Pulau Menjangan, Spot Diving Terbaik di Pulau Bali

Pulau Menjangan, Spot Diving Terbaik di Pulau Bali – Welcome to Paradise. Itulah kata yang tepat ketika anda datang ke tempat ini. Hamparan pasir dan keindahan bawah lautnya, sangatlah mempesona.  Pulau yang tak berpenghuni ini merupakan wisata terbaik bagi anda yang suka snorkeling ataupun diving. Keindahan bawah laut Pulau Menjangan adalah yang terbaik di bali. Dan menjadi 10 spot snorkeling  terbaik di dunia menurut news discovery.
Pulau Menjangan
Pulau kecil menjangan berada di kawasan Taman Nasional Bali Barat (TNBB). Jaraknya 15 kilometer dari pelabuhan gilimanuk. Lalu kita harus menyebrang dari pelabuhan Banyuwedang ke Pulau Menjangan. Jika anda berangkat dari pusat pariwisata bali, yaitu tempat wisata kuta bali. Anda membutuhkan waktu 3 jam perjalanan untuk sampai ke penyebrangan Pulau Menjangan. Dari penyebrangan menuju Pulau Menjangan butuh waktu sekitar 15 sampai 20 menit. Di pelabuhan ini, anda bisa menyewa kapal kapal turis yang tarifnya sekitar Rp 400.000 hingga Rp 600.000. 1 kapal bisa di muati 10 orang.
Pulau Menjangan
Banyak cara untuk melihat keindahan bawah laut Pulau Menjangan. Yang paling murah adalah menyewa peralatan snorkeling, harga sewa peralatan snorkeling sekitar Rp 20.000 hingga Rp 40.000. kekurangan snorkeling adalah anda hanya bisa snorkeling di sekitar pulau saja. Sedangkan keindahan Pulau Menjangan terletak di bawah lautnya, itu kenapa pulau ini dijuluki wall diving.  Yang kedua adalah anda diving. spot diving di Pulau ini tidak hanya berpacu pada satu titik tempat saja.  Spot pertama ada di Eel gardens. Spot ini adalah spot menyelam terbagus di Pulau Menjangan, letaknya berada di bagian barat Pulau ini. Anda bisa melihat keindahan Gorgonia, biota, dan tumbuhan laut di kedalaman 40 meter. Dan yang paling banyak ditemukan adalah garden eel dan sea fans.
Pulau Menjangan
Yang ke dua adalah secret bay. Spot ini bagus untuk penelitian dan pecinta fotografi. Disini terdapat biota laut yang langka dan endemic (asli Indonesia).  baru baru ini ditemukan 4 jenis anglerfish yang baru ditemukan oleh para ahli kelautan. Diantaranya adalah Spotfin anglerfish, Sargassum anglerfish, dan terutama Tono anglerfish. Tempat ini juga menjadi rumah bagi berbagai jenis kuda laut, sebut saja ,  lionfish, dragonets, nudibranch, ghostpipefish, udang laut, belut pita, dan lain sebagainya.

Jika anda  takut menyelam, tapi ingin melihat keindahan bawah laut Pulau Menjangan, anda bisa menaiki kapal selam odyssey sub marine yang bisa membawa anda berwisata ke bawah laut tanpa harus menyelam. Harga untuk naik kapal odyssey sekitar Rp 550.000 untuk dewasa dan Rp 420.000 untuk anak anak.
Pulau Menjangan
Tips ke Pulau Menjangan. Diharapkan anda menginap satu malam di pulau ini, karena pulau ini tidak berpenghuni sebaiknya anda tidak lupa membawa perbekalan dan obat obat pribadi. Serta membawa tenda jika ingin berkemah disana. Saat terbaik berkunjung ke  Pulau Menjangan adalah bulan april hingga November.
Pulau Menjangan