7 Tempat Wisata di Banyuwangi yang Wajib Anda Kunjungi

Banyuwangi telah berevolusi dari kota santet menjadi kota tourism dengan sebutan barunya “The Sunrise of Java”. Nama tersebut diperoleh karena banyuwangi terletak di ujung timur pulau Jawa dan yang merasakan pertama kali sunrise di pulau jawa. Selain itu, Banyuwangi kota yang indah untuk melihat sunrise, hampir di setiap pantai di Banyuwangi bisa untuk melihat cahaya matahari pagi. Selain terkenal dengan pantainya Banyuwangi juga memiliki gunung, hutan, goa, air terjun dan tempat-tempat menarik lainnya. Banyak lokasi wisata di banyuwangi yang wajib Anda kunjungi ketika berkunjung ke Banyuwangi. Seperti yang dikatakan di lagu Umbul Umbul Blambangan.

Banyuwangi. . . .
Kulon gunung wetan segoro
Lor lan kidul alas angker keliwat liwat
Belambangan–Belambangan

Lagu tersebut menggambarkan letak Banyuwangi yang penuh dengan alam.  Berikut ini beberapa keindahan keindahan Banyuwangi yang telah terkenal dan wajib Anda datangi jika ke Banyuwangi.

Berikut tempat wisata di Banyuwangi yang wajib Anda kunjungi

1. Kawah ijen

Kawah Ijen wisata di banyuwangi yang wajib Anda kunjungi

Kawah ijen merupakan salah satu wisata alam banyuwangi yang telah mendunia. Dikarenakan keunikan dari gunung ini yang ada bluefire. Bluefire ini hanya ada dua di dunia, Salah satunya ya di banyuwangi. Selain keindahan bluefire, keindahan kawahnya juga sangat mempesona. Di kawah ijen telah diselenggarakan dua event, yaitu Tour D Kawah Ijen dan ijen jazz festival.

2. Pulau Merah

Pulau merah banyuwngi yang Eksotis

Pantai ini sudah menjadi icon baru kota gandrung. Pasirnya yang putih, ombak yang besar, dan pulau kecil yang berada di bibir pantai membuat pantai yang satu ini ramai akan pengunjung. Pulau Merah juga ada dua event yang diselenggarakan oleh kabupaten Banyuwangi. Yaitu, internasional surfing dan Tour de Kawah Ijen.

3. Green Bay

Green bay Banyuwangi yang Indah

Kehijauan air lautnya dan keasrian alamnya membuat pantai ini ramai akan pengunjung. Pengunjung pun rela jauh-jauh datang ke teluk hijau melewati jalan yang rusak, dan jalan kaki di jalanan yang naik turun. Untuk bisa merasakan suasana di pantai ini. Di teluk hijau juga ada air terjun yang memudahkan pengunjung untuk membilas badan setelah berenang di pantai. Teluk hijau atau Green bay dengan pantai yang masih alami dan indah merupakan tempat wisata di Banyuwangi yang wajib Anda kunjungi.

4. Taman Nasional Baluran

Baluran banyuwangi

Berada di perbatasan antara Banyuwangi dan Situbondo. Taman nasional Baluran yang dikenal dengan sebutan afrika van java ini, menjadi tempat wisata pertama yang harus dikunjungi ketika datang lewat dari Situbondo ataupun wisata yang terakhir kali jika keluar Banyuwangi. Cuacanya yang panas dan hamparan rumput kuning yang luas membuat baluran disamakan dengan afrika. Selain itu banyak fauna yang ada disana. Yang paling bersahabat dan sering dijumpai adalah monyet. Begitu banyak monyet yang ada disini dan mau berbaur dengan manusia.

5. Pulau Tabuhan

Pulau tabuhan banyuwangi

Ingin snorkeling di Banyuwangi? Silahkan berkunjung ke pulau Tabuhan, pulau yang satu inilah tempat yang cocok untuk snorkling. Berada di tengah selat Bali membuat pengunjung yang ingin kesana harus menyebrang menggunakan perahu. Pulau yang satu ini mempunyai ribuan biota laut yang mempesona. Selain itu juga terdapat burung burung yang berterbangan di atas pulau ini. Tahun lalu Pulau ini pernah dijadakan lomba kitsurfing yang di ikuti oleh  banyak turis.

6. G-Land

G-Land Banyuwangi

Terkenal dengan ombaknya yang besar. Pantai G-land atau pelengkung diburu oleh peselancar nasional maupun dunia. Pantai yang terletak di taman nasional alas Purwo ini masih sepi akan pengunjung. Akses jalan yang rusak membuat pengunjung malas mengunjunginya. Hanya traveller sejati yang berani kesana.

7. Wedi Ireng

Wedi Ireng Banyuwangi

Pantai yang searah dengan pulau Merah ini masih terbilang baru dan kurang akrab ditelinga. Tertutupi oleh wisata pulau merah yang telah terkenal membuat pantai yang satu ini kalah saing. Akan tetapi, akhir-akhir ini pantai wedi Ireng mulau booming di social media. Banyak masyarakat Banyuwangi yang ingin mengunjungi pantai yang satu ini.

Baca juga : 25 Info Wisata Lengkap di Banyuwangi

Itulah beberapa wisata di Banyuwangi yang wajib Anda kunjungi jika berkunjung ke Banyuwangi. Dan masih banyak lagi wisata-wisata alam di Banyuwangi yang akan memanjakan liburan Anda ketika berwisata ke Banyuwangi.