Doa Masuk Masjid Sesuai Sunnah Nabi Muhammad

Dalam ajaran Islam, setiap mengawali atau mengakhiri sebuah aktifitas dianjurkan untuk membaca doa. Termasuk ketika Anda mau memasuki tempat Ibadah. Bacaan Lafal Doa Masuk Masjid Sesuai Sunnah Nabi Muhammad ini merupakan badah Sunnah yang harus diajarkan kepada anak-anak generasi Islam masa kini agar agama islam ini terus berkembang dan memberi manfaat untuk seluruh alam.

Doa ketika masuk masjid dan doa keluar masjid merupakan salah satu adab yang baik ketika memasuki tempat ibadah umat Islam tersebut. Masjid merupakan salah satu tempat yang dimuliakan oleh Allah SWT dan merupakan tempat yang suci. Sudah seharusnya sebagai umat Islam harus menghargai dan menggunakan sopan santun yang baik ketika akan memasuki tempat ibadah. Tempat suci ini harus dijaga kebersihannya dan dijaga kesuciannya. Makanya setiap muslim wajib tahu bagaimana bacaan doa masuk masjid yang baik dan benar.

Bacaan Doa Masuk Masjid Untuk Muslimin Muslimat

اَللّهُمَّ افْتَحْ لِيْ اَبْوَابَ رَحْمَتِكَ

“A‌llahummaf-tahlii abwaaba rahmatika”.

Artinya : “Ya Allah, bukakanlah untukku pintu-pintu rahmat-Mu”.Doa Masuk Masjid

Adab Sebelum Kita Memasuki Masjid

Adapun adab atau cara yang baik untuk memasuki masjid yaitu:

1. Mendahulukan kaki kanan

Dalam hukum islam, cara untuk memasuki masjid yang pertama kali dilakukan adalah dengan mendahulukan kaki kanan. Seperti yang diajarkan oleh Rasulullah untuk melakukan segala sesuatu yang baik-baik harus dilakukan dengan mendahulukan bagian tubuh yang sebelah kanan termasuk ketika akan masuk ke tempat ibadah. Memang, tidak ada aturan khusus dalam Al Qur’an untuk mendahulukan kaki kanan jika masuk ke tempat ibadah umat muslim ini, namun begitu ini merupakan anjuran dari Rasulullah.

2. Membaca doa masuk masjid

Adab atau etika yang kedua ketika masuk masjid adalah berdoa. Ada Doa khusus ketika akan memasuki masjid.

Doa Ketika Masuk Masjid yaitu:

اَللّهُمَّ افْتَحْ لِيْ اَبْوَابَ رَحْمَتِكَ

“A‌llahummaf-tahlii abwaaba rahmatika”.
Artinya : “Ya Allah, bukakanlah untukku pintu-pintu rahmat-Mu”.

Dengan membaca doa ketika masuk tempat ibadah ini, maka Anda telah menghargai kesucian dari tempat ibadah tersebut.

3. Shalat sunnah dua rakaat

Setelah masuk dan berdoa maka disunahkan untuk shalat sunah dua rakaat atau yang disebut dengan tahiyatul masjid. Salat ini dilakukan setelah masuk ke tempat ibadah sebelum melakukan sholat fardhu atau sebelum duduk di masjid. Orang yang memasuki masjid disunahkan untuk tidak duduk terlebih dahulu sebelum melakukan salat sunah.

Oleh sebab itu, jika hendak bepergian ke tempat ibadah umat islam ini, pastikan jika dalam keadaan suci atau sudah berwudhu dari rumah. Hal ini sangat penting apalagi kalau kita berada di Mekah maka doa masuk ke Masjidil Haram wajib dibaca Sebagai rasa hormat kita ke tempat yang suci tersebut.

4. Berdoa ketika akan keluar masjid dan mendahulukan kaki kiri

Membaca doa tidak hanya ketika masuk masjid saja tapi juga ketika keluar dari tempat ibadah tesebut. Doa masuk masjid dan doa keluar dari masjid berbeda.

Doa Keluar Masjid yaitu :

اَللهُمَّ اِنِّى اَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ

“Allahummaf tahlii abwaaba rohmatika”.

Artinya : “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon keutamaan dari-Mu”.

Selain doa ini, Anda juga bisa berdoa dengan lafal: “Allahuma ini as ‘aluka min fadlika,” yang artinya: “Ya Allah aku meminta karunia Mu“.

Etika masuk masjid dan keluar masjid dalam islam sudah ada aturannya, jadi pahami dan lakukanlah sesuai yang dianjurkan. Di dalam tempat ibadah ini juga harus menjaga ketenangan, hindari untuk berbicara keras ketika berada di dalam tempat ibadah tersbeut. Jika ingin berzikir, lebih baik di dalam hati dan jangan terlalu keras karena bisa mengganggu ketenangan di dalam masjid.

Baca juga : Doa Setelah Mandi Junub

Demikian ulasan tentang doa masuk masjid dan doa keluar masjid. Semoga penjelasan tentang doa ketika masuk masjid ini bermanfaat untuk kita semua.