Keunikan Durian Merah Banyuwangi

Banyuwangi – Siapa yang tak suka dengan buah durian? Buah yang mempunyai aroma khas dan kelembutan isi buahnya membuat banyak orang suka dengan buah ini. dibalik ketajaman kulit buah durian, terdapat buah yang lembut yang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Pada umumnya isi buah durian berwarna putih atau kuning, akan tetapi bagaimana kalau isinya berwarna merah? Durian dengan isinya yang berwarna merah inilah yang sedang dikembangkan di Banyuwangi. Orang Banyuwangi menyebutnya durian merah Banyuwangi.

Durian merah Banyuwangi 7 Alasan Kenapa Harus ke Banyuwangi

Awal ditemukannya durian merah ini ada di desa Kemiren Banyuwangi sebagai desa yang terkenal di Banyuwangi. Lama kelamaan budidaya buah durian meerah ini mulai muncul di daerah-daerah lainnya di Banyuwangi, seperti di kecamatan Songgon dan di desa atau kampung Anyar kecamatan Gelagah kabu[aten Banyuwangi.

Rasa dari durian merah lebih lezat dan nikmat dari jenis-jenis durian lainnya. selain itu dari infromasi warga yang mengkonsumsi durian merah dipercaya bisa meningkatkan vitalitas kaum adam. Buah yang dijuluki King of Fruit ini sudah terkenal di Indonesia maupun mancanegara. Agar tidak di akui oleh daerah lain pemerintah Banyuwangi sudah mengurus untuk mematenkan buah merah agar bisa menjadi buah khas kota Banyuwangi.

Durian Merah Banyuwangi

Menurut Kepala Dinas Pertanian Banyuwangi, hak paten dari buah durian merah sudah di anggarkan dan sedang di proses, dan ditargetkan tahun depan sudah selesai. Yang membuat khas dari durian merah Banyuwangi terletak dari ketebalan daging buah dan warnanya yang mencolok. Diharapkan buah durian merah ini bisa terkenal hingga dikancah internasional. Salah satu langkah yang telah dilakukan pemerintah kabupaten Banyuwangi untuk membuat durian merah go internasional adalah dengan mengundang 5 peneliti  mancanegara untuk berdiskusi tentang durian merah di Banyuwangi.

Baca juga : 7 Alasan Kenapa Harus ke Banyuwangi

Bagi Anda yang berkunjung ke Banyuwangi jangan lupa untuk mencicipi buah durian merah khas Banyuwangi ini yang unik dan mempunyai rasa yang enak. Selain buah merah ini, banyak makanan khas Banyuwangi yang bisa Anda cicipi selama Anda melakukan perjalanan wisata ke Banyuwangi. Salah satunya yang terkenal adalah sego tempong khas Banyuwangi yang sangat unik dan menarik sebagai makanan yang mempunyai rasa pedas. Yuk ke Bnayuwangi.