Tarian Indonesia yang Mendunia

Indonesia adalah negara yang kaya akan seni dan budaya. ini dikarenakan banyaknya suku yang ada di Indonesia. Hampir 1500 suku tinggal di negeri dengan populasi terbesar ke 4 di dunia ini. suku suku tersebut memiliki seni dan budaya yang berbeda beda berdasarkan daerahnya masing masing. Namun, dari banyaknya kesenian tersebut, kesenian tari adalah yang banyak disukai oleh sebagian orang Indonesia maupun mancanegara. Banyak orang yang kagum akan tarian Indonesia yang memiki keunikan dan gaya yang khas. Dari banyaknya seni tari di Indonesia ada tarian Indonesia yang mendunia dan terkenal.

Berikut ini tarian Indonesia yang Mendunia

1. Tari Jaipong

tari-jaipong-tarian indonesia yang mendunia

Jaipongan adalah tari yang terlahir dari kreativitas seniman asal Bandung yang bernama Gugum Gumbira, ia terinspirasi dari kesenian rakyat yang salah satunya adalah kethuk tilu. Kethuk tilu menjadikannya mengetahui dan mengenal betul pola-pola gerak tari tradisional yang ada pada kliningan atau bajidoran. Sehingga dia dapat mengembangkan tarian atau kesenian yang kini dikenal dengan nama Jaipongan.

Di Subang, jaipongan gaya kaleran memiliki ciri khas yakni keceriaan, erotis, humoris, semangat, spontanitas, dan kesederhanaan. Hal itu tercermin dari pola penyajian tari pada pertunjukannya. Ada yang diberi pola atau ibing seperti pada seni jaipongan yang ada di bandung, ada pula tarian yang tidak dipola atau ibing saka.

Tari jaipongan pada saat ini bisa disebut sebagai salah satu tarian khas Jawa Barat. Tarian ini terlihat pada acara‚Äďacara penting kedatangan tamu tamu dari negara asing yang datang ke Jawa Barat. Meski tarian ini tergolong dalam golongan tarian yang masih berusia muda, tapi tarian ini sudah dapat menjadi tarian resmi Jawa Barat.

Jaipong sudah dikenal di mancanegara sebagai tarian pergaulan. Gerakannya yang lincah dan atraktif membuat tarian ini banyak disukai. Inilah yang harus kita teruskan lagi dari kesenian yang ada di Indonesia. jangan sampai kita melupakan seni yang ada di Negara kita hanya karena adanya pengaruh budaya asing. Tari Jaipong ini menjadi salah satu tarian Indonesia yang mendunia.

2. Tari Saman

Tari Saman tarian indonesia yang mendunia

Salah satu tarian Indonesia yang mendunia adalah Tari Saman dari Nangroh Aceh Darussalam. Aceh juga memiliki banyak tarian yang terkenal hingga mancanegara. Tari Saman termasuk dalam kategori seni tari yang sangat menarik. Keunikan tari saman terletak pada kekompakan gerakannya yang sangat menakjubkan. Para penari Saman dapat bergerak serentak mengikuti irama musik yang harmonis. Gerakan gerakan teratur itu seolah digerakkan satu tubuh terus menari dengan kompak mengikuti dendang lagu yang dinamis. Tak salah lagi jika tari Saman banyak memikat hati para seni tari. Tidak hanya di Indonesia tapi juga dari mancanegara.

Tari Saman dapat digolongkan dalam kategori tari pertunjukan karena penampilan tari tidak terikat dengan waktu, peristiwa, atau acara tertentu. Tari Saman dapat ditampilkan pada setiap kesempatan. Tari saman termasuk salah satu tarian yang cukup unik. Karena hanya menampilkan gerak tepuk tangan dan gerakan gerakan lainnya seperti gerak kireb, jinggang dan surang saring. Selain itu ada dua baris orang yang menyanyi sambil bertepuk tangan dan semua penari saman harus menari dengan harmonis.

Dalam tari saman biasanya temponya makin lama makin cepat, supaya tarian menjadi lebih menarik. para Penari yang mendarikan tari Saman membutuhkan konsentrasi yang tinggi, karena salah sedikit saja dari salah satu peserta tari Saman ini, bisa berakibat fatal terhadap keharmonisan gerakan dari tangan ataupun tubuh penari lain.

3. Tari Kecak

Tari-Kecak-Bali tarian indonesia yang mendunia

Lain lagi dengan tarian yang berasal dari Bali, yaitu tari Kecak. Tari kecak yang sering kita saksikan adalah tari kecak yang telah dikembangkan oleh salah satu seniman bernama Wayan Limbag. Bekerjasama dengan pelukis asal Jerman, Wayan Limbag menciptakan tari Kecak berdasarkan tradisi sang Hyang dan bagian-bagian cerita Ramayana. Wayan Limbag mempopulerkan tarian ini saat berkeliling dunia bersama rombongan penari Balinya. Salah satu tempat di Bali yang masih mempertunjukkan tarian ini adalah Pura luhur Uluwatu.

Tarian Kecak biasanya dimainkan oleh sejumlah penari yang umumnya pria yang berjumlah antara 50 sampai 150 orang dengan durasi antara 45 hingga 60 menit. Tari kecak umumnya mengeksposisikan instrument vokal pada penarinya dengan bunyi cak cak cak sambil mengangkat kedua tangan untuk mengiringi cerita epic Ramayana yang menjadi cerita utama dalam tarian Kecak ini. Penggalan epic Ramayana yang menjadi sumber cerita adalah kisah penculikan dewi Shinta oleh raja Rahwana dari negeri Alengka. Dalam tarian ini digambarkan bagaimana sang Rama berjuang membebaskan istrinya itu, yaitu dewi Shinta yang diculik oleh Rahwana.

Selain mementaskan kisah tentang Ramayana. Tari kecak juga menampilkan tari sang Hyang Widodari dan tari sang Hyang Jaran sebagai penutup pertunjukan. Keunikan dari tari Kecak ini adalah tarian yang tidak mengandalkan instrument alat musik untuk mengiringi tarian, melainkan paduan suara para penarinya. Irama bunyi cak cak cak ditata sedemikian rupa sehingga menghasilkan paduan suara yang indah dan khas. Tari kecak ini sudah menjadi tarian Indonesia yang mendunia karena sering diperagakan di negara-negara di dunia.

4. Reog Ponorogo

tari-Reog-Ponorogo-tarian-tradisional-jawa-timur

Reog merupakan kesenian asli Indonesia warisan leluhur dan nenek moyang Indonesia yang berasal dari Ponorogo Jawa Timur. Kesenian Reog Ponorogo sampai sekarang masih aktif dan dikenal oleh seluruh rakyat Indonesia, bahkan wisatawan mancanegara. Reog Ponorogo yang kita kenal identik dengan kekuatan dunia hitam serta dunia mistis ketimuran dan kekuatan supranatural.

Salah satu pertunjukan yang ada pada reog yakni mempertontonkan keperkasaan pembarong dalam mengangkat dadak merak seberat 50 KG yang digigit sepanjang pertunjukan berlangsung. Tidak hanya itu, seni Reog Ponorogo diiringi oleh beberapa gamelan seperti kempul, ketipung, angklung dan lain sebagainya.

Didalam Reog Ponorogo juga ada warok tua, sejumlah warok muda, pembarong dan prabu klono Suwandono. Jumlah anggota Reog Ponorogo sekitar 20 hingga 30-an orang. Sedangkan peran utama ada di warok dan pembarongnya.

Reog Ponorogo terdiri dari beberapa rangkaian. 2 hingga 3 tarian pembukaan. Tarian pertama biasanya dibawakan 6 hingga 8 pria berani dengan pakaian serba hitam dengan muka dipoles warna merah. Para menari ini menggambarkan sesosol singa yang berani.

Berikutnya adalah tarian yang dibawakan 6 hingga 8 gadis yang menaiki kuda. Pada reog tradisional penari ini biasanya diperankan oleh laki laki yang berpakaian wanita. Tarian ini dinamakan tari jaran Kepang. Setelah tarian pembukaan selesai barulah ditampilkan adegan inti yang isinya bergantung kondisi dimana tari Reog Ponorogo ditampilkan.

Adegan terakhir adalah singo Barong. Dimana pelaku memakai topeng berbentuk kepala singa dan mahkota yang terbuat dari bulu merak dengan berat mencapai 50 hingga 60 KG. topeng yang berat ini dibawakan oleh penarinya dengan menggigit. Reog Ponorogo ini sering dijadikan pertunjukan dalam event kenegaraan. Bahkan Ponorogo telah menggelar beberapa festival reog yang menarik banyak wisatawan.

Baca juga : 7 Makanan Khas Indonesia yang Mendunia

Itulah beberapa tarian Indonesia yang mendunia dan sering mendapatkan undangan di ajang festival Nasional maupun Internasioanl. Tarian Indonesia ini menjadi kekayaan Indonesia yang bisa dibanggakan di luar negeri sekaligus memperkenalkan keindahan budaya dan kesenian Indonesia. Diharapkan melalui tarian sebagai kesenian kekayaan asli indonesia bisa meningkatkan keinginan orang asing untuk berkunjung ke Indonesia untuk lebih mengenal budaya sekaligus wisata di Indonesia.