Rujak Soto, Kuliner Khas Banyuwangi

Selain terkenal dengan keindahan pantai dan alamnya, Banyuwangi juga mempunyai wisata kuliner. Salah satu makanan khas dari banyuwangi adalah Rujak Soto. Memang terdengar aneh karena umumnya yang kita ketahui adalah rujak ya rujak saja seperti rujak cingur atau soto ya soto saja seperti soto lamongan. Akan tetapi bagaimana kalau kedua makanan itu dicampur?
Kebanyakan orang luar banyuwangi akan membayangkan rasanya bagaimana. Ada yang bilang g enak lah, aneh lah, dll. Akan tetapi jangan berpikir begitu jika belum mencicipinya. Jika anda telah mencicipinya pasti akan ketagihan makan lagi yang namanya Rujak Soto.
Makanan yang bahan utamanya adalah lontong dan berbagai macam sayuran serta disiram denga soto daging ini mulai ada di Banyuwangisekitar tahun 1970an yang ditemukan oleh keisengan pecinta rujak. Rujak Sotosangatlah mudah ditemukan di semua penjuru Banyuwangi. Salah satu yang terkenal adalah di Pondok Rujak Soto di jalan basuki ahmad. Warung ini sangat legendaris karena sudah dikelola oleh generasi ke 3. Rujak soto di warung ini telah ada sejak 50 tahun yang lalu. Warung ini bisa menjual Rujak Soto hingga 200 porsi. Harga per porsinya sekitar 12000 rupiah hingga 15000 rupiah.

Menurut salah satu pelanggan “yang paling kental itu mungkin ini, kuah sotonya terus dicampur sama paduan rujaknya sama kacangnya itu yang membuat kuat rasanya”. Selain menjadi makanan kesukaan masyarakat banyuwangi , Rujak Soto menjadi makanan yang paling dicari bagi pelancong yang sedang berlibur di banyuwangi.
Rujak Soto, Kuliner Khas Banyuwangi | Masgala | 2017
close