Serba Serbi Buah Kurma Yang Perlu Anda Ketahui

Tak terasa bulan ramadhan telah tiba, selama satu bulan kita akan merasakan perbedaan nuansa yang berbeda dari bulan bulan lainnya. Di bulan ini, umat muslim beribadah puasa atau menahan lapar dan minum sejak imsyak atau beberapa saat sebelum subuh hingga waktu berbuka yaitu saat adzan maghrib berkumandang. Karenanya puasa identic dengan sahur, ngabuburit dan berbuka puasa.

Pada umumnya berbuka puasa dianjurkan untuk menyantap hidangan yang manis, salah satunya adalah buah kurma. Kurma atau tamr dalam bahasa arab merupakan pohon buah yang mirip seperti palem atau kelapa sawit. Sementara buahnya bertangkai seperti buah pinang. Dapat dikatakan bahwa buah kurma menjadi salah satu primadona di bulan suci ini.

Kurma sendiri memiliki beberapa jenis dan ragam bentuk, tekstur serta warna. Dan factor tersebut menyebabkan harga jual yang beragam. Disamping rasa yang manis dank has, kurma juga memiliki berbagai khasiat dan juga manfaat bagi kesehatan manusia. Berikut ini kami akan menyajikan informasi mengenai serba serbi kurma.

Jenis Jenis Kurma Populer

Kurma memiliki bermacam jenis. Menurut tingkat kematangan, kurma dibagi menjadi empat golongan tingkat kematangan yang menggunakan penyebutan bahasa arab diantaranya adalah kimri yaitu kurma yang masih muda. Lalu halal yang berarti berukuran penuh, kemudian rutab yang matang dan lembut dan tamr yaitu kurma matang yang dikeringkan dengan bantuan matahari. Dari empat tingkat kematangan tersebut ada beberapa jenis kurma yang populer. Yang pertama adalah kurma ajwa, dipasaran kurma jenis ini merupakan kurma yang memiliki nilai jual yang tinggi. Kurma ini sebagian besar tumbuh di kota madina Saudi Arabia. Kurma ajwa ini memiliki bentuk yang lebih kecil dengan warna yang juga lebih hitam. Selain itu dipercaya bahwa kurma jenis ini merupakan kurma faforit nabi Muhammad SAW.

Berikutnya adalah kurma deglet noor. Kurma dengan warna kuning keemasan tidak terlalu kering dan juga tidak terlalu manis ini merupakan varietas unggul yang sangat terkenal di Libya, Algeria, amerika dan Tunisia. Karena teksturnya yang kering dan sedikit renyah. Kurma jenis ini memiliki rasa legit dan tidak terlalu manis. Tak hanya dimakan segar, kurma ini juga cocok diolah menjadi campuran pada pudding dan kue. Kurma ini juga menjadi favorite di inggris dan amerika terutama karena kerenyahannya yang cocok untuk taburan cake. Umumnya kurma ini dipetik saat benar benar masak sehingga rasanya tetap garing dan legit. Harganya pun cukup terjangkau.

Kemudian jenis kurma amer hajj. Biasa juga disebut dengan amir haji, jenis kurma ini memiliki daging yang sangat lembut dan juga tebal. Dalam beberapa tradisi, kurma jenis ini sering dikenal dengan welcome kurma atau kurma yang dihidangkan untuk menyambut tamu.

Kurma Termahal

Berbagai jenis kurma ditawarkan untuk dijadikan menu awal berbuka puasa. Mulai dari kurma asal mekkah, madinah, iran, irak, Tunisia, mesir sampai amerika serikat. Kurma dari berbagai Negara tersebut memiliki harga yang bervariasi. Namun dikatakan yang termahal adalah kurma ajwa atau yang biasa dikenal dengan kurma nabi. Harga dari kurma ini bisa mencapai Rp 500 ribu untuk 1 KG. bahkan jika kita temui dalam pusat perbelanjaan, harga kurma ini bisa mencapai Rp 1 juta per 1KG. ciri ciri dari kurma ini adalah warnanya hitam pekat serta terdapat garis garis atau serat warna cokelat pada permukaanya. Memiliki rasa yang manis tidak terlalu legit, wujud kurma tampak kering dan tidak lembab, serta memiliki ukuran yang agak besar. Mahalnya kurma jenis ini karena memiliki berbagai keistimewaan dan khasiat. Salah satunya diyakini dapat mengobati penyakit kanker jika dikonsumsi setiap hari secara rutin hingga minimal enam bulan. dengan dicampur minyak habbatus sauda’ atau jinten hitam dan juga minyak jaitun.

Khasiat Kurma Bagi kesehatan

Seperti yang disebutkan sebelumnya, kurma baik untuk kesehatan diantaranya memiliki nutrisi lengkap untuk tulang. Buah ini mengandung sumber mineral serta selenium, magnesium, mangan serta tembaga yang merupakan nutrisi yang sangat dibutuhkan untuk kesehatan tulang serta mampu melawan pengeroposan tulang atau osteoporosis.

Kemudian, kurma juga berkhasiat menambah energy yang cepat. Biasanya setelah kita melakukan aktivitas atau pekerjaan, kita akan merasa lelah, lemah, beserta lesuh. Karena kurma mengandung kadar gula alami yang cukup tinggi yaitu glukosa, sukrosa dan fruktosa maka ia bermanfaat untuk meulihkan energy tubuh yang terkuras saat aktivitas padat.

Kurma juga berkhasiat menangkal anemia yang efektive. Buah kurma mengandung sejumlah besar zat besi. Oleh karena itu sangat baik bagi kita yang sering terkena gejala anemia ataua kurang darah. Kurma juga dapat melancarkan system pecernaan dan menyembuhkan gejala konstipasi. Sejumlah serat dan asam amino yang terkandung didalamnya bermanfaat membantu proses pencernaan lebih baik dan efisien. Sehingga mampu meringankan kerja system pencernaan seseorang.

Kurma juga berkhasiat bagi jantung, itu karena kurma banyak mengandung potassium yang berfungsi membantu seseorang terhindar dari resiko serangan stroke serta berbagai penyakit jantung lainnya.

Manfaat Kurma Untuk Kecantikan

Tak hanya bermanfaat untuk kesehatan,kurma juga memiliki berbagai menfaat untuk kecantikan. Diantaranya adalah untuk memperbaiki sel kulit yang rusak. Sel kulit rusak menjadikan penampilan kulit kita tidak segar. Kurma adalah salah satu sumber vitamin b5 yang sangat untuk sel sel kulit karena dapat memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Jadi jika menginginkan kulit yang sehat dan cantik alami tidak ada salahnya mengkonsumsi kurma secara teratur.

Kulit kita perlu beregenerasi secara rutin agar sel sel kulit mati bisa digantikan sel kulit baru yang lebih sehat. Dalam hal ini kurma berperan sebagai sumber vitamin A yang membantu menghilangkan sel sel kulit kering dan mati. Dengan rutin mengkonsumsi kurma, kulit akan senantiasa melakukan regenerasi, sehingga kita memiliki kulit yang sehat, cerah dan bercahaya.

Buah kurma juga dapat mencegah penuaan dini. Penelitian menunjukkan bahwa kurma mengandung anti oksidan tinggi yang ampuh dalam mencegah kerusakan sel tubuh karena pengaruh buruk radikan

Bebas. Tak hanya bekerja didalam tubuh, anti oksidan dalam kurma juga dapat menangkal radikal bebas yang menyerang kulit dari luar.

Kemudian, buah ini juga berkhasiat untuk menjaga kesehatan rambut. Vitamin b5 merupakan salah satu nutrisi penting bagi kesehatan rambut dan kurma merupakan sumber vitamin b5 yang baik. Kemudian jika menderita rambut rontok yang berlebihan, mengkonsumsi kurma secara teratur bisa mencegah beberapa masalah rambut seperti rambut kering, rapuh, bercabang, dan membuat rambut lebih kuat.

Serba Serbi Buah Kurma Yang Perlu Anda Ketahui | Masgala | 2017