Air Terjun Telunjuk Raung

Air Terjun Telunjuk Raung surga kecil di kaki gunung Raung Banyuwangi yang masih alami dan asri. Air terjun dengan pemandangan yang memukau dan suasananya yang masih asri semakin banyak ditemukan di Banyuwangi, hal ini dikarenakan adanya Gunung Raung yang menjadi sumber mata air dari beberapa air terjun yang ada di Banyuwangi. Wisata yang sedang naik daun dan yang lagi hits saat ini adalah Air Terjun Telunjuk Raung yang letaknya berada di kaki gunung Raung yang terkenal mistis dan sering meletus.

Air Terjun Telunjuk Raung, Surga Kecil di Kaki Gunung Raung

Lokasi Air Terjun Telunjuk Raung terletak di Dusun Mangaran, Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon, Banyuwangi atau berjarak 40 KM dari pusat kota banyuwangi dengan waktu tempuh 1 setengah jam dengan kendaraan bermotor. untuk kondisi jalan menuju lokasi wisata masih berupa tanah dan bebatuan, namun masih bisa dilewati oleh mobil. jalan seperti ini akan wisatawan lewati setelah melewati pos pemantauan gunung Raung. nantinya wisatawan juga akan melewati perkebunan tebu yang sangat luas.

Sesampainya di tempat pemarkiran kendaraan, wisatawan akan diberi kartu parkir yang nantinya akan digunakan untuk pengecekan kendaraan disaat pulang dan pembayaran parkir yang berharga Rp 5000. dari pemarkiran wisatawan harus berjalan kaki terlebih dahulu untuk bisa menikmati keindahan air terjun Telunjuk Raung. Ketika berjalan kaki, wisatawan akan dibuat takjub dengan suasana hutan yang masih asri dan alami.

Setelah berjalan kaki melewati jembatan, wisatan akan menemukan sebuah kolam agak besar yang bisa wisatawan gunakan untuk mandi-mandian, tentunya air yang ada disini sangatlah dingin karena langsung berasal dari sumber mata air yang jernih dan menyegarkan. Adanya kolam ini juga menandakan wisatawan sudah dekat dengan Air Terjun Telunjuk Raung. dengan berjalan kaki sedikit lagi wisatawan sudah bisa menikmai keindahan pancuran air terjun.

Air Terjun Telunjuk Raung, Surga Kecil di Kaki Gunung Raung

Dinamakan Telunjuk Raung dikarenakan aliran air terjunnya seperti “Telunjuk” dan kata Raung sendiri diambil karena lokasi air terjun yang berada di kaki Gunung Raung. warga sekitar meyakini jika wisatawan mandi dengan air dari air terjun Telunjuk Raung bisa membuat awet muda.

Berikut ini foto-foto Air Terjun Telunjuk Raung

Air Terjun Telunjuk Raung, Surga Kecil di Kaki Gunung Raung

Air Terjun Telunjuk Raung, Surga Kecil di Kaki Gunung Raung

Air Terjun Telunjuk Raung, Surga Kecil di Kaki Gunung Raung

Rute Menuju Air Terjun Telunjuk Raung


Demikian informasi tentang wisata di air terjun Telunjuk Raung yang masih alami dan menakjubkan. Pemandangannya dan guyuran air terjunnya benar-benar membuat rasa lelah di perjalanan akan terobati.

Baca juga : Wisata Khas Banyuwangi