Kebiasaan Unik Mudik Lebaran

Kebiasaan unik mudik lebaran – Paling menyenangkan mudik lebaran sebenarnya dengan angkutan kereta api lebaran yang sudah disediakan oleh pemerintah. Selain gratis juga akan lebih aman. Namun bagaimana jika kehabisan tiket kereta api yang suda ludes habis terjual hanya hitungan menit semenjak dibuka di hari 90 sebelumnya sebelum lebaran. Akhirnya Untuk tetap bisa mudik lebaran ke kampung halaman, menggunakan berbagai cara yang kadang menjadi kebiasaan unik mudik lebaran.

Banyak kebiasaan atau kejadian-kejadian unik yang terjadi selama perjalanan mudik menuju kampung halaman dan ketika lebaran. Kebiasaan mudik ini hanya bisa ditemui di Indonesia. Kebiasaan-kebiasaan dan Kejadian-kejadian ini asli Indonesia dan hanya ada di Indonesia. Kebiasaan dan kejadian apa sajakah itu? Simak ulasan berikit ini.

Berikut Kebiasaan Unik Mudik Lebaran

1. Vespa Odong-Odong Untuk Perjalanan Mudik Lebaran
Vespa Odong-Odong Untuk Perjalalan Mudik Lebaran

Selama mudik lebaran, akan banyak dijumpai Vespa odong-odong yang akan sering muncul selama mudik lebaran. Vespa odong-odong ini akan banyak menghiasi dan meramaikan jalan-jalan sekitar Pantura. Selain unik, Vespa odong-odong yang ceper dan mempunyai suara khas-nya akan dinaiki sekitar 2 sd 3 orang.

Pertanyaannya, kenapa harus dinaiki lebih dari 1 orang, hehehe… karena dengan Vespa odong-odong yang super ceper ini perlu diangkat ketika melewati jalur rel kereta api. Tanpa diangkat pasti tidak bisa lewat. Untuk perlu adanya beberapa orang yang mengangkatnya. Selain itu selama perjalanan perlu adanya penyiraman mesin dengan bahan sejenis oli, biar mesinnya tidak panas dan bisa berakibat fatal alias meleduk.

Tapi penulis sendiri salut dan mereka perlu diacungi 2 jempol, karena tekad dan semngat mudik mereka yang luarbiasa, yang menerjang panas, hujan dan segala rintangan demi berlebaran dengan keluarga tercinta di kampung halaman. Bravo Vespa odong-odong.

2. Mudik Menggunakan Bajaj

Perjalanan mudik dengan Bajaj

Bagi orang Jakarta sudah tidak aneh lagi dengan angkutan darat yaitu Bajaj. Selama mudik sering ditemui para pemudik menggunakan Bajaj dari Jakarta yang notabene ikut bermacet-macetan dengan pemudik lainnya yang menggunakan sepeda motor atau mobil pribadi. Walau Bajaj dibilang angkot roda tiga yang mirip sepeda motor, tapi bajaj bisa menampung lebih banyak penumpang, dengan asap dan suara hkasnya akan membuat suasana jalan selama mudik semakin ramai.

3.  Mudik Ramai-Ramai Menggunakan Mobil Bak Terbuka

Mudik dengan Pick up kebiasaan unik mudik lebaran

Selama perjalanan mudik, banyak ditemui mobil-mobil angkutan barang yang disulap menjadi mobil angkutan yang diberi tudung sendiri, sehingga terlihat lebih nyaman dan bisa muat penumpang yang banyak. Dengan tambahan tiang-tiang kayu dan atap kain, akan menjadikan mobil pickup atau mobil barang menjadi sarana yang nyaman buat musik lebaran. Hal in menjadi salah satu kebiasaan unik mudik lebaran.

4. Mudik Menggunakan Sepeda Motor Dengan Maksimal Penumpang

Mudik dengan sepeda motor

Ini yang paling nyentrik juga, banyak para pemudik yang nekat membawa semua keluarganya menggunakan sepeda motor demi brtemu dengan sanak keluarga di kampung halaman. Selain bahaya, sebenarnya juga tidak pas jika sepeda motor dipermak menjadi angkutan untuk membawa beban yang melebihi kapasitasnya.Karena hanya ingin menghemat bahan bakar saat mudik lebaran maka diputuskan untuk mudik dengan sepeda motor bersama keluarga.

Mulai dari Bapak-nya, Ibunya dan kedua anaknya, ditambah lagi dengan barang bawaan yang juga menyita ruang sepeda motor tsb. Tapi ya namanya mudik lebaran setahun sekali, apapun dilakukan untuk bisa berkumpul dengan keluarga tercinta. Kebiasaan ini hanya bisa ditemuai di indonesia.

5.  Orang Mudik Membawa Ayam

Kebiasaan unik mudik lebaran

Selama perjalanan mudik lebaran, khususnya yang melalui darat alias naik sepeda motor, sering dijumpai kejadian-kejadian unik yang salah satunya adalah adanya beberapa pemudik yang membawa Ayam. Unik juga sih, maksudnya membawa Ayam itu untuk apa? Yang pasti Ayam akhirnya ikut mudik lebaran juga. Kalau ujung-ujungnya sampai kampung halaman ternyata Ayam tersebut hanya untuk disembelih buat lebaran ya sangat kasihan. Tapi ya tidak apa-apa, daripada beli Ayam di kampung, mending bawa dari Jakarta.

Baca juga : Cara Unik Menghindari Macet

Demikian sekitar informasi Kebiasaan unik mudik lebaran yang sering dilakukan oleh orang Indonesia, dan kejadian-kejadian unik diatas hanya terjadi di indonesia setiap mau menjelang lebaran karena tiada yang indah selain bisa berkumpul dengan keluarga di Hari yang Fitri.