Aneka Macam Martabak

Siapa yang tak kenal dengan makanan yang satu ini, yaitu martabak. Banyak aneka macam martabak yang dijual hampir diseluruh wilayah Indonesia. Menyebut nama makanan satu ini pasti sudah terbayang lapisan kulit renyah yang membentuk adonan telur, bawang dan potongan daging yang lezat dan gurih. Terdapat dua jenis martabak yang kita kenal, pertama martabak manis yang  terbuat dari kacang, cokelat, dan keju. kemudian ada  martabak telur yang terbuat dari telur dan daging. Kedua jenis martabak ini memang selalu menggugah selera jika disajikan dengan teh hangat ataupun kopi, Terlebih jika disajikan di musim penghujan seperti saat ini.

Berikut ini aneka macam martabak di Indonesia

1. Martabak Air Mancur

Martabak Air mancur Aneka Macam Martabak yang Ada di Tanah Air

Aneka macam martabak pertama yaitu martabak dari Bogor. Bogor yang dijuluki kota hujan ini memang dikenal memiliki beberapa kuliner unik yang menggugah selera. Jika singgah ke kota Bogor jangan lupa mencicipi martabak air mancur yang konon katanya sudah terkenal di kota Bogor khususnya ataupun diluar Bogor. Sebagian besar warga Bogor sudah kenal dengan makanan yang satu ini. Martabak air mancur di hidangkan secara istimewa sehingga martabak terkesan seperti hidangan kelas atas yang dihidangkan di restoran dan dicicipi oleh masyarakat menengah ke atas. Martabak air mancur ini bukan makanan rendahan yang dijual di pinggir jalan. Berlokasi di jalan jendral Soedirman nomor 64, martabak air mancur hampir tidak pernah sepi pengunjung. Hampir setiap hari pengunjung selalu memadati kedai martabak air mancur ini, terutama pada akhir pekan dan liburan. Banyaknya pembeli yang memesan sehingga membuat pembeli harus sabar menunggu. Meskipun begitu, kedai martabak air mancur tetap banyak pelanggannya.

Selain martabak telur yang terbuat dari adonan telur yang gurih ditambah dengan daging sapi yang kenyal disini juga menawarkan martabak manis dengan adonan kue tipis sehingga ketika kita menggigitnya terasa sangat renyah. Martabak air mancur menyediakan berbagai rasa favorite seperti martabak jagung special, martabak keju strawberry, martabak telur kornet, martabak telur sosis dan masih banyak hidangan yang ditawarkan di kedai ini.

Harganya pun bervariasi, mulai dari Rp 15.000 hingga Rp 40.000 per-kotaknya. Harganya hampir sama dengan yang ada di pinggir jalan bukan, namun rasa dan tempatnya berasa di restoran. Sangat cocok bagi anda yang sedang berkunjung di kota Bogor dan menyukai makanan jenis martabak, silahkan berkunjung ke kedai martabak air mancur ini.

2. Martabak Bangka

martabak Bangka Aneka Macam Martabak yang Ada di Tanah Air

Aneka macam martabak selanjutnya adalah martabak Bangka, sesuai dengan namanya martabak Bangka berasal dari Bangka. Jika dilihat sepintas maka martabak ini tidak ada bedanya dengan martabak manis pada umumnya. Tetapi, martabak Bangka memiliki kekhasan tersendiri. Ciri khas martabak Bangka terletak di kulitnya yang terbuat dari tepung terigu, dicampur dengan soda kue, ayam, air dan santan. Adonan ini dipanggang di wajan besi yang tebal, hanya dalam waktu singkat kulit martabak ini matang permukaannya bolong–bolong yang dikenal dengan istilah sarang. Diatas permukaan yang bersarang itu bisa dibuat dengan keju parut, gula pasir, meses, dan ketan hitam.

Ditempat asal martabak Bangka ini yaitu Bangka Belitung justru tidak dikenal dengan martabak Bangka, tapi justru dikenal dengan kue pangkal pinang, kue pinang Bangka atau hokotan yaitu bahasa cina yang berarti martabak.

3. Martabak Har

martabak har Aneka Macam Martabak yang Ada di Tanah Air

Aneka macam martabak yang terakhir adalah martabak har dari Palembang. Umumnya martabak di daerah Jakarta terbuat dari daging giling, irisan daun bawang serta kulit ayam. Namun martabak ala Palembang berbeda, di Palembang martabak hanya berisi telur bebek ataupun telur ayam. Disantap dengan kua rempah–rempah dengan campuran ketan didalamnya. Secara penampilan ukuran martabak ini tidak jauh dengan martabak kebanyakan, bahkan adonannya pun hampir sama yaitu dengan cara diputar–putar hingga tipis dan lebar. Yang membedakan dengan martabak kebanyakan adalah proses pembuatannya.

Martabak yang satu ini agak berbeda dengan martabak lainnya yang dicampur dengan gilingan daging, bawang dan telur ayam. Martabak yang satu ini hanya berisi telur ayam atau bebek yang dicampur dengan kuah rempah–rempah.

Martabak har tidak mengocok telur bebek pada sebuah wadah, tetapi telur bebek langsung dituangkan di adonan tepung yang sudah dipanaskan di wajan besar yang berbentuk ceper tanpa campuran daging atau lainnya. Lebih special lagi martabak yang dihidangkan diatas piring akan ditemani dengan kuah kari kental bersama dengan cabe rawit dan kecap manis.

Demikian informasi tentang aneka macam martabak unik yang ada di Indonesia. Walaupun martabak identik dengan makanan dari Timur Tengah atau India, tapi di Indonesia angat mudah menemukan kedai-kedai martabak yang berjajar disepanjang jalanan Indonesia.

Baca juga : Makanan Indonesia yang Mendunia