Kata-Kata Bijak Sebagai Inspirasi Anda

Lidah bisa setajam pedang, bisa juga selembut sutera. Itulah kiasan dari kata-kata yang keluar dari mulut yang bisa menjadi tajam sebagai penyemangat ataupun lembut sebagai penyejuk hati. Banyak kata-kata bijak yang keluar dari ucapan seseorang yang memiliki arti dan makna yang dalam dan luar biasa dampaknya bagi masyarakat di dunia. Bahkan sampai sekarang ucapan bijak tersebut menjadi icon atau inspirasi bagi banyak orang.

Kata bijak

Kata-kata bijak bisa menjadi salah satu cara kita untuk menyadarkan diri dalam menjalani hidup. Seperti yang kita tahu ada banyak sekali hal yang dipikirkan manusia, dari mulai urusan cinta, pekerjaan dan ranting kehidupan lainnya. Kata-kata mutiara diperlukan agar saat kita merasa down atau butuh motivasi dan pencerahan, kita bisa kembali bangkit dan berjuang melalui hari dengan penuh khitmad dan semangat. Inilah kumpulan kata-kata mutiara terlengkap dan terbaru yang bisa memotivasi Anda untuk hidup lebih baik lagi.

Berikut Kumpulan Kata-Kata Bijak Terlengkap

1. Kata-Kata Mutiara Tokok Indonesia

  • Kata-kata Bijak Ir. Soekarno

“Beri aku 1.000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya. Beri aku 10 pemuda niscaya akan kuguncangkan dunia.”

“Belajar tanpa berpikir itu tidaklah berguna, tapi berpikir tanpa belajar itu sangatlah berbahaya!”

“Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya.”

“Aku akan memuji apa yang baik, tak pandang sesuatu itu datangnya dari seorang komunis, islam, atau seorang Hopi Indian.”

“Barangsiapa ingin mutiara, harus berani terjun di lautan yang dalam.”

Kata bijak presiden Sukarno

Sebegai presdien Indonesia pertama, Ir. Soekarno merupakan presiden yang menguasai berbagai bahasa di dunia. Ilmu pengetahuan dan kecerdasannya sudah tidak bisa diragukan lagi. Banyak ide-ide dan perkataaan bijak yang menjadi inspirasi orang-orang Indonesia hingga saat ini.

  • Kata-kata Bijak Bung Hatta

“Kurang cerdas dapat diperbaiki dengan belajar. Kurang cakap dapat dihilangkan dengan pengalaman. namun tidak jujur itu sulit diperbaiki.”

Nasib suatu bangsa tergantung dari bangsa itu sendiri. Semakin hancur persatuan dan kepedulian maka Indonesia adalah sekedar nama yang tidak berarti.”

Kata bijak bung Hatta

Bung Hatta adalah tokoh dari Indonesia dikenal sebagai bapak proklamator bersama Ir. soekarno. Beliau adalah orang yang jujur.

  • Kata-kata Bijak Bung Tomo

“Percaya dan yakinlah bahwa kemerdekaan satu negara yang didirikan di atas timbunan runtuhan ribuan jiwa, harta benda dari rakyat dan bangsanya tidak akan dapat dilenyapkan oleh manusia, siapa pun juga.”

Soetomo yang lebih dikenal dengan Bung Tomo adalah pahlawan yang terkenal karena peranannya dalam membangkitkan semangat rakyat untuk melawan kembalinya penjajah Belanda melalui tentara NICA, yang berakhir dengan pertempuran 10 November 1945 yang hingga kini diperingati sebagai Hari Pahlawan.

2. Kata-Kata Bijak Cinta

  • Jean Paul F.Richter

“Surga adalah tempat dimana cinta bersemayam.”

Benar sekali! Cinta dapat mendatangkan kebahagiaan yang tiada tara, layaknya surga di dunia. Orang yang pernah jatuh cinta atau hidup penuh cinta pasti pernah membuktikannya. Bahkan mempercayainya sebagai bagian dari cara untuk senantiasa hidup bahagia.

  • Lucile Ball (Seorang aktris, model)

“Cintai dirimu terlebih dahulu, maka yang lainnya akan jatuh cinta padamu. Kau harus benar-benar mencintai dirimu sendiri untuk mendapatkan apa saja yang ada di dunia ini.”

Memang benar bahwa sebelum mencintai orang lain atau apapun yang ada di dunia ini, kita harus mendahulukan mencintai diri sendiri. Jangan sebaliknya, mencintai orang lain secara berlebihan dengan mengorbankan diri sendiri bukanlah suatu tindakan yang bijaksana. Hasil buah dari cinta selalu indah. Jikapun akhirnya tidak demikian, itu tidak layak disebut cinta.

  • Morrie Schwartz   (Seorang penulis sekaligus professor sosiologi)

“Satu hal terpenting dalam hidup ini adalah belajar bagaimana memberikan cinta dan membiarkannya masuk.”

Cinta merupakan kekuatan besar yang dimiliki manusia. Orang yang memiliki cinta yang besar dalam perjalanan hidupnya akan melakukan segala sesuatu dengan kehati-hatian, perhatian, lemah lembut dan manis. Itulah mengapa banyak orang percaya bahwa dengan banyak cinta, memberi cinta yang banyak kepada diri sendiri, pasangan, maupun orang lain dapat mendatangkan kebahagiaan.

Bukankah kebahagiaan itu tujuan paling tinggi dari perjalanan hidup di dunia ini, bukan? Maka, mulailah untuk memberi cinta kepada siapa saja dan membiarkannya masuk ke dalam kehidupan Anda, agar hidup Anda bahagia dan berarti. Kata-kata bijak ini sangat menginspirasi banyak orang.

  • Roy Croft (Seorang penyair Amerika Serikat)

“Aku mencintaimu bukan karena siapa kamu, tapi karena siapa aku saat berada disampingmu.”

Sejatinya cinta itu tulus. Cinta tidak pernah memandang siapa Anda dan dari mana asalnya. Itulah cinta sejati. Cinta yang demikian justru akan terlihat manis dan serasi, bahkan kekal. Karena cinta yang seperti ini membuat orang merasa dihargai, diperhatikan, dan beri kebahagiaan yang tiada tara.

3. Kata-Kata Bijak Singkat

Kata-kata mutiara tidak selalu panjang dan banyak kata. Perkataan yang bijak yang terpenting adalah maknanya. Meskipun pendek dan singkat, namun perkataan yang singkat dari tokoh-tokoh berikut ini memiliki makna yang mendalam dan inspiratif.

  • Blaise Pascal

“Hati memiliki nalarnya sendiri, sementara nalar tidak memiliki hati.”

Kata-kata bijak singkat dari Blaise Pascal tersebut benar-benar bermakna dalam. Beliau mengajak kita untuk selalu sadar bahwa dalam membuat keputusan, tidak hanya menggunakan nalar atau logisa saja, tapi lebih baik untuk melibatkan perasaan juga. Karena jika membuat keputusan dengan melibatkan keduanya, maka dapat lebih terkontrol dan dapat meminimalkan, bahkan bebas risiko di kemudian hari.

  • Ernest Prakasa

“Sebab hidup terlalu singkat untuk membiarkan orang lain menentukan apa yang membuat hidup kita bahagia.”

Ernest Prakasa merupakan komika jebolan stand up komedi. Meskipun komika sendiri identic dengan hal-hal yang lucu dan membuat tertawa, namun di dalam kata-kata singkat tersebut tersimpan makna yang dalam. Sungguh benar memang, jika dalam menjalani hidup ini kita hendaknya hidup di jalan kita sendiri.

Artinya kita tidak perlu memusingkan anggapan orang tentang hidup kita. Justru kita lebih tahu dari orang lain manapun apa yang terbaik buat kita sendiri dan bagaimana kita bisa hidup bahagia menurut cara dan pandangan kita sendiri. Buatlah diri kita sendiri bahagia dan jangan berharap orang lain akan membahagiakan kita ataupun mengharapkan kebahagiaan dari orang lain.

  • Ali bin Abi Thalib

“Janganlah kamu mengucapkan perkataan yang kamu sendiri tidak menyukainya jika mendengar orang lain mengucapkannya kepadamu.”

Kata bijak tentang kehidupan dari Ali bin Abi Thalib ini mengajak sekaligus senantiasa menyadarkan kita untuk memposisikan diri sendiri sebelum berbicara buruk kepada orang lain. Sebelum berkata, cobalah untuk renungkan terlebih dahulu apakah kata-kata yang hendak kita telontarkan untuk orang lain tersebut kita sukai atau tidak, manakala orang lain yang mengatakannya kepada kita.

Jika perkataan tersebut ternyata terdengar buruk dan tidak enak di telinga baik di hati, lebih baik jangan sampai diucapkan kepada orang lain. Karena ucapan tersebut bisa jadi menyakiti hati orang lain. Selain membuat orang lain bersedih, kita pun mendapatkan dosa.

4. Kata-Kata Bijak Islam

Ajaran islam selalu mengajarkan hal yang baik dan berfaedah. Berikut ini beberapa perkataan bijak dari tokoh islam yang begitu mengena dan inspiratif.

  • Yusuf Mansur

“Doa adalah modal yang dimiliki semua orang untuk menjadi apapun dan mendapatkan apapun, tanpa memandang jabatan, status, kekayaan, bahkan bentuk fisik.”

Kata bijak Yusuf Mansur

Di dalam ajaran islam, doa sangat dianjurkan. Bahkan dalam beberapa surat yang tercantum di Al-Qur’an diterangkan bahwa barang siapa yang berdoa kepada Allah, niscaya Allah SWT pasti akan mengabulkannya. Itulah mengapa Ustadz Yusuf Mansur mengatakan bahwa doa merupakan sebuah modal dasar orang muslim dalam mendapatkan apapun yang ia kehendaki.

Allah SWT akan mengabulkan doa hambaNya, tanpa memandang siapa status atau golongannya di dunia, berapa banyak harta yang ia miliki dan lain sebagainya. Yang dilihat oleh Allah hanyalah ketaqwaan. Salah satunya adalah berdoa kepadaNya.

  • Lukman Hakim

“Jangan sampai ayam jantan lebih pandai darimu, karena ia berkokok di waktu subuh, sementara di waktu subuh itu masih dalam keadaan terlelap dalam tidur.”

Setiap orang islam memiliki kewajiban untuk menunaikan salat 5 waktu, termasuk waktu subuh. Barang siapa yang melalaikan shalat, maka tergolong orang yang ingkar. Namun nyatanya tidak sedikit orang islam yang justru kalah dengan ayam. Ayam sedari pagi, bahkan sebelum subuh telah bangun dari lelap, kemudian berkokok menyongsong hari.

Padahal ayam tidak memiliki kewajiban untuk beribadah salat subuh sebagaimana yang diwajibkan untuk manusia. Kata bijak ini menyadarkan kita semua untuk malu dengan ayam dan bergegas bangun di waktu subuh untuk menunaikan kewajiban salat subuh.

  • Ali bin Abi Thalib

“Apabila sesuatu hal yang kau senangi ternyata tidak terjadi, maka senangilah apa yang terjadi padamu.”

Dalam hidup tidak semua hal yang kita inginkan semuanya tercapai. Sebagai orang islam kita perlu menyakini bahwa apa yang terjadi pada diri kita itu pasti yang terbaik dari Allah. Sebagaimana sebuah ayat Al-Qur’an yang menyatakan bahwa apa yang kau anggap baik, belum tentu baik menurut Allah dan apa yang kau anggap buruk, belum tentu buruk pula menurut Allah.

Jadi intinya dalam menjalani hidup adalah jalani hidup dengan penuh syukur. Apabila sesuatu yang kita inginkan dalam doa ternyata tidak hasilnya tidak sesuai dengan kehendak dan doa kita, jangan sedih. Itu pasti yang terbaik dari Allah dan baik menurutNya. Jadi terima, sabar dan bahagialah dengan takdir tersebut.

5. Kata-Kata Bijak Terbaru

  • Riko Wijaya

“Kegagalan terjadi karena terlalu banyak mimpi namun sedikit realisasi.”

Ungkapan kata terbaru 2018 ini mengingatkan kita agar senantiasa menyeimbangkan antara bermimpi dan berusaha mewujudkannya, agar mimpi apa yang kita inginkan dekat dengan keberhasilan. Sebaliknya kegagalan yang terjadi disebabkan karena kurangnya usaha dalam meraih atau mewujudkannya.

“Mereka yang tidak memiliki jatidiri raganya kosong dan akan diisi dengan pribadi orang lain. Bagai kapal tanpa kemudi.”

Jatidiri amat penting bagi manusia. Karena dengan kepemilikan jatidiri itulah, maka kita bisa memiliki kekuatan untuk berinteraksi dengan orang lain dengan lebih baik sesuai dengan prinsip hidup yang dimiliki. Jadi kita tidak akan tersesat atau hanya jadi pengikut orang lain saja. Dengan demikian, kita pun dapat hidup mandiri dan bermartabat.

  • Sydney Harris

“Pada saat komputer mulai bisa berfikir seperti manusia, itu bukanlah sebuah ancaman yang nyata, tetapi ancaman tersebut terjadi pada saat manusia mulai berfikir seperti komputer.”

Sydney Harris melalui kata bijaknya tersebut mengajak kita semua agar senantiasa sadar bahwa kekeratifitasan sangat diperlukan dalam menjalani hidup ini. Jangan seperti komputer yang hanya bisa melaksanakan perintah yang itu-itu saja. Sekalipun komputer telah didesain sebegitu canggihnya untuk melaksanakan banyak tugas, namun tetap saja komputer hanya akan melaksanakan tugas yang sebelumnya telah disetting oleh manusia.

Harusnya kita sebagai manusia unggul tidak demikian, tapi sebaliknya harus kreatif dan inovatif dengan mempertimbangkan akal pikiran dan hati dalam bertindak.

  • Schopenhauer

“Sebagian besar dari manusia tidak pernah mensyukuri apa yang sudah dimiliki, sebaliknya selalu menyesali apa yang belum tercapai.”

Kata bijak ini sangat relevan dengan kaum millennial saat ini. Bagaimana tidak? Sering kali kita terlalu bersedih dengan apa yang belum menjadi hak kita atau dengan apa yang belum kita milikki. Sebaliknya, kita justru tidak mau melihat apa-apa yang telah kita raih dan kita miliki. Ini seperti kufur nikmat. Padahal sejatinya untuk hidup bahagia adalah dengan bersyukur dengan apa yang telah kita raih dan miliki. Sementara orang yang tidak bahagia adalah orang yang sebenarnya telah memiliki tapi ia fokus pada sesuatu yang belum ia miliki.

6. Kata-Kata Bijak Lucu

  • Mitch Hedberg

“Tanaman palsuku mati, karena aku tidak berpura-pura menyiramnya.”

Beberapa ungkapan lucu ini mengajarkan kepada kita untuk tidak memalsukan sesuatu. Karena sesuatu yang palsu itu pasti akan berakhir dengan keadaan yang palsu dan kosong juga. Jika memang terpaksa memalsukan sesuatu, maka harus menerima konsekuensinya untuk tidak pernah dianggap oleh orang lain. Jadi jadilah diri sendiri dan jujur dalam bertindak apapun.

  • Dr. Seuss

“Dari sana ke sini dan dari sini ke sana, hal-hal lucu ada dimana-mana dan dimana saja.”

Tidak perlu spaneng. Faktanya ada banyak hal lucu yang dapat menghibur manakala hati sedang butuh hiburan di sekeliling, bahkan di diri kamu sendiri. Intinya, hidup jangan terlalu dibikin terlalu serius di setiap keadaaan, lihatlah ke sekeliling dan pasti kamu akan menemukan hal-hal lucu yang dapat meredakan masalah yang sedang kamu hadapi saat ini. Jadi jangan bersedih terlalu dalam, coba keluar dan temukan tawa di sana.

  • Yves Saint Laurent

“Makeup terbaik untuk wanita adalah ambisinya. Tapi kosmetik lebih mudah dibeli.”

Wanita dekat sekali dengan makeup dan kosmetik. Uniknya desainer tersohor asal Perancis ini mengungkapkan bahwa makeup terbaik untuk para wanita adalah ambisinya. Kata bijak ini mengungkapkan bahwa ibarat wanita tanpa ambisi, maka ibarat wanita tersebut tanpa bermake up. Artinya tentu saja wanita tersebut kurang menarik. Uniknya lagi, desainer kondang ini meskipun mengatakan bahwa wanita perlu berambisi, namun faktanya kosmetik tetap saja lebih mudah dibeli ataupun dimiliki daripada ambisi wanita itu sendiri.

7. Kata-Kata Mutiara

  • Benjamin Franklin (Presiden Amerika Serikat)

“Sama seperti kaca dan porselen, nama baik adalah sesuatu yang gampang sekali pecah. Sesuatu yang murah retak seperti itu tidak akan pernah dapat direkatkan kembali tanpa meninggalkan bekas yang gampang terlihat oleh mata telanjang.”

Nama diri diibaratkan sama dengan kaca ataupun porselen yang gampang sekali pecah. Jadi kita harus senantiasa menjaga nama baik kita, agar tidak tercoreng dan jatuh. Karena jika sudah tercoreng ataupun jatuh, maka akan pecah. Sekalipun dapat direkatkan kembali, namun mustahil akan kembali ke bentuk semula yang erat tanpa retakan. Pastilah tetap akan terlihat bagian yang retak dan itu akan menjadi suatu kecacatan seumur hidup.

  • Albert Camus

“Anda tidak akan pernah bahagia jika Anda terus mencari apa yang membuat bahagia. Anda tidak akan pernah hidup jika Anda mencari arti kata hidup.”

Hidup itu harus dijalani dan bukan dicari arti dan makna hidupnya. Hal ini selaras dengan kebahagiaan. Kebahagiaan tidak perlu dicari, karena pada dasarnya kebahagiaan letaknya di hati masing-masing manusia tanpa menuntut apa-apa, selain menjalani hidup ini dengan penuh syukur.

  • Walt Disney

“Cara terbaik untuk memulai adalah dengan berhenti berbicara dan mulailah melakukan sesuatu.”

Mustahil sesuatu pekerjaan akan selesai atau suatu ide akan teralisasi, jika kita hanya memikirkan dan membicarakannya saja tanpa memulai melakukan. Jadi jika kita ingin pekerjaan dan impian tercapai, maka cukup bergerak dan berikan kemampuan terbaik, niscaya hasil tidak akan mengkhianati proses.

8. Kata-Kata Motivasi Belajar

  • Ted Turner

“Jangan pernah menyerah, karena pemenang tidak akan pernah menyerah. Dan orang yang menyerah tidak akan menang.”

Benar jika seseorang dengan mental pemenang tidak akan pernah menyerah. Sebaliknya ia akan terus berjuang untuk mendapatkan apa yang ia impikan. Karena bagaimanapun orang yang menyerah di tengah jalan tidak akan menang, paling tidak ia tidak tahu hasil akhirnya. Jadi, teruslah berjuang!

  • Jeffrey Bezos

“Saya tahu bahwa jika saya gagal, saya tidak akan menyesalinya. Tetapi saya tahu satu-satunya yang akan saya sesali adalah jika saya tidak mencoba.”

Hal yang patut disesali dalam hidup ini adalah sikap tidak mau mencoba. Apalagi jika sesuatu tersebut datangnya hanya sekali. Intinya adalah entah akhirnya akan gagal atau berhasil, tugas kita hanya mencoba dan memberikan kemampuan terbaik.

  • OG Mandino

“Selalu lakukan yang terbaik. Apa yang kamu tanam sekarang akan kamu tuai nanti.”

Apa yang kita tanam sekarang, pasti akan kita tuai di kemudian hari. Jadi lakukan hal tersebut dengan sebaik mungkin. Apapun hasilnya, dengan kita telah melakukannya dengan kemampuan terbaik kita, maka hasil tersebut pastilah yang terbaik.

  • Evelyn Underhill

“Sesuatu yang belum dikerjakan seringkali terlihat mustahil, namun kita baru akan yakin setelah kita berhasil melakukannya dengan baik.”

Sering kita menemukan sesuatu yang apabila terlihat dari jauh seperti sulit untuk dilalui, namun jika kita telah berhasil melaluinya sesuatu yang tadinya terlalu sulit tersebut ternyata mudah untuk dilalui. Jadi intinya, jika ada suatu tantangan di depan mata, selalulah bersikap optimis bahwa kita bisa dengan mudah menaklukannya.

  • Ernest Newman

“Orang-orang hebat di bidang apapun bukan baru bekerja karena mereka terinspirasi, namun mereka menjadi terinspirasi karena mereka lebih suka bekerja. Mereka tidak menyia-nyiakan waktu untuk menunggu inspirasi.”

Belajar adalah pekerjaan wajib seorang pelajar. Sama seperti pekerja yang harus bekerja, dalam belajar pun tidak boleh menunggu mood untuk melakukan kegiatan tersebut itu datang. Tapi tetaplah berkonsisten untuk terus menyemangati diri terus belajar. Jadi jika mau menjadi orang sukses, terutama dalam nilai, belajarlah kapan saja tanpa harus menunggu mood dan inspirasi datang.

9. Kata-Kata Lucu Tentang Cinta

  • Sujiwo Tejo

“Kenapa tissue bermanfaat, karena cinta tidak pernah kemarau.”

Cinta memang indah. Namun faktanya tidak selalu mulus. Ada kalanya dalam menjalani hubungan cinta, masalah ataupun kehilangan akan menghiasi. Jika ini sedang terjadi, maka bukan tidak mungkin jika seseorang akan menangis karena masalah cinta tersebut. Bahkan cinta yang abal-abal lebih sering membuat orang menangis. Jadi benar jika cinta tidak pernah kemarau, karena pasti selalu ada hambatan di dalam hubungan cinta tersebut. Itulah mengapa tisu sangat bermanfaat untuk menghapus air mata.

  • Scott Adams

“Aku mencintaimu seperti anak gemuk yang menyukai kue.”

Kata bijak tentang cinta ini terdengar lucu. Bahkan bagi orang yang belum sempurna mencernanya akan merasa tersinggung. Namun sejatinya, maksud dari kata mutiara ini justru sangat dalam dan menyentuh. Bukankah anak gemuk pasti sangat-sangat mencintai kue? Berarti cinta yang ia miliki sangat besar untuk seseorang yang ia cintai tersebut.

  • Albert Einstein

“Orang yang sedang jatuh cinta tidak berhak meminta pertanggungjawaban terhadap gravitasi.”

Albert Einstein melalui kata lucunya tersebut menunjukkan bahwa memang benar gravitasi memiliki pengaruh yang luar biasa besarnya terhadap kehidupan makhluk di muka bumi ini. Namun di dalam urusan jatuh cinta, gravitasi sama sekali tidak memiliki pengaruh apapun. Selain itu, gravitasi juga tidak harus disalahkan apalagi harus bertanggung jawab dengan perasaan orang yang sedang jatuh cinta tersebut. Jadi, orang yang sedang jatuh cinta haruslah bersedia menerima konsekuensi apapun, baik ataupun buruk.

10. Kata-Kata Simple Tapi Keren

  • John Gardne

“Jika kita melayani, maka hidup akan lebih berarti.”

Melayani orang lain adalah salah satu bentuk dari cinta. Sedang cinta selalu berhasil membawa kedamaian dan kebahagiaan dalam hidup. Bahkan dengan cinta karena melayani itulah maka hidup kita akan lebih berarti. Salah satu contoh melayani di sini adalah berbagi dan menolong.

  • Benjamin Franklin

“Semua yang dimulai dengan rasa marah, pasti akan berakhir dengan rasa malu.”

Marah datangnya dari setan. Setan adalah musuh terbesar manusia. Jadi jelas bahwa marah yang disulut oleh setan pasti akan menghasilkan tindakan yang buruk yang berakhir membawa rasa malu untuk orang tersebut. Jadi, tunda berbicara atau melakukan sesuatu jika keadaan jiwa masih diliputi dalam kemarahan.

  • Brigham Young

“Hati yang jujur akan menghasilkan aksi yang jujur pula.”

Jujur adalah sesuatu yang tulus. Sementara ketulusan tidak bisa dimanipulasi. Jadi orang yang melakukan sesuatu dengan hati yang jujur dan tulus, maka hasilnya pun akan menghasilkan aksi yang jujur pula.

Itulah beberapa kumpulan kata-kata bijak terpopuler dan terbaru 2018. Dari kumpulan beberapa perkataan bijak tersebut, kita bisa merenung, kemudian mengambil pelajaran untuk hidup lebih bermakna, bahagia dan berfaedah tentunya.