Keindahan Indonesia Yang Harus Anda Tahu

Lahir di Indonesia tapi tidak pernah melihat keindahan alamnya secara langsung merupakan sebuah kerugian besar. Mungkin salah satu alasan Tuhan melahirkan kita di Indonesia ini agar kita bisa bersyukur atas keindahan alam yang telah dibuatnya. Berada diantara dua benua dan dilintasi oleh garis khatulistiwa membuat salju tidak mau turun di Indonesia, dengan tidak turunnya salju di Indonesia membuat tanah negeri ini menjadi subur dan bisa ditanami oleh berbagai jenis tanaman.

Meskipun tidak turun salju di Indonesia, Indonesia tetap memiliki salju. Salju ini berada di puncak gunung Jaya Wijaya di Papua Irian Jaya.  Indonesia merupakan Negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 13.466 pulau yang tersebar dari Sabang sampai Merauke.  Dimana di setiap pulau memiliki keindahan alam yang berbeda beda. Apa saja keindahan di Indonesia?

Berikut Keindahan Indonesia

1. Keindahan Taman Bawah Laut di Indonesia
Taman laut Bunaken indahnya Indonesia


Keindahan bawah laut Indonesia

Berada diantara dua samudra membuat Indonesia banyak disinggahi biota-biota laut yang mengagumkan. Berbagai macam spesies bisa di temukan di taman laut Indonesia.  Tumbuhan dan terumbu karang yang menjadi rumah bagi ikan ikan , melengkapi keindahan surga bawah laut Indonesia. Hal ini membuat turis mancanegara rela jauh jauh datang dari negaranya untuk diving dan melihat keindahannya. Akan tetapi ada juga turis yang illegal fishing di laut kita ini. Inilah yang harus kita perangi. Agar tidak merusak dan mengurangi kekayaan bawah laut Indonesia.

2. Keindahan Pemandangan Gunung di Indonesia
Gunung Rinjadi Keindahan Indonesia
Gunung Bromo Keindahan Indonesia

Gunung di Indonesia bisa menjadi bencana juga bisa menjadi berkah bagi pendaki. Berada di zona ring of fire membuat gunung-gunung di Indonesia banyak yang aktiv. Ada juga yang tidak aktiv dan menjadi tantangan bagi pendaki untuk menaklukannya. Hampir disetiap pulau besar di Indonesia mempunyai gunung. Dan disetiap gunung memiliki keunikan yang berbeda beda. Gunung yang terkenal di Indonesia adalah gunung Bromo, Gunung Rinjani dan gunung Jaya Wijaya di Papua.

3. Keindahan Pantai Indonesia
Berselancar-di-Pantai-Plengkung
Keindahan Pantai di Indonesia
pantai-raja-ampat

Negara dengan kepulauan terbesar di dunia, menjadikan Indonesia mempunyai banyak pantai. Pantai merupakan wisata yang sangat mudah ditemukan di Indonesia. Banyak sekali pantai di Indonesia yang jumlahnya sampai tidak bisa dihitung. Pantai di Indonesia yang berada di samudera Hindia dan samudera Pasifik membuat ombak pantainya yang besar. Ada salah satu pantai di Indonesia yang dijuluki sevent giant wave. Nama ini diberikan oleh peselancar mancanegara yang telah merasakan kebesaran dan keganasan ombak di pantai Pelengkung Banyuwangi sebagai obyek wisata Banyuwangi yang terkenal sampai mancanegara.

4. Keindahan Budaya Indonesia
Tari Saman dari Aceh
Tari_Pendet dari Bali
Tari Blegong dari bali

Memiliki semboyan “Bhineka Tunggal Ika” yang artinya Berbeda beda tapi tetap satu, satu Indonesia. Semboyan tersebut menggambarkan Indonesia yang memiliki banyak suku dan budaya. Meskipun berbeda, suku di Indonesia hidup dengan harmonis dan saling saling menjaga toleransi sesama.

Karena perbedaanlah juga yang membuat Indonesia  semakin bersatu. Mempunyai banyak suku, membuat Indonesia kaya akan kesenian dan tarian. Setiap tarian memiliki ke khasan tersendiri dibanding dengan tarian yang lain. Tarian Indonesia yang mendunia seperti tari Saman dari Aceh, tari Reog dari Ponorogo, tari Jaipong dari Sunda, tari Kecak Rama dan Shinta dari Bali dan masih banyak tarian dan kebudayaan Indonesia yang terkenal.

5. Keindahan flora dan fauna Indonesia
rafflesia-arnoldi
Komodo dari Flores

Memiliki julukan magabiodiversitas, menunjukkan bahwa memiliki keanekaragaman flora dan fauna. Mulai dari spesies purba dan spesies langkanya. Salah satu faktor yang membuat flora dan fauna banyak di Indonesia adalah karena adanya hutan hujan tropis. Para ilmuan mengatakan bahwa separuh dari spesies flora dan fauna, berada di hutan hujan tropis. Salah satu tumbuhan khas di Indonesia yang terkenal di dunia adalah bunga Raflesia Arnoldi. Untuk faunanya adalah Komodo. Komodo hanya bisa ditemukan di Indonesia tepatnya di pulau Komodo. Dan komodo diakuai sebagai salah satu keajaiban dunia.

Baca juga : 10 Tempat Wisata di Indonesia yang wajib Dikunjungi

Demikian informasi keindahan Indonesia yang harus Anda tahu dan pahami biar Anda bangga sebagai bagian dari Indonesia. Yakin setelah lihat artikel ini masih tidak mau beranjak dari rumahmu?