Makanan Khas Indonesia yang Mendunia

7 Makanan Khas Indonesia yang Mendunia – Indonesia adalah negara yang kaya akan tradisi, budaya dan kulinernya. Setiap daerah di tanah air memiliki makanan khas masing masing. Beragam makanan ini ternyata mampu menarik perhatian luar negeri. Karena begitu nikmatnya beberapa makanan asli Indonesia yang disajikan di festifal yang diselenggarakan di beberapa negara di dunia. Sebut saja gado gado, sate ayam, rendang, bahkan olahan tempe yang mampu bersaing di level internasional. Seperti apakah kehebatan dari makanan khas Indonesia yang mendunia ini?

Berikut 7 Makanan Khas Indonesia yang Mendunia

1. Nasi Goreng di Acara World Expo Shangha Cina 2010

Nasi Goreng makanan khas indonesia yang mendunia

Sebagian dari kita tentu sudah akrab dengan makanan yang satu ini, yaitu Nasi Goreng. Lebih dari itu Nasi Goreng telah berhasil menjadi Icon Indonesia. Nama makanan nasi goreng semakin menyebar luas di mancanegara, setelah presiden Amerika Serikat Barack Obama menyebutkan nama makanan nasi goreng sebagai makanan khas Indonesia yang terkenal di dunia dan beberapa kali dia mengakui enaknya makanan yang satu ini.

Pada ajang “World Expo Shanghai China 2010” masakan nasi goreng menjadi suguhan yang menarik. Ajang perlombaan masak bertaraf internasional ini mampu membawa nama nasi goreng semakin dikenal di mata dunia. Acara ini mendapat respon positif dari pengunjung pameran dari berbagai negara. Nyatanya dalam sehari, sedikitnya nasi goreng yang disajikan dengan telur dada dan sate ayam ini mampu terjual hingga 700 porsi. Nasi goreng ini menjadi salah satu makanan khas indonesia yang mendunia.

2. Gado-Gado di Napoli Italia

Gado gado masakan khas indonesia yang mendunia

Kuliner Asli Indonesia selanjutnya adalah gado-gado. Gado-gado adalah makanan khas Jawa berupa sayur sayuran yang direbus dan dicampur menjadi satu. Makanan ini mempunyai bumbu khas kacang tanah yang di haluskan. Tak ketinggalan juga irisan telur dan taburan bawang goreng diatasnya. Penyajiannya yang unik dan lezat ini akan lebih komplit jika ditambah dengan emping goreng atau kerupuk.

Gado-gado yang dapat dimakan seperti salad ini memang cukup sederhana. Perlombaan memasak internasional di Napoli pada tahun 2010, menjadi pembuktian gado-gado bukan sembarang makanan. Di ajang ini gado-gado menjadi juara pertama kategori tampilan sajian estetika, untuk itu gado-gado menjadi salah satu makanan khas Indonesia yang mendunia.

3. Soto Ayam Laris Manis di Jepang

Soto Ayam makanan asli indonesia yang terkenal

Tak hanya terkenal karena rasanya yang lezat, Soto juga memiliki tampilan yang indah. Kuliner Khas Indonesia yang mudah dibuat ini paling nikmat jika di makan ketika musim hujan. Perpaduan udara yang dingin dan kuahnya yang panas adalah perpaduan yang pas bagi kita. Tak hanya di Indonesia saja, soto ayam juga ada di sebuah festival makanan di Jepang. Rupanya makanan soto ayam telah menjadi langganan di acara ini. acara ini sendiri diselenggarakan oleh pelajar Indonesia yang tergabung dalam PPIJ- Komsat Ibaraki. Terbukti dalam acara besar seperti ini soto ayam dapat menjadi makanan yang diterima dengan baik oleh masyarakat Jepang dan soto menjadi makanan khas indonesia yang mendunia.

4. Sate Ayam Selalu Laris Manis dalam Festival Internasional

Sate ayam makanan asli indonesia yang dikenal sampai mancanegara

Kuliner Indonesia yang terkenal beriktunya adalah sate ayam. Makanan yang dibakar ini merupakan makanan yang disukai oleh masyarakat Indonesia. Terkenal dengan sate khas Madura, ternyata sate ayam mampu menghipnotis masyarakat luar negeri. Sebuah bazar internasional yang diselenggarakan di China 2013 silam menjadi bukti sate ayam digemari oleh para pengunjung bazar. Kegiatan ini tidak hanya menyelenggarakan kuliner Indonesia saja tapi juga kuliner dari beberapa negara. Tapi menu makanan Indonesia menjadi daya tarik tersendiri.

Salah satu yang menjadi sebuah kebanggan bagi makanan Indonesia adalah makanan sate ayam terjual habis disantap masyarakat setempat. Tak hanya di bazar saja, sebuah restoran masakan asli Indonesia mampu bersaing di tengah restoran termahal di New York Amerika. Dengan menu andalannya sate ayam, restoran dengan nama “Satay junction” mampu menarik warga amerika. Meski terbilang kecil , restoran ini selalu dipadati oleh warga Amerika yang mencintai kuliner Asia terutama kuliner Indonesia. selain mampu bertahan, jumlah pengunjungnya pun terus bertambah.

Satay Junction New York

Satay Junction New York

5. Rendang Masuk dalam 50 Most Delicious Foods

Rendang makanan asli padang yang enak

Rendang adalah makanan khas indonesia yang berasal dari Padang Sumatera Barat. Rendang dibuat dari daging yang bercita rasa pedas, bumbunya menggunakan dari campuran berbagai bumbu serta rempah rempah asli indonesia. Masakan ini dihasilkan dari proses memasak yang dipanaskan berulah ulang dengan menggunakan santan kelapa. Rendang dikenal dengan proses memasaknya yang cukup lama. Butuh waktu berjam jam untuk menghasilkan warna hitam pekat dan daging yang empuk.

Tapi percayalah, hal ini akan terbayar lunas ketika anda menyantapnya. Nikmat dan lezatnya rendang berhasil membuatnya terpilih di posisi paling atas dari 50 makanan terlezat di dunia versi “CNN internasional pada 2011”. Rendang bahkan menjadi menu Makanan favorite di sebuah hotel di Jerman dalam rangka festival kuliner masakan asli Indonesia. Acara ini diselenggarakan untuk memperingati 60 tahun persahabatan Indonesia Jerman. Rendang ini dinobatkan sebagai salah satu makanan khas indonesia yang mendunia.

6. Tempe Menu Favorit di Jepang dan Korea

Tempe Goreng makanan asli Indonesia racikan leluhur

Berikutnya adalah tempe, ternyata tak hanya orang Indonesia saja yang menyukai tempe. Seorang juru masak asal Korea Eduard Quad adalah salah satu dari ribuan orang yang jatuh hati dengan tempe. Perhelatan Jakarta kuliner festival yang dihelat Oktober 2012 lalu menjadi perkumpulan koki dari berbagai mancanegara. Mereka datang untuk menikmati makanan khas Indonesia dan asal daerahnya. Salah satu makanan khas Indonesia adalah Tempe Goreng.

Salah satunya adalah Eduard Quad, ternyata dari berbagai makanan yang ia cicipi, ia menjadikan tempe sebagai idolanya. Berbeda dengan koki asal Korea. Seorang warga Indonesia pak Rustomo adalah seorang pebisnis tempe di Jepang. Tak hanya dapat diolah menjadi makanan lezat, tempe juga menghasilkan pundi pundi uang. Nama pak Rustomo sendiri dikenal di beberapa daerah di Jepang. Bisnisnya menjual tempe berhasil memikat masyarakat Jepang, dengan demikian pantas kalau tempe ini menjadi makanan indonesia yang mendunia.

Pak Rustomo pengusaha Tempe di jepang

Pak Rustomo Pengusaha Tempe di Jepang

7. Sop Buntut sebagai makanan khas Indonesia

Sop Buntut masakan khas indonesia yang enak

Makanan Indonesia yang mendunia terakhir adalah sop buntut. Sebuah acara untuk memperkenalkan masakan khas Indonesia diselenggarakan oleh kedutaan besar republik Indonesia di Madrid Spanyol. Salah satu menunya adalah sop buntut. Ternyata acara ini mendapatkan respon yang positif. Chef asal Indonesia menyajikan makanan khas Indonesia disini. Setidaknya terdapat 300’an orang yang menikmati Menu yang disajikan dari Chef Indonesia dan jatuh hati pada sop buntut. Sop Buntut akhirnya dianggap sebagai kuliner  khas indonesia yang mendunia.

Video 7 Makanan Khas Indonesia yang Mendunia