10 Produk Asli Indonesia yang di Kira dari Luar Negeri

Di Indonesia selain terkenal dengan wisatanya juga terkenal dengan berbagai kuliner dan produk asli Indonesia yang diperdagangkan di Indonesia juga di ekspor sampai ke luar negeri. Banyak produk-produk dengan merek-merek terkenal dengan brand dagang menggunakan nama asing yang diperjual belikan di Indonesia. Barangkali kita sering melihat di sekitar anda banyak produk dengan nama asing dan secara tidak sadar anda akan menganggap jika produk tersebut berasal dari luar negeri yang di impor ke Indonesis. Namun sebenarnya ada beberapa produk yang mungkin anda temui setiap hari dengan menggunakan nama asing dan produk yang bermerek tersebut ternyata buatan asli dari Indonesia.

Produk-produk ini telah ikut bersaing dengan merek-merek asing terkenal lainnya di pasaran. Berikut adalah 10 produk terkenal yang asli Indonesia tapi banyak yang mengira kalau produk tersebut adalah merek luar negeri.

10 Produk Asli Indonesia yang di kira dari luar negeri

 

1. Hoka-Hoka Bento

Hoka-hoka Bento Restoran
Kalau kita berkunjung ke mall-mall yang ada di Indonesia, banyak kita menemuai restoran cepat saji yang bertema makanan Jepang dengan menu utamanya daging sapi ato daging ayam yang dimasak dengan racikan dan penyajian ala Jepang. Hoka-Hoka Bento sebagai restoran cepat saji yang bertema makanan Jepang ini bukanlah dari Jepang melainkan restoran atau produk asli Indonesia. Hoka-Hoka Bento didirikan pada tanggal 18 April 1985 di Jakarta oleh Hendra Arifin sebagai pemilik dari PT. Eka Bogainti.

Dengan penyajian makanan yang bertema Jepang dan restoran dengan suasana Jepang, Hoka-Hoka Bento telah mampu menjadi salah satu produsen makanan cepat saji yang cukup terkenal dan diminati di Indonesia.

2. CFC

California Fried Chicken Restoran
California Fried Chicken (CFC) adalah restoran waralaba dengan menu utamanya adalah makanan dengan menu spesial ayam goreng. Nama California adalah nama salah satu Kota di Amerika Serikat, dengan mengambil nama asing ini banyak beranggapan kalau CFC berasal dari Amerika seperti KFC, tapi ternyata CFC adalah produk asli Indonesia. CFC sendiri dikelola oleh PT. Pioneerindo Gourmet Tbk yang telah didirikan pada tahun 1983 di Jakarta. CFC tidak ada hubungannya sama sekali dengan perusahaan asing lain yang mempunyai usaha sejenis yang sudah lebih dulu populer di Indonesia.

3. JCO

JCO Restoran
J.CO Donuts & Coffee yang telah didirikan pada tahun 2005. Hampir semua gerai di mall-mall di indonesia pasti ada yang menjual JCO. JCO sekarang sudah sukses mengembangkan usahanya secara francise sampai ke berbagai negara di dunia. Dengan bentuk desain dan suasana cafe yang lebih modern, banyak dari orang indonesia yang mengira jika J.CO adalah salah satu brand cabang cafe dari luar negeri . Tapi, sebenarnya J.CO merupakan cafe asli Indonesia yang dimiliki oleh Johnny Andrean Group.

4. Polytron

Polytron
Banyak kita menemui peralatan Elektronik dengan merk Polytron. Merk ini tidak kalah mutunya dengan merk-merk Barang Elektronik lainnya seperti Panasonic, LG, Samsung dll. Banyak yang beranggapan kalau Polytron adalah buatan Luar negeri yang diimpor ke Indonesia sepeti barang elektronik lainnya. Tahukah kamu kalau Politron adalah produk buatan asli dari Indonesia. Tenaga ahli dan designnya juga asli dari dari Indonesia. Polytron di produksi oleh PT. Hartono Elektronik yang berpusat di KUDUS – Jawa Tengah. Perusahaan Polytron sudah berdiri sejak tahun 1970-an dan menghasilkan produk-produk elektronik yang berkualitas.

5. EIGER

Eiger
Banyak anak-anak muda yang sangat senang menggunakan produk Eiger, mulai dari Tas punggung, Jaket, Dompet dll. Terutama bagi pecinta alam dan pendaki gunung di Indonesia pasti kenal dengan Eiger sebagai penunjang kegiatannya di alam bebas. Banyak yang menggunakan Eiger karena kualitas dari Eiger sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Banyak dari anda yang mengira bahwa Eiger adalah produk buatan luar negeri karena nama dan kualitas produknya yang handal. Tas-tas dan produk-produk lainnya dari Eiger adalah produk yang merajai pasar tas di Indonesia. Eiger adalah produk asli indonesia yang didirikan oleh Ronny Lukito yang merupakan warga asli dari Indonesia.

6. POLYGON

Polygon
Bagi pecinta sepeda pasti kenal dengan Polygon. Polygon adalah salah satu merek yang sudah terkenal di Indonesia. Produk Polygon dimulai dari sepeda biasa, sepeda mini sampai sepeda gunung semua diproduksi oleh merek Polygon. Dengan namanya Polygon dikira produk buatan luar negeri, ternyata produk sepeda Polygon tersebut adalah produk asli Indonesia yang di buat di Sidoarjo, Jawa Timur. Dan hasil produk dari Polygon sudah diekspor sampai ke luar negeri.

7. Lea Jeans

Lea Jeans
Kalau kita membeli celana Jeans, kita sering memilih Lea sebagai pilihannya. Karena selain kualitasnya yang bagus, juga sangat nyaman ketika sudah dipakai. Jeans dengan merek Lea ini memang sangat terkenal di Indonesia maupun dunia. Karena menggunakan logo dan model iklan dari Amerika, banyak yang mengira kalau produk tersebut adalah buatan luar negeri. Lea Jeans adalah produksi asli Indonesia yang dikelola oleh PT. Lea Sanent. Merk Lea ini diluncurkan pertama kali pada tahun 1976 dengan produk awalnya pakaian casual, jeans dan aksesoris yang berdesain ala Amerika.

8. La FONTE

La Fonte
Dari namanya yang ke-Italian, maka banyak yang beranggapan kalau La Fonte adalah produk dari Italia yang diimpor ke Indonesia. La Fonte adalah produk asli Indonesia, yang di produksi oleh PT. Bogasari. Produk La Fonte tidak hanya terkenal di Indonesia saja tetapi juga dikenal diberbagai negara di Asia, seperti Filipina, Korea, Hongkong, Thailand dan Malaysia.

9. Silver Queen

Silver Queen Coklat
Varian coklat Silver Queen, Chunky Bar, dan Ceres adalah merek coklat yang terkenal di Indonesia dan sangat diminati oleh warga Indonesia yang gemar coklat. Varian coklat tersebut diproduksi oleh PT. Petra Foods yang merupakan salah satu pemain utama di pasar global. PT. Petra Foods adalah perusahaan milik keluarga Chuang yang asli Indonesia. Produk-produk Petra Foods telah di ekspor ke sekitar 17 negara di dunia, diantaranya Thailand, Jepang, Filipina, Hong Kong, Australia, dan China.

10 Tomkins

Sepatu Tomkins
Diawal-awal masuk Sekolah, nayak kita jumpai produk Tomkins yang menggelar diskon besar-besaran untuk menyambut tahun ajaran baru bagi anak-anak sekolah. Baik dari TK, SD, SMP atau SMA banyak yang memakai sepatu buatan Tomkins ini. Mulai dari sepatu sekolah, sepatu olahraga, sepatu futsal sampai sepatu bikers pun ddibuat oleh produk Tomkins. Karena dari namanya yang terkesan berbahasa dari luar negeri produk Tomkins banyak yang beranggapan dari produk dari luar negeri. Tapi perlu anda tahu bahwa Tomkins sebenarnya merupakan produk asli Indonesia yang diproduksi oleh PT. Primarindo Asia Infrastructure, Tbk.

Itulah 10 produk asli dari indonesia yang dikira produk dari Luar Negeri. Walau produk asli indonesia, tapi produk-produk diatas tidak kalah terkenal dan siap bersaing dengan produk asing.

10 Produk Asli Indonesia yang di Kira dari Luar Negeri |masgala |4.5 |