Cara Ampuh Orang Dulu Mengusir Nyamuk

Sejak zaman dahulu, nyamuk sudah menjadi musuh manusia. Gigitannya bukan hanya menimbulkan rasa gatal tetapi juga menjadi sumber penyakit mematikan bagi manusia. Sebut saja malaria dan demam berdarah, keduanya merupakan penyakit yang disebarkan oleh nyamuk pada tubuh manusia. Berbagai macam cara pun dilakukan untuk mengusir nyamuk dan menghindari gigitannya. Mulai dari cara tradidional hingga kini yang menggunakan teknologi tinggi. Inilah cara membasmi nyamuk paling ampuh.

Menggunakan Tumbuhan

Kulit jeruk, bunga geranium dan bengkoang juga sering dipakai untuk mengusir nyamuk, ketiga jenis tumbuhan ini memiliki aroma harum yang khas dan disukai manusia namun sangat tidak disukai oleh nyamuk sehingga ampuh untuk menjauhkan kita dari serangga penyebab banyak penyakit ini.

Untuk mengusir nyamuk dari rumah, masyarakat menanam banyak tanaman tersebut di halaman rumah. Hingga kini banyak masyarakat yang menggunakan cara ini untuk mengusir nyamuk dari rumah. Namun bagi orang yang tidak memiliki halaman yang luas di rumahnya, menanam berbagai tumbuh – tumbuhan nampak mustahil untuk dilakukan.

Selain menolak nyamuk, manfaat lain dari kulit jeruk atau menanam tumbuhan geranium menghasilkan udara lebih segar.

Memakai Kelambu

Pemakaian kelambu untuk mengusir nyamuk sudah dilakukan sejak zaman dahulu, namun dulu yang menggunakan kelambu hanya keluarga kerajaan dan masyarakat kelas atas saja. Seiring dengan perkembangan zaman, kelambu makin murah dan bisa dijangkau oleh rakyat biasa. Kelambu hanya bisa melindungi dari nyamuk di area yang terbatas karena kelambu benar – benar menutup jalan bagi nyamuk untuk menggigit kita saat tidur.

Didaerah dingin, kelambu dapat berfungsi ganda, selain melindungi dari gigitan nyamuk, kelambu dapat menghangatkan area tidur kita. Namun bagi yang tinggal di daerah panas, kenyamanan akan semakin terganggu karena area tidur akan semakin panas.

Membakar Sampah

Ada orang yang membasmi nyamuk dengan membakar sampah di malam hari, asap pembakarany yang dihasilkan dipercaya dapat membuat nyamuk – nyamuk pingsan dan bisa langsung jatuh kedalam pembakaran. Asap yang dihembus angin juga bisa menyebar membunuh nyamuk yang menghindar. namun sayang, sama seperti nyamuk kita juga bisa lemas akibat asap yang ditimbulkan oleh pembakaran sampah tersebut.

Racun pembakaran juga berbahaya bagi manusia karena jika zatnya menumpuk didalam tubuh bisa mengakibatkan penyakit seperti kanker atau gangguan penyakit pernafasan dan beresiko terjadi kebakaran.

Obat Nyamuk Bakar

Seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan, produk pembasmi nyamuk mulai bermunculan. Obat nyamuk bakar merupakan generasi pertama yang ditawarkan oleh pabrik dalam upaya mengatasi serangan nyamuk dengan cepat dan mudah. Hanya dengan membakar ujung obat nyamuknya, api dan asapnya bisa menyala sepanjang malam, cara ini terbukti cukup sukses untuk membunuh nyamuk. Tetapi belakangan, obat nyamuk bakar ini mulai ditinggalkan karena asap yang ditimbulkan bisa mengganggu dan merusak kesehatan. Pernafasan kita terganggu serta menimbulkan bau yang tidak sedap.

Penggunaan obat nyamuk bakar juga tercatat beberapa kali merugikan lantaran terbukti penyebab kebakaran. Obat nyamuk bakar juga mengandung obat kimia berbahaya.