Goa Ngerong Tuban

Tuban merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur yang terkenal dengan kota wali. Banyak wisata religi di kota wali ini. Tuban berada di jalur Pantura (Pantai Utara Jawa) yang berbatasan langsung dengan Jawa Tengah. Selain sebgai destinasi wisata religi, di Tuban juga memiliki berbagai wisata pantai dan alam. Daerah kota Tuban didominasi dengan perbukitan kapur sehingga sah saja jika di Tuban banyak terdapat goa, akan tetapi hingga saat ini hanya beberapa saja yang terkenal dan dijadikan sebagai objek wisata, salah satunya ialah Goa Ngerong.

Misteri yang Beredar Mengenai Goa Ngerong di Kota Tuban

Lokasi Goa Ngerong berada di Kecamatan Rengel dan berada di dekat jalan besar sehingga sangat mudah untuk dijangkau oleh para wisatawan. Sungai goa Ngerong dapat diarungi dengan perahu karet sepanjang 1,8 km. Goa ini terkenal dengan julukan Goa kelelawar atau Goa Lawa sebab didalamnya terdapat kelelawar yang berjibun. Selain itu di sungainya hidup beberapa jenis ikan seperti ikan bader, nila, tawes dan kura- kura raksasa.

Mayoritas masyarakat Tuban mempercayai misteri atau mitos yang telah beredar bahwasanya di Goa tersebut terdapat puteri ngerong yang sangat cantik jelita. Putri tersebut bertapa didalam goa hingga raganya menghilang. Cerita mistis lainnya adalah kepercayaan masyarakat bahawasanya ikan dan kura-kura merupakan jelmaan bidadari dan sinopati Kerajaan Gumenggang yang dikutuk oleh dewa karena telah melakukan kesalahan. Sehingga para pengunjung dilarang menangkap, membawa pulang, atau mengkonsumsi ikan dan kura-kura karena akan menyebabkan kesialan seperti terserang penyakit parah hingga kematian.

Misteri yang Beredar Mengenai Goa Ngerong di Kota Tuban

Bagi kalian yang berminat untuk menikmati eksotisme Goa Ngerong, segeralah ke lokasi dengan tarif masuk yang tak mencapai lima ribu rupiah. Sekadar informasi juga, Goa ngerong pernah ditayangkan di media televisi pada acara jejak petualang dengan menelusuri goa meskipun tidak menemukan ujung tembusan. Selain itu goa ngerong juga pernah termuat dalam acara On the spot dengan tema “7 Hewan Keramat versi on the spot”.

Baca juga : Goa Coban Perawan Malang

Demikian ulasan tentang goa Ngerong Tuban yang masih menyimpan hawa mistis dan misteri. Namun begitu goa Ngerong selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan dari sekitar Tuban. Yuk berkunjung ke goa Ngerong jika Anda singgah di kota Wali ini.