Menjadi Detektif dengan Mengunjungi Wisata di Kota Tua Lasem Rembang

Menjadi Detektif dengan Mengunjungi Wisata di Kota Tua Lasem Rembang – Banyak tempat wisata menarik di wilayah Indonesia. Namun, tidak semuanya punya sejarah panjang yang kontroversial seperti Lawang Ombo di Kota Tua Lasem. Rumah dengan arsitektur kuno ini dulu pernah menjadi gudang candu alias narkoba di Pulau Jawa. Waduh, gawat juga nih!

Rumah Lawang Ombo berada di tempat wisata Kota Tua Lasem, Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang. Rumah yang kabarnya sudah berdiri sejak era 1700-an ini dulu milik Tong Kay dan Tong Day. Dua kakak beradik ini rutin mendatangkan candu alias opium dari Cina ke Lasem.

Menjadi Detektif dengan Mengunjungi Wisata di Kota Tua Lasem Rembang

Di sini, kamu bisa mendapat banyak cerita tentang penyelundupan opium ke Pulau Jawa. Di rumah ini juga ada sebuah sumur misterius yang kabarnya menjadi jalur utama penyelundupan opium. Sumur ini tadinya berdiameter sekitar 3 meter dan memiliki sambungan langsung dengan Sungai Babagan Lasem. Di sinilah opium akan diangkut dengan sampan kecil yang berlayar di sungai.

Wih, berasa jadi detektif aja pokoknya kalau berkunjung ke rumah yang satu ini. Kamu pasti akan terheran-heran dengan cara berpikir pemilik Lawang Ombo di masa lalu untuk menyelundupkan opium. Penasaran, kan?

Kesempatan untuk mencicipi pengalaman jadi detektif dadakan di Lawang Ombo hanyalah satu dari banyak aktivitas menarik di Kota Tua Lasem. Tempat wisata ini memang beda dari yang lain. Saat berada di tempat wisata Kota Tua Lasem, kamu akan merasakan sensasi mengunjungi Tiongkok kecil di Pantai Utara Pulau Jawa.

Tempat wisata Kota Tua Lasem yang juga disebut sebagai Petit Chinois ini adalah pusat perkembangan imigran Tiongkok terbesar di Jawa pada abad ke-14 hingga abad ke-15. Kedatangan imigran ini terjadi karena adanya pelayaran dari armada Laksamana Ceng Ho ke Jawa. Laksamana besar tersebut membuka jalur perdagangan dan kebudayaan dengan Kerajaan Majapahit. Akibatnya, banyak warga dari Tiongkok yang datang ke bagian utara Pulau Jawa dan menetap di Lasem.

Tempat wisata Kota Tua Lasem adalah sebuah Kota Pusaka. Di sini banyak sejarah masa lalu yang bisa dipelajari oleh generasi masa kini. Tak hanya bangunan-bangunan khas Tiongkok, banyak pula situs purbakala yang dapat ditemukan di Lasem.

Mengunjungi tempat wisata Kota Tua Lasem membuat wisatawan seakan sedang menjelajahi masa lalu. Di kota ini, banyak patung kuno hingga kelenteng yang masih sangat terawat. Salah satu kelenteng yang sangat terkenal di kawasan tempat wisata Kota Tua Lasem adalah Kelenteng Cu An Kiong. Kelenteng yang sangat tua ini pernah digunakan sebagai lokasi syuting untuk film Ca-bau-kan. Kelenteng ini menyimpan banyak sejarah karena telag dibangun sejak abad ke-16. Kelenteng Cu An Kiong juga berlokasi di tempat yang sangat strategis, yaitu di depan Sungai Lasem.

Berkunjung ke tempat wisata Kota Tua Lasem yang terletak segaris dengan jalur Pantura – Jalan Raya Pos (Grote Postweg) ini akan membuatmu terpana dan selalu ingin kembali. Lokasi kota tua Lasem adalah di Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah.

Kalau ingin menjadi “detektif” dadakan di rumah Lawang Ombo yang dahulu menjadi markas penyelundupan opium, rumah tersebut juga berada di kawasan Kota Tua Lasem ini. Tak ada harga tiket khusus yang dipatok untuk bisa masuk ke rumah ini. Pengunjung boleh untuk menyumbang seikhlasnya sebagai tanda terima kasih kepada pemilik rumah yang memperbolehkan berkunjung. Ayo berwisata seru ke tempat wisata Kota Tua Lasem. Segera cek tiket pesawat online agar bisa terbang langsung ke Jawa Tengah. Selamat liburan, ya!

Baca juga : 5 Tempat Wisata Di Jepara Yang Menarik Dikunjungi

Menjadi Detektif dengan Mengunjungi Wisata di Kota Tua Lasem Rembang | masgala | 2017
close