Buah Ceplukan yang nyaris langka, ternyata punya berjibun khasiat

Buah Ceplukan adalah buah yang mudah diperoleh di wilayah Indonesia. Buah Ceplukan ini juga sangat mudah ditemukan disekitar kita, di SKarena pohonnya mudah tumbuh walau hanya ekolah-sekolah atau disekitar lapangan. di tancapkan saja. Bagi kalian yang lahir di era 90-an dan pernah menemui buah bernama ceplukan yang tumbuh liar di pematang sawah, bisa dibilang masa kecil kalian bahagia. Karena sekarang buah tersebut terbilang nyaris langka dan dipandang sebelah mata. Buah kecil mungil ini dikenal dengan banyak nama sebenarnya, mulai dari ciplukan, ceplukan, cecenet, kopok- kopokan dan sebagainya, bergantung daerah masing- masing. Padahal di luar negeri buah ceplukan dijual dengan harga yang relatif mahal.

Buah Ceplukan

Tumbuhan ini tergolong pendek, tidak mencapai satu meter. Buahnya berada di dalam kelopak yang menggelembung, berwarna hijau saat masih muda dan menguning saat tua- ditandai dengan kelopak yang mengering kecoklatan. Jika dicicipi rasanya manis juga renyah. Tak mengira seluruh bagian tumbuhan ini ternyata memiliki berjibun khasiat untuk kesehatan. Itulah alasannya mengapa di luar negeri buah ini sungguh diminati

Buah bernama latin physalis sp dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit mulai dari penyakit yang ringan dan sangat kronis, contohnya penyakit epilespsi, paru- paru, kanker, gusi yang berdarah, diabetes militus, serta influenza. Adapun manfaat lainnya yakni sebagai tanaman hias, dibuat salad, pudding, agar- agar, bahkan eskrim.

Buah Ceplukan langka

Berikut 16 manfaat luar biasa dari Buah Ceplukan :

1. Manfaatnya dapat Menyembuhkan penyakit jantung

Salah satu khasiat dari buah ceplukan adalah untuk mengobati gangguan jantung. Caranya sangat mudah, ambil sekitar 40 helai daun ciplukan dan tumbuk halus atau dengan diblender seperti jus, kemudian diminum tanpa campuran apa-apa. Selain dibuat seperti jus, daunnya juga bisa dimakan langsung.

2. Buah Ceplukan Dapat digunakan sebagai obat obat asma

Daun Ceplukan yang digunakan sebagai obat asma juga tergolong mudah. Ambil daun dan batang buah ciplukan, rebus dan saring air rebusan tersebut kemudian diminum air rebusan tersebut. Atau ambil daunnya, kemudian dicampur dengan kapur sirih lalu diremas-remas dengan menggunakan kedua telapak tangan. Kemudian basahkan dengan air. Setelah itu gumpalkan pada telapak tangan sehingga keluar air berwarna hijau keputih-putihan serta buih. Oleskan pada bagian dada, perut, dan punggung.

3. Dapat untuk mengobati penyakit kurap

Penyakit kurap atau gatal memang mengganggu. Selain membuat tidak nyaman juga merusak penampilan jika terjadi pada bagian tubuh tidak tertutup pakaian. Untuk mengobatinya cukup hancurkan daun dari buah ciplukan dan oleskan pada bagian kulit yang terkena kurap.

4. Untuk menurunkan demam

Selain manfaat buahnya ciplukan juga bisa digunakan untuk menurunkan demam atau panas terutama pada anak-anak.

5. Dapat Menurunkan tekanan darah tinggi

Buah ciplukan juga dapat digunakan untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Caranya dengan meminum air rebusan daun, buah dan akar selama tiga minggu berturut-turut.

6. Untuk membersihkan kencing kotor

Hanya dengan minum air dari rebusan akar sampai pucuk buah ciplukan, bisa digunakan untuk membersihkan kencing kotor.

7. Dapat digunakan untuk mengobati kanker payudara

Kanker payudara akan terdengar sebagai penyakit yang mengerikan. Ternyata buah ciplukan juga bisa untuk menyembuhkan penyakit yang sangat ditakuti ini. Caranya cukup mudah, ambil pucuk yang masih muda kemudian campur dengan 4 biji beras dan tunas kunyit, lalu digiling dengan parutan kelapa sampai tercampur dan lumat. Cara pemakaiannya tinggal dioleskan pada Payudara yang bengkak.

8. Untuk menghilangkan kuning pada bayi yang baru lahir

Buah ciplukan juga dapat menghilangkan kuning yang terjadi bayi yang baru lahir. Caranya, ciplukan di jemur hingga kering, kemudian dicampurkan dengan air yang digunakan untuk mandi pada bayi yang baru lahir.

9. Dipakai untuk menyadarkan orang pingsan

Akar daun ciplukan dapat digunakan untuk menyadarkan orang pingsan. Ambil akar secukupnya kemudian bakar dan ambil abunya dicampur dengan kapur sirih. Setelah itu campurkan dengan sedikit minyak kelapa, oleskan pada kepala orang yang sedang pingsan.

10. Untuk mengobati stroke

Dengan meminum dan memakan bagian-bagian dari buah ciplukan secara rutin juga dapat membantu mengobati penyakit stroke.

11. Bisa sebagai penambah kecerdasan

Buah ciplukan yang di telah campur air, jeruk nipis, dan sedikit gula selain nikmat ternyata juga dapat meningkatkan kecerdasan anak.

12. Sebagai salah satu Obat kencing manis

Kencing manis atau diabetes merupakan salah satu penyakit yang sering dialami dan paling ditakuti. Cara memakaianya dengan merebus batang dan akar yang sudah dicuci dan dikeringkan, kemudian dikonsumsi dengan minum 3x sehari.

13. Buat menghilangkan sakit persendian

Caranya cukup mudah, campur daun dengan kapur sirih kemudian tempelkan pada persendian yang sakit.

14. Sebagai Penurun kolesterol

Bbuah ciplukan juga bisa digunakan sebagai penurun kolesterol. Cara konsumsinya dengan memakan daun dari buah ciplukan sekitar dua helai 3x sehari. Bisa dengan direbus dulu biar mudah dukunyah.

15. Manfaat Buah Ceplukan Untuk tambah darah

Buah ciplukan bisa juga untuk mengobati kekurangan darah atau anemia. Pengaplikasiannya yaitu dengan cara memasak batang dari buah ciplukan, kemudian minum ari rebusannya.

16. Sebagai penawar racun

Jadi jelas bahwa semua bagian dari buah ciplukan ternyata bisa dikonsumsi sebagai penawar racun

Demikianlah informasi tentang buah ciplukan yang mulai langka dan juga beberapa manfaat dari daun ciplukan, buah ciplukan ataupun batang dan akar ciplukan yang mudah diperoleh di sekitar kita. Semoag bermanfaat.

Baca juga : Penyakit yang bisa disembuhkan dengan Puasa