Bacaan Doa Qunut Dalam Sholat Subuh

Bacaan Doa Qunut Dalam Sholat Subuh – Dalam melakukan sholat wajib 5 waktu, banyak bacaan-bacaan yang sudah menjadi urutan wajib dan baku yang tidak bisa diubah-ubah. Tapi ada beberapa sunnah rosul untuk membaca doa-doa disela-sela sholat wajib tersebut. Salah satunya yaitu bacaan doa qunit daam sholat subuh. Ada beberapa doa qunut yang ada dalam ajaran Islam. Ada bacaan doa qunut Nazilah atau doa qunut ketika terkena musibah ada juga bacaan doa qunut dalam sholat subuh. Dalam kesempatan ini akan diulas tentang bacaan doa qunut dalam sholat subuh yang pendek sesuai dengan sunnah rosul.

Bacaan doa qunut dalam sholat subuh

Berikut Bacaan Doa Qunut dalam Sholat Subuh

Doa Qunut pada waktu sholat Subuh biasa dilakukan oleh umat Islam, terutama umat islam dari kalangan Nahdatul Ulama (NU). Bacaan doa qunut dalam sholat subuh dilakukan setelah rukuk pada rekaat ke dua sebelum sujud.

A. Lafal Bacaan Doa Qunut dalam Bahasa Arab

اَللّهُمَّ اهْدِنِىْ فِيْمَنْ هَدَيْتَ

وَعَافِنِى فِيْمَنْ عَافَيْتَ

وَتَوَلَّنِىْ فِيْمَنْ تَوَلَّيْتَ

وَبَارِكْ لِىْ فِيْمَا اَعْطَيْتَ

وَقِنِيْ شَرَّمَا قََضَيْتَ،

فَاِ نَّكَ تَقْضِىْ وَلاَ يُقْضَى عَلَيْكَ

وَاِ نَّهُ لاَ يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ

وَلاَ يَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ

تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ

فَلَكَ الْحَمْدُ عَلَى مَا قَضَيْتَ

وَاَسْتَغْفِرُكَ وَاَتُوْبُ اِلَيْكَ

وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدَنَا مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ اْلاُمِّيِّ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

B. Bacaan Doa Qunut dalam Sholat Subuh Dalam Bahasa Latin

Allah hummah dinii fiiman hadait.
Wa’aa finii fiiman ‘aafait.
Watawallanii fiiman tawal-laiit.
Wabaariklii fiimaa a’thait.
Waqinii syarramaa qadhait.
Fainnaka taqdhii walaa yuqdha ‘alaik.
Wainnahu laayadzilu man walait.
Walaa ya’izzu man ‘aadait.
Tabaa rakta rabbanaa wata’aalait.
Falakalhamdu ‘alaa maaqadhait.
Astaghfiruka wa’atuubu ilaik.
Wasallallahu ‘ala Sayyidina Muhammadin nabiyyil ummiyyi. Wa’alaa aalihi washahbihi Wasallam.

C. Arti Bacaan Doa Qunut dalam Sholat Subuh

Ya Allah tunjukkanlah akan daku sebagaiman mereka yang telah Engkau tunjukkan
Dan berilah kesihatan kepadaku sebagaimana mereka yang Engkau telah berikan kesihatan
Dan peliharalah daku sebagaimana orang yang telah Engkau peliharakan
Dan berilah keberkatan bagiku pada apa-apa yang telah Engkau kurniakan
Dan selamatkan aku dari bahaya kejahatan yang Engkau telah tentukan
Maka sesungguhnya Engkaulah yang menghukum dan bukan kena hukum
Maka sesungguhnya tidak hina orang yang Engkau pimpin
Dan tidak mulia orang yang Engkau memusuhinya
Maha Suci Engkau wahai Tuhan kami dan Maha tinggi Engkau
Maha bagi Engkau segala pujian di atas yang Engkau hukumkan
Ku memohon ampun dari Engkau dan aku bertaubat kepada Engkau
(Dan semoga Allah) mencurahkan rahmat dan sejahtera ke atas junjungan kami Nabi Muhammad, keluarga dan sahabatnya.

Baca juga : Doa Mandi Junub atau Mandi Besar

Tata Cara Doa Qunut

Terkait dengan tata cara doa Qunut yaitu dilaksanakannya ketika I’tidal (gerakan berdiri setelah rukuk)  yang dilakukan hanya pada rukuk terakhir dalam sholat dan dilafadzkannya biasanya setiap sholat Subuh.

Doa qunut bisa kerjakan ketika ada salah satu saudara atau saudari kita yang muslim sedang ditimpa musibah. Doa Qunut itu sendiri merupakan sebuah bentuk persaudaraan antar sesama umat Islam agar Allah segera menghapus musibah yang menimpa saudara atau saudari kita tersebut.

Manfaat dan Keutamaan Doa Qunut

Manfaat dan Keutamaan Doa Qunut

Dengan membaca doa Qunut memiliki beberapa manfaat. Doa qunut bukan hanya sekadar doa yang dibaca hanya untuk memohon kepada Allah SWT. Membaca doa qunut memiliki banyak manfaat bagi yang membacanya dengan tulus dan ikhlas. Berikut manfaat membaca doa qunut:

1. Memberikan Petunjuk

Pada bacaan doa qunut ada doa yang bunyinya “Allahummahdinii fii man hadaiit” yang memiliki arti permintaan seorang hamba kepada Allah agar diberikan petunjuk.

Klaimat atau lafadz tersebut bisa dianggap sebagai kata-kata tawasul, yaitu kata-kata yang mengartikan adanya suatu nikmat hidayah sama halnya seperti Allah SWT mengasihkan hidayahnya untuk hamba-Nya.

2. Mendapatkan Perlindungan

Ada kalimat yang ada di dalam doa qunut “Wa’aafinii fii man ‘afaiit” yang mempunyai arti “Kasihkanlah hamba keselamatan sebagaimana hamba Mu yang lain yang sudah dikasih keselamatan”

Kata kata itu menguatkan sebuah arti bahwa Allah SWT mengasih perlindungan kepada hambanya dengan mengasih keselamatan untuk hamba-Nya yang memohon.

Perlindungan yang diberikan oleh Allah SWT untuk hamba-Nya tidak hanya perlindungan dan keselamatan di dunia saja, akan tetapi pula keselamatan untuk di akhirat kelak.

3. Menghindarkan Dari Berbagai Penyakit

Dalam doa qunut ada kalimat “wa’aafini fii man hadaiit” yang diyakini memberi perlindungan berbentuk keselamatan. Kalimat tersebut yang bisa memberikan keselamatan misalnya mencegah hamba-Nya dari setiap jenis penyakit, baik itu penyakit hati atau penyakir rohani ataupun penyakit jasmani yang ada pada hamba-Nya.

Dengan rajin membaca doa qunut bisa membuat umat manusia terhindar dari hal-hal yang dilarang oleh Allah SWT, baik dari segi hawa nafsu ataupun dari harta dan tahta.

4. Memberikan Berkah Terhadap Nikmat Yang Diberikan

Dalam Bacaan doa qunut pula terdapat kalimat “wabaariklii fiimaa a’thoiit” yang maknanya berkahilah kepada aku apa yang telah Engkau kasih.

Kalimat itu menunjukkan dan menjelaskan bahwa Allah SWT senantiasa menganugerahkan kebaikan berbentuk berkah untuk tiap hamba-Nya. Sedikit atau banyaknya jumlah nikmat yang dberikan oleh Allah SWT untuk setiap hamba-Nya akan menjadi berkah tersendiri bagi hamba-Nya tersebut.

Bagaimana Kalau Lupa Doa Qunut

Kita sebagai hamba Allah SWT memiliki banyak sekali kekurangan dan kelemahan. Salah satunya adalah sifat lupa yang sering dialami oleh manusia. Apabila kita lupa hitungan rakaat dalam sholat fardhu ataupun lupa membaca doa qunut setelah rukuk di iqtidal terakhir dalam sholat subuh, kita bisa melakukan sujud syahwi untuk menutupi kekurangan tersebut.

Solusi Doa Qunut Saat Berjamaah

Sebagai salah satu anjuran apabila ketika sedang sholat Subuh berjamaah dengan orang yang tidak melakukan doa qunut dalam sholatnya, baik ketika sedang menjadi makmum ataupun Imam. Sebisa mungkin Anda tetap menghargainya. Berikut cara ketika menjadi imam atau makmum ketika menghadapi bacaan doa qunut dalam sholat.

  1. Apabila Anda menjadi Imam, maka tetap disunnahkan untuk Anda tetap  membaca doa qunut, yaitu dengan mengganti bacaan i’tidal dengan bacaan doa qunut. Hal ini dikarenakan bacaan doa qunut lebih diutamakan karena hukumnya sunnah ab’adl dibandingkan dengan bacaan i’tidal yang hukumnya sunnah hai’at.
  2. Apabila Anda menjadi makmum, maka alternatifnya sebagai berikut:
  • Qunut boleh dibaca secara ringkas setelah bacaan i’tidal, dengan doa yang mencakup unsur pujian dan istighfar. Meskipun dari ayat-ayat Al Qur’an dengan alasan tidak ada ketentuan tentang sighot qunut
  • Qunut dengan sujud sahwi.
  • Boleh mufaroqoh.

Baca juga : Bacaan Doa Qunut Nazilah Saat Terkena Musibah

Semoga penjelasan tentang bacaan doa qunut dalam sholat Subuh yang pendek sesuai dengan sunnah Rosul ini bermanfaat untuk Anda semua.