Kopi Indonesia

Kopi Indonesia yang Mempunyai Cita Rasa melimpah dan Mendunia – Kopi adalah minuman yang sudah mendunia dan ada di seluruh dunia, kopi bukan hanya sekedar menjadi minuman untuk diminum di pagi hari. Minum kopi telah menjadi gaya hidup sebagian orang Indonesia di masa sekarang ini. Dari kopi yang harganya murah, yaitu kopi instan sampai dengan kopi yang harganya mahal banget. Bagi pecinta Kopi di seluruh dunia tidak akan memulai hari tanpa minum kopi.

Kopi Indonesia ini pertama kali masuk Indonesia melalui Batavia yang sekarang menjadi Jakarta, tahun 1696 selama masa kolonial Belanda ketika Belanda membawa kopi Arabika untuk menanam dan mengolah di Indonesia, tepatnya di Cibodas National Park di daerah Puncak. Kopi tumbuh menjadi salah satu komoditi di Belanda. VOC melakukan ekkspor kopi pertama kali dari Indonesia tahun pada 1711, yang tumbuh hingga 60 ton per tahun.

Di Indonesia, kopi tidak hanya menjadi suatu gaya hidup tapi telah menjadi komoditas penting. Indonesia adalah salah satu produsen kopi terbesar di dunia, saingan berat dari Negara Brasil, Vietnam dan Kolombia. Tidak hanya dikonsumsi oleh orang Indonesia, ini juga menjadi sumber mata pencaharian bagi banyak penduduk Indonesia. Dari petani kop, pedagang kopi, itu adalah bagian penting dari kehidupan sehari-hari penduduk Indonesia.

Indonesia memproduksi beberapa biji gourmet terbaik di dunia, termasuk Kopi termahal di dunia”, seperti yang diperkenalkan oleh Oprah, yang disebut “Kopi Luwak

Berikut Kopi Indonesia yang melegenda dari nasional sampai Internasional

1. Balinese Kintamani Coffee
Kopi Bali Kopi Indonesia yang Mempunyai Cita Rasa melimpah dan Mendunia

Bali adalah salah satu tempat wisata yang sangat populer di indonesia, biji kopi yang dihasilkan dari daerah pegunungan yang sejuk yaitu Kintamani, juga merupakan salah satu biji kopi yang sangat mengundang selera bagi pecinta kopi. Tidak seperti kebanyakan jenis lain dari kopi, kopi Kintamani unik di antara kopi Arabika lainnya yang berasal dari Indonesia karena rasanya ringan, sedang keasaman dan ada rasa buah.

Rasa buah berasal dari kopi yang ditanam dengan buah-buahan dan sayur-sayuran yang memungkinkan kacang untuk menyerap rasa dari lingkungan sekitar tanaman kopi. Jika Anda ingin merasakan kenikmatan kopi kintamani maka Kintamani kopi adalah satu jenis kopi yang layak untuk dinikmati yang menjadi salah satu Kopi Indonesia yang mantap dan terkenal.

2. Toraja Coffee
Tana Toraja Kopi Kopi Indonesia yang Mempunyai Cita Rasa melimpah dan Mendunia

Di pulau Sulawesi adalah orang-orang Tana Toraja yang mengolah biji kopi Toraja yang nikmat. Kopi Toraja adalah multi-dimensi kopi yang ditanam di dataran tinggi Utara Sulawesi Selatan dan dibedakan oleh rasa yang luar biasa. Orang-orang Toraja memproduksi dua jenis biji kopi, yaitu Arabica dan Robusta. Secangkir kopi Toraja mempunyai sensasi yang luar biasa , Jenis kopi ini sangat cocok untuk mereka yang tidak suka rasa pahit kopi karena pada kopi ini, rasa pahit kopi tampaknya bener-bener menghilang setelah tegukan pertama, meninggalkan sebuah sensasi menyenangkan di lidah Anda. Kopi Tana Toraja Menjadi Kopi Indonesia yang banyak diminati oleh pecinta kopi lokal maupun internasional.

3. Aceh Gayo Coffee
Kopi Aceh Gayo Kopi Indonesia yang Mempunyai Cita Rasa melimpah dan Mendunia

Setiap warga Indonesia tahu Kopi Aceh Gayo, tumbuh di dataran tinggi tengah Gayo di bagian paling utara pulau Sumatera. Selain itu menjadi menyenangkan untuk mengatakan “Gayo”, ini adalah salah satu jenis yang paling dikonsumsi kopi dalam Negeri. Meskipun jenis biji Arabica dan Robusta yang diproduksi sebagai kopi Gayo, yang paling populer dikonsumsi dan diekspor adalah jenis Arabica Gayo. Profil rasa secangkir Gayo Arabica sangat kuat dan kompleks (Bervariasi rasanya), jenis ini memiliki aroma yang kuat dan sangat ringan rasa pahitnya yang membuat perpaduan sempurna untuk rasa Kopinya. Kopo Aceh Gayo ini sudah menjadi salah satu komoditi Kopi Indonesia yang benar-benar dicari para penikmat kopi di Indonesia maupun dari Luar Indonesia.

4. Flores Bajawa Coffee
Kopi Flores Bajawa Kopi Indonesia yang Mempunyai Cita Rasa melimpah dan Mendunia

Flores merupakan area terkenal dan tak tertandingi keindahannya dan menjadi rumah nenek moyang “hobbit” di dunia. Yang tidak akan menduga bahwa wilayah ini mengejutkan juga menghasilkan beberapa biji kopi terbaik di dunia. Flores adalah salah satu pulau-pulau yang lebih besar dalam rantai pulau Barat ke Timur antara Bali dan Timor.

Bajawa adalah kota pelabuhan di daerah dataran tinggi sepanjang pesisir selatan di mana banyak kopi yang ditanam diarea itu. Proses penggarapan Arabika ini adalah jenis kopi diwariskan dari generasi ke generasi menggunakan metode tradisional. Aroma kopi ini ditandai dengan kuatnya aroma bunga, cokelat, membumi dan kadang-kadang ada aroma tembakau. Hal ini dibuat menggunakan proses pengupasan kulit biji kopi yang memberikan rasa yang unik dengan aroma yang menyenangkan yang hanya ditemukan di wilayah ini. Kopi Flores sudah melegenda sebagai Kopi Indonesia yang sangat termahsyur rasanya.

5. Kopi Luwak
Kopi Luwak Kopi Indonesia yang Mempunyai Cita Rasa melimpah dan Mendunia

Indonesia adalah rumah bagi kopi termahal di dunia, salah satu kopi termahal yaitu dikenal sebagai Kopi Luwak. Sejarah dan asal-usul Kopi Luwak adalah sama menarik seperti rasa nya. Asli Indonesia kopi luwak dikumpulkan dari kotoran hewan seperti kucing liar yang disebut luwak (umum palm luwak, Paraxorus Hermaphroditus), hewan nokturnal hutan yang hidup bebas didekat perkebunan kopi yang pada malam hari selalu menakan biji kopi terutama di musim panen.

Uniknya adalah, Luwak tersebut hanya makan ceri matang dari kopi pilihan. Luwak ini tidak dapat mencerna biji kopi dan hanya makan kulitnya, sehingga biji kopi dikeluarkan kembali ketika Luwak tersebut buang kotoran. Biji kopi ini yang sudah tidak ada kulitnya kemudian dikumpulkan, dicuci dan diproses oleh petani kopi. Proses fermentasi dalam perut luwak kucing memecah protein kopi dan mengambil rasa pahitnya dan mengubahnya menjadi rasa kopi luwak yang halus, nikmat dan luar biasa.

Tingkat asam yang rendah membuat rasa kopi menjadi halus yang sanagt baik bagi penikmat kopi yang mempunyai maag akan tidak berimbas sama sekali. Kopi Luwak sudah tidak di perhitungkan lagi sebagai kopi yang paling mahal harganya dan membutuhkan proses yang sangat unik.

Baca juga : 7 kopi dari Indonesia yang go internasional

Demikianinformasi tengtang kopi Indonesia yang terkenal akan kopi-kopinya yang asli indonesia dan sudah menjadi kebanggan Indonesia sebagai negara terbesar penghasil kopi setelah negara Brazil.