Gili Labak Madura

Mungkin Anda menebak kalau gili atau pulau-pulau kecil hanya ada di Lombok seperti gili Trawangan yang terkenal. Tapi sebenarnya ada gili yang ada di luar Lombok. Gili itu ialah gili Labak. Gili ini adalah pulau kecil yang ada di ujung timur pulau Madura, tepatnya di desa Kombang, kecamatan Tlango, kabupaten Sumenep Madura. Pulau Labak ini tidak kalah dengan gili-gili yang ada di Lombok, pasirnya yang putih, air lautnya yang jernih dan suasana pantai yang dimiliki pulai ini membuat Anda betah berlama-lama di tempat ini.

Gili Labak Madura

Gili Labak Madura

Pulau yang luasnya tidak sampai 5 hektar ini bisa anda kelilingi hanya dengan waktu 20 menit, gili Labak sangat cocok bagi anda pecinta olahraga diving. Keindahan bawah laut pantai ini sangat bagus. Kebanyakan pengunjung datang kesini untuk senorkeling atau diving. Sayangnya untuk penyewaan peralatan snorkeling atau diving tidak ada disini, pengunjung harus membawa sendiri.

Infrastruktur Gili Labak masih tergolong kurang, untuk air bersih saja warga sekitar mengambil dari pulau lain, warung atau rumah makan juga tidak ada, listrik yang hanya mengandalkan tenaga surya itupun dinyalakan hanya pada malam hari. Serta penginapan yang belum tersedia. Jika anda ingin bermalam di gili labak anda bisa menumpang di rumah warga sekitar atau mendirikan tenda.

Masyarakat sekitar pulau sangat ramah dan menjunjung tinggi adat istiadat serta norma agama. Jadi anda harus berperilaku dan berpakaian sopan. Di anjurkan salah satu rombongan anda bisa bahasa Madura. karena penduduk sekitar bahasanya masih menggunakan bahasa daerah yaitu bahasa Madura. hanya beberapa yang bisa menggunakan bahasa Indonesia.

Untuk menuju lokasi. Ada banyak jalan menuju gili Labak. Sudah ada transportasi umum yang bisa mengantarkan anda kesana. Dari dari kota sumenep anda bisa menyewa angkot ke pelabuhan kalianget, harga naik angkot sebesar Rp 10.000 per orang. Dari pelabuhan kalianget anda bisa langsung ke gili labak atau mampir ke pulau tangelo dulu. Oh iya satu hal yang ingin saya sampaikan bahwa nelayan di tempat ini tidak setiap hari mau mengantarkan wisatawan ke gili labak. Sebaiknya anda memesannya jauh jauh hari.

Untuk menyebrang ke pulau Tangelo anda bisa naik perahu yang ditempuh dalam waktu 10-15 menit. Ongkos menyewa perahu cukup murah, sekitar Rp 2000 per orang dan Rp 5000 jika anda menggunakan motor. Sesampainya di pulau tangelo anda bisa menyewa perahu yang berkapasitas 10-15 orang. Harga sewanya sekitar Rp 500.000.

Gili Labak Madura

Baca juga : Gili Iyang dengan Kadar Oksigen Tertinggi

Bagi Anda yang sedang berkunjung ke Madura, gili Labak Madura ini merupakan salah satu lokasi yang bisa Anda jadikan salah satu tempat sebagai destinasi wisata untuk mengisi liburan Anda di Madura.