Sumber 7 Pujon, Salah Satu Air Terjun yang Tersembunyi di Malang

Letak kabupaten malang yang berada diantara beberapa gunung membuat malang mempunyai banyak wisata air terjun. Tapi ada satu air terjun yang masih tersembunyi dan jarang orang tahu akan air terjun yang satu ini. Yakni Sumber Tujuh, terdapat 7 sumber air yang mengalir dalam satu tempat yang indah itu.

Dalam bahasa jawa air terjun berarti coban, coban Sumber Tujuh ini terletak di dusun tulungrejo, kecamatan pujon kidul, kabupaten malang. air terjun ini belum dibuka untuk umum karena letaknya yang berada di daerah perhutani. Sehingga masih belum dikenal oleh masyarakat luas, Hanya masyarakat sekitar saja yang tahu akan air terjun ini. Air Terjun Sumber Tujuh ini masih alami dan tersembunyi.

Untuk menuju ke pujon kidul, pengunjung dapat menempuhnya dengan kendaraan pribadi maupun transportasi umum. jika anda naik kendaraan pribadi dari malang anda menuju kea rah batu kemudian langsung menuju arah pujon. Jika menggunakan transportasi umum, dari terminal landung sari anda naik angkut yang ada tulisan BNK ( Batu – Ngantang – Kesembon). Angkutan kota malang menggunakan singkatan nama sebagai jurusannya. Setelah pertigaan patung sapi, lalu turun di pertigaan ojekan ringin punden. Dari sini nanti pengunjung naik ojek ke pujon kidul.

Perjalanan tidak selesai begitu saja ketika anda sudah tiba di pujon kidul. Disinilah perjalanan yang ekstrem baru dimulai. Letaknya yang berada di hutan belantara membuat kondisi jalan ke lokasi cukup sulit. Pengunjung harus menempuh jarak 7 KM dari pemukiman terdekat untuk mencapai lokasi. Wisata air Sumber Tujuh sangat cocok bagi pecinta alam atau pecinta off road. Medan yang ekstrem tidak hanya pada jalur yang dilewati oleh kendaraan roda dua, jalur jalan kaki pun sangat berat. Pengunjung harus melewati beberapa perbukitan , menembus hutan pinus, hutan belantara, hingga padang rumput yang mempunyai jurang cukup curam.

Setelah melewati jalur off road yang cukup ekstrem, kendaraan bisa dititipkan ke ladang masyarakat setempat. Karena setelah ini perjalanan hanya bisa dilewati dengan jalan kaki. Cari jalan yang kontur tanahnya menanjak, tepatnya pada sebelah kiri jalan. Dari sini pengunjung haris mendaki sepanjang 3 KM. setelah mendaki, pengunjung akan melewati jalan yang sempit. Dalam perjalanan ini pengunjung harus selalu berhati hati karena kondisi jalan yang licin dan menurun. Disini juga terdapat tanaman berduri yang bisa melukai kulit pengunjung.

Tanda jika anda sudah dekat dengan Air Terjun Sumber Tujuh adalah anda sudah melewati coban papat, begitulah warga sekitar menyebutnya. Tinggal naik sedikit lagi maka pengunjung akan sampai ke wisata Air Terjun Sumber Tujuh. Perjuangan anda akan terbayar setelah melihat indahnya ciptaan tuhan ini.

Sumber 7 Pujon, Salah Satu Air Terjun yang Tersembunyi di Malang | Masgala | 2017