Tiga Sungai Amazon di Indonesia

Anda pernah melihat sungai Amazon di Brazil yang panjang, berliku, berwarna cokelat dan disisi sampingnya terdapat hutan yang lebat? Indonesia juga mempunyai sungai seperti itu yaitu ada 3 sungai amazon di Indonesia. Indonesia mempunyai tiga yaitu sungai Ajikwa di Timika Papua, sungai kere di Banyuwangi dan yang terakhir sungai Oya di Bantul Jogjakarta. Ketiga sungai tersebut memiliki ciri ciri seperti sungai Amazon di Brazil.

Berikut Ulasan 3 Sungai Amazon di Indonesia

1. Sungai Ajikwa Timika di Papua
sungai Ajikwa di Timika Papua mirip dengan sungai amazon di Indonesia

Jika anda ke Timika menggunakan pesawat terbang anda akan melihat sungai Ajikwa dengan jelas. Pemandangan sungai Ajikwa dari atas sangat indah . Sungainya yang panjang dan berliku mengingatkan kita kepada sungai Amazon di brazil. Selain panjang dan berliku, sungainya juga lebar. Warna cokelat yang ditimbulkan karena sisa pembuangan tambang yang berupa lumpur.

2. Sungai Kere di Banyuwangi
Sungai kere Banyuwangi mirip sungai amazon di Indonesia

Sungai Kere yang terletak di kawasan blok Bedul sisi barat taman nasional Baluran Banyuwangi ini juga memiliki kesamaan dengan sungai Amazon. Samping kanan dan kiri sungai Kere adalah pohon mangrove, sungainya juga berwarna cokelat, dan yang membuat beda adalah lebar sungai yang semakin menyempit ke muara.

Baca juga : Asyiknya Arung Jeram di Sungai Bedeng Banyuwangi

pengunjung bisa menyusuri sungai kere menggunakan perahu nelayan yang dinamakan gondang gandung. Perahu ini cukup unik karena terdiri dari dua perahu biasa yang digabung dan diatasnya di beri tempat duduk penumpang. Perahu gondang gandung berkapasitas 10-15 orang. Harga sewanya sekitar Rp 200 ribu.

3. Sungai Oya  di Yogyakarta
Sungai Oya Yogyakarta mirip sungai amazon di Indonesia

Objek wisata yang terletak di kecamatan Dlingo, kabupaten Bantul, Yogyakarta ini memiliki keindahan alam yang mengagumkan. Lembah sungai oya yang memiliki ketinggian 200 meter dari permukaan tanah ini sangat eksotis. Dan jarak dari kota Yogyakarta sekitar 35 KM.

Di Lembah Ini anda bisa melihat sungai oya yang berliuk liuk seperti sungai amazon. Selain itu anda bisa melihat cahaya sunset dengan tenang dan nyaman. Jika cuaca cerah anda juga bisa melihat keindahan pantai selatan dari sini. Untuk bisa masuk ke lembah sungai oya, pengunjung terlebih dahulu melewati kebun buah mangunan yang dikenakan biaya Rp 5 ribu. Harga tersebut terlalu murah untuk wisata yang menyuguhkan banyak keindahan alam.

Baca juga : 3 Tempat Wisata Indonesia yang Harus di Waspadai

Demikian ulasan tentang 3 sungai Amazon di Indonesia. D Indonesia memiliki banyak sungai yang panjang dan lebar dan paling terkenal adalah sungai bengawan solo yang sampai ada lagunya karena saking terkenalnya.