Ki Bagus Rangin

Inilah Sosok Ki Bagus Rangin Yang Diusulkan Menjadi Pahlawan Nasional – Jika mengenal tokoh bersejarah di Cirebon tentu kita akan langsung mengingat Sunan Gunung Jati. Namun tidak dengan Ki Bagus Rangin karena masih sangat sedikit yang mengenal sosok beliau sebagai seorang pahlawan. Padahal kisah heroiknya mampu menginspirasi para rakyat dalam melawan penjajah. Ki Bagus Rangin merupakan tokoh yang melawan penjajah selama 7 tahun dan hingga saat ini belum diketahui jejak makamnya karena dulu ditutupi pihak Belanda.

Sosok Ki Bagus Rangin

Walaupun jejak makamnya menghilang, bukan berarti Ki Bagus Rangin tak layak dijadikan Pahlawan Nasional. Saat ini muncul wacana bahwa beliau akan diusulkan menjadi Pahlawan Nasional seperti Pangeran Dipenogoro, dan berbagai pahlawan lainnya. Sosok Ki Bagus Rangin belum banyak yang mengenalnya, namun jasanya dalam melawan penjajah sangat besar. berikut ulasan lengkapnya mengenai Ki Bagus Rangin, salah satu tokoh yang diusulkan menjadi pahlawan Nasional.

Sosok Ki Bagus Rangin Yang Diusulkan Menjadi Pahlawan Nasional

1. Mengenal Sosok Ki Bagus Rangin

Ki Bagus Rangin dilahirkan tahun 1761 dari keluarga Ulama. Ayahnya bernama Kiai Sentayem yang merupakan sosok ulama dengan banyak murid. Termasuk Ki Bagus Rangin dan saudara-saudaranya yang berguru ke ayahnya sendiri. berdasarkan catatan sejarah, beliau memimpin perlawanan terhadap kolonial Belanda di tahun 1811-1818. Selama itu pula beliau memimpin gerakan gerilya untuk melawan kekuasaan Belanda dan pemerintahan yang disokong oleh penjajah.

2. Kepahlawanan Ki Bagus Rangin

Ki Bagus Rangin bukanlah raja atau pahlawan yang setenar Pangaran Dipenogoro dan lainnya. Perjuangannya sangat luas dalam melawan penjajah. Mulai dari Cirebon, Majalengka, Indramayu, Kuningan, Subang, Sumedang hingga Karawang. Lebih dari dukungan 40 ribu orang rakyat berada di belakang beliau mengikuti pergerakan melawan penjajah. Akibat perlawanan yang dipimpin Ki Bagus Rangin, Belanda menderita kerugian yang besar. Bahkan Belanda sampai meminta bantuan pasukan di Banda Aceh dan Portugis untuk melawan pergerakan Ki Bagus Rangin.

3. Jejak Ki Bagus Rangin

Menurut catatan sejarah Ki Bagus Rangin memimpin pertempuran dengan Belanda selama 7 tahun. namun kuburannya sampai saat ini belum jelas dimana letaknya. Namun beberapa sumber ada yang mengatakan bahwa setelah melakukan perang besar di daerah Kedondong, Susukan. Ki Bagus Rangin berhasil ditangkap Belanda dan dihukum mati dengan hukuman penggal. Belanda sengaja menutupi makam beliau kerena khawatir akan menyulut api semangat masyarakat dalam melawan penjajah.

4. Moksa

Karena hingga saat ini makam Ki Bagus Rangin belum diketahui letaknya. Munculah cerita dari mulut ke mulut bahwa beliau mengalami moksa atau menghilang begitu saja. hal ini dituturkan pula oleh Opan Raffan dalam Seminar Nasional Pengusulan Bagus Rangin di Kabupaten Majalengka. Walaupun makamnya belum diketahui hingga sekarang namun heroisme beliau mampu menginspirasi banyak perjuangan lainnya dalam melawan penjajah sehingga pantas jika beliau diusulkan menjadi pahlawan nasional.

Demikianlah beberapa ulasan tentang sosok Ki Bagus Rangin. Semoga menginspirasi dan menambah pengetahuan anda seputar perjuangan rakyat Cirebon melawan penjajah.