasa ini, kereta api sudah mengalami peremajaan. Armadanya sudah semakin baru dan terawat. Untuk kelas Ekonomi saja, semua kereta api sudah full-AC sekarang.

Untuk kereta api kelas Eksekutif, tempat duduknya tak lagi sekadar berbahan plastik, tetapi sudah beralaskan busa (sofa) dan ditata selayaknya dalam pesawat terbang (untuk kereta api kelas Eksekutif). Sementara itu, bangku berlapis kulit sudah disediakan di kereta api kelas Bisnis dan Ekonomi.

Jarak antar tempat duduk pun lega, sehingga kamu juga bisa tidur dengan lebih nyaman selama perjalanan. Alangkah baiknya, jika kamu pun membawa bantal leher untuk menyempurnakan kualitas tidur saat di kereta api. Sebagaimana pesawat terbang, tapi versi lebih ramah biaya, kamu juga bisa menikmati santapan selama perjalanan dengan pelayanan ramah dari pramugara dan pramugari kereta api.

4. Kebebasan di Perjalanan

Dibanding naik pesawat terbang, perjalanan naik kereta api jelas memberikan kebebasan lebih. Ketentuan bagasi di kereta api lebih fleksibel daripada pesawat terbang. Dalam kereta api, kamu bisa membawa banyak bagasi dengan nyaman tanpa harus repot dengan security checking yang ketat sebagaimana di bandara. Penempatan bagasi pun bisa sangat dekat dengan kamu, sehingga bisa selalu diawasi.

Selain itu, kamu juga bisa membawa makanan dan minuman sendiri untuk disantap sesuka hati selama perjalanan. Karena area kereta api lebih luas, penumpang juga bisa bercakap-cakap atau berjalan-jalan di dalam gerbong dengan lebih leluasa.

Hal yang paling dibutuhkan dan menjadi nilai tambah bepergian dengan kereta api adalah kamu tidak diwajibkan untuk mematikan ponsel atau gawai lainnya selama perjalanan. Kamu bisa online sepanjang waktu untuk mengusir bosan. Jangan khawatir jika ponsel kehabisan daya baterai karena sudah terdapat soket listrik di setiap bangku penumpang kereta api sekarang.

5. Anti Macet

Dibanding naik bus, travel, atau mobil pribadi, jelas perjalanan dengan kereta api akan bebas dari kemacetan. Kereta api memiliki jalur sendiri, sehingga perjalanan kamu akan terhindar padatnya lalu lintas. Sekali jalan, kereta api tidak berhenti, kecuali di stasiun singgah dan tujuan terakhirnya. Ketika melintasi tengah jalan raya yang macet, kereta api tetap bisa berjalan karena kendaraan lain diharuskan untuk berhenti menunggu kereta api melintas.

Keuntungan ini juga menjadi salah satu alasan utama para traveler memilih kereta api untuk perjalanan, terutama jarak jauh. Dengan naik kereta api, kamu akan tiba di tujuan lebih cepat dibanding transportasi darat lainnya. Suasana dalam kereta api tentunya lebih nyaman dan lega, kamu tidak akan berdesak-desakan dengan penumpang lain atau kepanasan karena tidak ada pendingin ruangan.

6. Wisata Singkat di Perjalanan

Perjalanan Anda akan selalu dihibur oleh pemandangan cantik di luar jendela kereta api. Rel kereta dibangun menembus pemukiman, hutan, lembah, bukit, bahkan bisa melayang di atas jurang atau sungai.

Dengan lintasan yang sedemikian rupa, kamu akan memiliki pemandangan yang sangat menarik dan menghibur. Untuk itulah, jendela kereta api di setiap baris kursi penumpang dibuat lebar.

Saat kamu sedang dalam perjalanan melintasi malam menuju pagi, pemandangan matahari terbit bisa menjadi momen romantis untuk menemani perjalanan. Sudah dapat dibayangkan cantiknya sunrise dengan latar belakang bukit, rumah penduduk, hutan, pasar, atau laut. kamu tidak akan mendapatkan pemandangan ini jika naik pesawat terbang karena pemandangan yang terlihat hanya awan saja.

Nah, 6 alasan naik kereta api masih jadi pilihan cerdas para traveler sudah kamu temukan di atas. Lalu, tunggu apa lagi? Ayo, jelajahi seluruh destinasi di Indonesia dengan naik kereta api!

6 Alasan Kenapa Harus Mudik Lebaran Pakai Kereta Api | sirot | 4.5