Kisah Cinta Rama dan Sinta dalam Tari Kecak Uluwatu

Tari kecak merupakan salah satu tari khas Bali yang sudah mendunia. Banyak turis datang dari seluruh penjuru dunia berkumpul untuk melihat keunikan tari kecak ini. Diselenggarakan di tebing yang tinggi dengan background sunset yang indah membuat tari kecak semakin pecah. Tari ini menceritakan kisah cinta Rama dan Sinta dalam tari Kecak yang berada ditengah hutan karena diasingkan oleh kerajaan mereka.

Berikut ini kisah cinta rama dan dewi Sinta per segmen

Segmen 1

kisah cinta Rama dan Sinta dalam tari Kecak

Cerita dimulai dari Rama dan Sinta yang sedang asyik bermain di hutan, tiba-tiba datang seekor kijang emas (jelmaan dari pembantu raja Rahwana yang ditugaskan untuk memancing Rama untuk memburunya). Melihat tingkah laku kijang emas yang unik. Sinta menyuruh Rama untuk menangkapnya. Akhirnya Rama mau pergi menangkapnya, namun sebelum dia pergi untuk menangkapnya dia meminta sang adik Laksamana untuk menjaga Sinta. Setelah pergi beberapa lama kemudian, terdengar suara Rama meminta tolong. Mendengar suara tersebut, Sinta panik dan menyuruh Laksamana pergi menolong kakaknya. Namun Laksamana tidak percaya bahwa suara tersebut berasal dari sang kakak. Karena tidak kepercayaannya tersebut Sinta malah marah kepada Laksamana.

Baca juga : Tarian Indonesia yang Mendunia

Akhirnya laksamana mau menyusul sang kakak karena desakan dari Sinta. Sebelum pergi menyusul sang kakak Laksamana membuat sebuah lingkaran dan menyuruh Sinta agar tidak melewati lingkaran tersebut. Setelah Laksamana pergi, datang seorang pendeta yang sebenarnya penjelmaan dari Rahwana. Pendeta ini meminta air kepada Sinta. Karena merasa kasihan melihat sang pendeta, akhirnya Sinta memberikan air kepada sang pendeta dengan menjulurkan tangannya keluar lingkaran. Seketika itu juga sang pendeta berubah wujud menjadi Rahwana, Sinta pun kaget mengetahui hal itu lalu menjauh dari Rahwana. Disaat Rahwana ingin menculik Sinta datanglah seekor burung garuda yang ingin menyelamatkan Sinta. Namun karena kekuatan dari Rahwana yang terlalu tangguh akhirnya burung garuda tersebut kalah dan Sinta pun tertangkap.

Segmen 2

kisah cinta Rama dan Sinta dalam tari Kecak

Sinta pun dibawa ke kerajaan Rahwana yang bernama Alengka. Dan Rahwana menyuruh anak buahnya untuk menjaga Sinta. Sinta pun sedih dan menyesal karena melanggar perintah dari Laksamana. Dia pun berharap Rama datang untuk menolongnya. Kemudian muncul sosok kera putih bernama Hanoman. Hanoman pun menghampiri Sinta dan mengabarinya bahwa raja Rama akan menyalamatkannya. Pada awalnya Sinta tidak percaya dan mengira Hanoman sama seperti pendeta yang merupakan sosok jelmaan dari Rahwana. Namun setelah Hanoman menjelaskan bahwa dirinya utusan dari raja Rama dan memberikan bukti sebuah cincin. Akhirnya Sinta percaya dan memberinya bunga untuk diserahkan kepada raja rama.

Segmen 3

Kecak-Fire-Dance kisah cinta Rama dan Sinta dalam tari Kecak

Ketika Hanoman keluar dari penjara, anak dari Rahwana yang bernama Magananda melihatnya. Pertempuran antara Hanoman dan Magananda dan kedua pembantunya pun tak terelakkan. Karena kalah jumlah akhirnya Hanoman tertangkap dan akan dihukum dengan cara dibakar. Sebelum eksekusi dibakar dimulai ada pendeta yang memberikan aji-aji kepada Hanoman. Sehingga Hanoman mendapatkan kekuatan untuk melawan balik. Hanoman pun bisa melepas tangannya dari ikatan tali dan lolos dari eksekusi tersebut. Pembantu dari Magananda yang mengetahui hal tersebut tak tinggal diam. Karena telah mendapatkan kekuatan tambahan. Hanoman kali ini bisa memenangkan pertarungan dan membakar tanaman dan beberapa tempat kerajaan alengka.

Segmen 4

Tari-Kecak-Bali kisah cinta Rama dan Sinta dalam tari Kecak

Rama dan Laksamana serta bala tentara keranya pun datang untuk menyelamatkan Sinta. Peperangan besar pun tidak dapat dihindari. Magananda melawan raja kera Sugriwa dan Rahwana melawan Rama. Dalam pertempuran ini kelompok Rama berhasil mengalahkan kelompok Rahwana. Akhirnya Rahwana kalah dan Rama pun berkumpul lagi dengan Sinta. Pertemuan antara Rama dan dewi Sinta ini disaksikan oleh Laksamana, Sugriwa dan Hanoman.

Baca juga : Tarian Misterius di Dunia

Setelah pertunjukan selesai pengunjung bisa berfoto bersama dengan aktor-aktor yang berperan dalam kisah cinta Rama dan Sinta yang ada dalam tarian tersebut.