Doa Mandi Junub Setelah Berhubungan Suami Istri

Doa mandi Junub – Setiap insan manusia dikarunia rasa suka dan cinta terhadap lawan jenisnya. Dalam Islam setiap laki-laki dewasa dan wanita dewasa diwajibkan untuk menikah dan membina rimah tangga. Dalam membina rumah tangga akan melahirkan keturunan-keturunan mereka sebagai penerus mereka. Dalam hal ini ketika kedua insan suami dan istri melakukan proses untuk mendapatkan keturunan akan melakukan hubungan suami istri, habis melakukan ini diwajibkan atas mereka untuk “Mandi besar” atau dalam islam disebut “Mandi junub”. Berikut adalah doa mandi Junub setelah berhubungan suami istri.

Doa mandi junub

Sudah menjdi kewajiban kaum muslim untuk selalu melakukan mandi junub jika habis melakukan kewajibannya sebagai suami istri dalam memberikan nafkah batin bagi sang suami ke Istrinya. Tapi selain itu mandi junub juga bisa dilakukan oleh kaum laki-laki yang mimpi basah. Biasanya sering terjadi pada kaum remaja yang masih duduk di SMP ataupun SMA. Bagi kaum laki-laki yang sampai mengeluarkan cairan atau air man1 ketika mimpi basah wajib untuk mandi junub.

Tujuan mandi Junub adalah untuk kembali membersihkan diri dari hadast kecil ataupun hadast besar, karena kalau belum melakukannya dianggap masih najis dan belum bisa melakukan kewajibannya sebagai seorang muslim. maka disini mandi Junub adalah wajib hukumnya bagi kaum muslim sebelum melakukan kegiatan islami sehari-sehari seperti sholat ataupun mengaji. Dan dalam mandi Junub juga ada adabnya atau aturannya, jadi tidak hanya melakukan mandi seperti biasa, ada doa yang harus diucapkan dan utamakan membasuh bagian yang sebelah kanan dulu.

Bacaan lafal doa mandi Junub setelah berhubungan suami istri ini adalah Doa yang wajib diketahui oleh Pria dan Wanita karena ini akan sering dilafalkan atau diucapkan.

Bacaan Doa Mandi Junub Setelah Berhubungan Suami Istri

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِرَفْعِ الْحَدَثِ اْلاَكْبَرِ فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى

“Nawaitul Ghusla Lifrafil Hadatsil Akbari Fardhan Lillahi Ta’aala.”

Artinya : Aku berniat mandi besar untuk menghilangkan hadast besar fardhu karena Allah ta’aala.

Setelah mengucapkan doa mandi Junub maka dilanjutkan dengan tata cara mandi wajib atau mandi Junub .

Berikut Tata Cara atau Urutan Mandi Junub

  1. Diawali dengan niat untuk menghilangkan hadas besar
  2. Membersihkan kedua telapak tangan sebanyak 3x lalu bercebok dengan membersihkan kemaluan serta kotoran yang ada disekitarnya hingga bersih dengan tangan kiri.
  3. Mencuci tangan setelah membersihkan kemaluan sampai bersih (Bisa dengan sabun)
  4. Melakukan wudhu dengan wudhu dengan tata urutan yang sempurna
  5. Mengguyur atau menyiram kepala dengan air sebanyak 3 kali hingga sampai ke pangkal rambut
  6. Mencuci dan membersihkan kepala bagian kanan dilanjutkan dengan kepala bagian kiri
  7. Menyela-nyela (menyilang-nyilang) rambut dengan jari
  8. Mengguyur air pada seluruh badan dimulai dari sisi yang kanan dilanjutkan dengan bagian kiri.
  9. Membersihkan area badan yang susah dijangkau

Disunnahkan untuk melakukan mandi junub jinabat dengan urut dan tertib biar sempurna, dan usahakan cipratan air yang digunakan untuk mengguyur tubuh tidak masuk ke kolah atau tempat penampungan air yang digunakan untuk mandi Junub.

Demikian informasi tentang doa mandi Junub setelah berhubungan suami istri. Dengan melakukan biat dan tata cara yang urut dan benar maka akan membersihkan diri kita dari hadast besar.

Untuk membersihkan diri dari hadast selain setelah berhubungan suami istri juga harus dilakukan oleh wanita yang selesai masa nifasnya setelah melahirkan atau wanita yang sudah selesai haidnya.
Untuk Lebih Jelas Tentang Lafal Bacaan Doa Mandi Junub atau Mandi Wajib ini Silakan Langsug Ke Sumbernya Di BelajarDoa.Com sumber doa-doa islami yang lengkap.