7 Peristiwa Orang Sholat di Tempat Tak Lazim

Sholat memang menjadi salah satu kewajiban bagi setiap muslim. Ibadah ini memang bisa dilakukan dimana saja, asal memang sudah waktunya walau tak ada tempat khusus seperti masjid atau musholla. Bahkan ditengah keramaian sekalipun, sholat tetap bisa dilakukan. Akan tetapi beberapa orang berikut ini pernah tertangkap kamera melakukan ibadah sholat di tempat yang terbilang tak lazim bagi kebanyakan orang.

Menariknya hal ini bisa menjadi contoh untuk kita. Dimanapun kita berada bahwa beribadah kepada tuhan haruslah menjadi yang pertama. Berikut ini informasinya.

Pekerja Konstruksi Sholat di Atas Menara Crane


Peristiwa orang sholat di tempat orang tak lazim yang pertama adalah pekerja konstruksi yang melakukan ibadah sholat diatas menara crane. Sholat adalah kewajiban orang yang mengaku muslim, dan sebagai tiang agama. Kaum muslim harus menunaikan sholat wajib lima waktu dalam satu hari. Tinggal di Negara mayoritas islam mungkin tidak menemukan masalah.

Sebuah video amatir telah menangkap gambar sebuah pekerja amatir yang tengah ibadah sholat sebuah crane besar dan sempat menggemparkan warga arab Saudi. Vidieo yang di unggah ke situs youtube tersebut menunjukkan seorang pria tengah bersujud diatas sebuah crane yang tengah mengerjakan proyek gedung di pusat kota. Bahkan surat kabar arab Saudi dalam laporannya menyatakan, lokasi yang dipilih orang tersebut merupakan tempat teraneh yang pernah dilihat.

Sholat Diatas Kendaraan

Selanjutnya adalah sholat diatas taksi. Melakukan sebuah kewajiban seorang muslim untuk menunaikan ibadah sholat bisa dimana saja. Seperti yang dilakukan oleh seorang sopir taksi di new york amerika serikat. Dengan khusyuk dan tanpa malu, pria yang tidak disebutkan identitasnya itu sholat diatas taksi. Tepatnya di bagian belakang bagasi yang dilapisi sejadah.

Taksi itu di parkir di pinggir jalan, beberapa orang pejalan kaki tak henti hentinya mengarahkan pandangan ke sopir taksi yang sedang sholat. Mereka terlihat kagum, ditengah kesibukan kerja, Sang sopir tidak meninggalkan kewajiban sebagai muslim.

Di kota yang tidak pernah tidur ini, diketahui populasi umat islam mencapai 800 ribu jiwa. Mereka berasal dari berbagai Negara islam seperti Pakistan, india, Bangladesh, Indonesia yang cukup banyak bermigrasi.

Selain itu, sholat diatas kendaraan juga pernah tertangkap kamera di filiphina. Peristiwa tak lazim ini merekam gambar anak yang sedang sholat jumat di atap sebuah becak motor yang berada di depan masjid di Filipina. Entah apa yang membuat ketiga anak lelaki ini memilih melakukan sholat jumat diatas sebuah becak motor. Namun aksi ketiga bocah ini tak meninggalkan sholat di sela waktu bermainnya patut diacungi jempol.

Astronot yang Sholat di Luar Angkasa

Berikutnya adalah astronot muslim yang melakukan sholat di luar angkasa. umat muslim di dunia menghadap ke satu titik yaitu ka’bah atau kiblat ketika melakukan sholat. Astronot pertama Malaysia, syech muzaphar syukron pergi ke luar angkasa 10 oktober 2007 dengan menumpang pesawat luar angkasa rusia soyuz.

Syukron berada di satelit luar angkasa internasional selama 6 hari. Bertepatan dengan bulan suci ramadhan, dirinya pun tetap melakukan ibadah puasa dan sholat dengan menghadap kiblat. Hal yang menjadi masalah adalah ISS mengorbit sekitar 354 KM diatas permukaan bumi. Hal ini membuat kiblat bisa berubah dalam hitungan detik. Arah ka’bah bisa berubah 180 derajat dalam hanya dalam sekali sholat.

Lembaga antariksa Malaysia angkasa menggelar sebuah konferensi yang melibatkan 150 ilmuan islam untuk memecahkan masalah ini. hasilnya adalah paduan menjalankan ibadah di ISS disetujui oleh komisi fatwa Malaysia. Dan kiblat bisa ditentukan berdasarkan peluang para astronot dengan prioritas yang pertama adalah ka’bah, bumi dan terakhir menghadap kemana saja.

Menghadap ke ka’bah atau menentukan proyeksinya bukanlah hal yang mudah. Namun hal ini tidak mengganggu ibadah syukron. Syukron berhasil menjadi muslim ke 9 yang melakukan ibadah sholat dan puasa di luar angkasa. bahkan syukron mengaku menemukan keajaiban di luar angkasa dimana ia merasa mendengar suara adzan di stasiun luar angkasa internasional.

Sholat di Jalanan New York

Berlanjut ke peristiwa orang sholat di tempat tak lazim lainnya yaitu dua pemuda muslim yang melakukan ibadah sholat di jalanan new york amerika serikat. Kedua pemuda bernama adam shaleh dan syeich akbar ini tercatat sebagai mahasiswa di new york. Mereka saling merekam temannya yang melakukan sholat sunnah dua rakaat di area public. Mereka membawa kompas untuk menentukan arah kiblat.

Setelah mereka berwudlu, salah seorang diantara mereka sholat sunnah dua rakaat. Dan yang lain merekamnya dengan kamera. Mereka melakukan itu untuk mengetahui reaksi public amerika ketika muslim sedang sholat. Dalam video yang mereka unggah di situs youtube dengan judul praying in public, terlihat beragam reaksi orang orang ketika melihat kedua pemuda ini sholat. Ada yang heran, ada pula yang memotret mereka, bahkan ada pula yang mengikuti gerakan sholat karena mengira itu adalah senam yoga.

Namun dibalik itu sebenarnya mereka ingin menunjukkan kepada dunia bahwa umat islam mencintai perdamaian melebihi apa yang mereka fikirkan.

Pria Sholat Di tengah Jalan Raya

Peristiwa orang sholat di tempat tak lazim lainnya adalah sholat di tengah jalan raya. Dalam rekaman video amatir ini terlihat seorang pria tua yang sedang melakukan ibadah sholat di tengah teriknya matahari di tengah jalan wilayah sri lanka. Semula ada pria muslim lainnya yang ingin mengajaknya untuk menepi. Namun pria yang tidak disebutkan namanya ini tengah khusuk beribadah.

Bahkan seorang petugas polisi setempat yang mencemaskan keselamatannya pun tak digubriskan. Aksi pria tua ini melakukan sholat di tengah jalan raya padat kendaraan itu pun sontak menjadi tontonan masyarakat yang lalu lalang di sekitar tempat tersebut.

Sholat di Bangku Stasiun

Selain itu rekaman video lainnya yang telah diambil oleh seorang pejalan kaki di rusia ini terlihat seorang pria muslim yang melakukan ibadah sholat di atas bangku stasiun lorong bawah tanah. Pria yang tak ingin ketinggalan waktu sholatnya itu memilih tempat yang cukup bersih untuk melakukan sholat. Tanpa mempedulikan orang yang lalu lalang di sekitarnya ia tetap khusuk dalam menjalankan ibadahnya.

Muslim di rusai termasuk minoritas, tak heran bila masih banyak masyarakat setempat yang terheran heran maupun kagum melihat umat muslim bersemangat dalam menjalankan ibadahnya untuk sholat dimanapun mereka berada.

Sholat di Hamparan Salju

Berikutnya adalah orang sholat di hamparan lapangan bersalju. Dalam sebuah rekaman video amatir , terlihat dua bersauadara asal bosnia yang tengah melakukan sholat di tengah lapangan penuh salju. Di tengah perjalanan mereka, kedua pria ini melaksanakan sholat di hamparan dinginnya salju karena mereka khawatir akan datang terlambat untuk bersembahyang.

Sementara rekaman video yang mengambil gambar kedua pemuda ini dilakukan oleh seorang teman mereka yang non muslim. Rupanya kawan kedua teman ini ingin menyampaikan menggunakan gambar tersebut. Bahwa ketaatan kedua teman muslimnya ini tak lain adalah demi mendapatkan kekuaatan batin untuk ikut berjihad ke Syria.

Muslim Amerika Sholat di Gereja Katedral

Yang terakhir adalah muslim di amerika yang tengah menjalankan sholat di gereja cathedral di Washington DC, amerika serikat. Perlu diketahui bila sebenarnya tidak diperbolehkan seorang muslim memasuki tempat ibadah lain kecuali dengan sampai terpaksa dan tidak ada tempat ibadah lain di sekitar tempatnya berdiri untuk melakukan ibadah sholat. Namun jika ada masjid di area tersebut, hendaklah lebih memilih masjid untuk dijadikan tempat sholat jumat berjamaah.

Tentunya umat muslim juga tidak berkenan jika masjid digunakan untuk beribadah agama lain. Namun sikap pluralism kental justru ditunjukkan berbagai agama di amerika, karena di negeri paman syam tersebut agama islam menjadi alergi tersendiri melawan aksi aksi pembunuhan gerakan islam separatis di timur tengah. sehingga banyak orang amerika membenci islam.

Akan tetapi banyak pula yang mencintai islam tanpa memandang gerakan gerakan separatis tersebut. Sebagai yang terlihat disini pada 16 november 2014 lalu. Beberapa karpet besar terbentang secara diagonal dan para muslim di amerika ini terlihat khusyuk dalam menjalani sholat jumat.

Menurut pihak gereja katedral Washington DC. Hal ini dilakukan agar bisa memperlihatkan diterimanya umat islam di amerika

7 Peristiwa Orang Sholat di Tempat Tak Lazim | Masgala | 2017