Tempat Wisata di Jepara

Tempat Wisata di JeparaKota Jepara merupakan tempat kelahiran pahlawan nasional Indonesia, siapa lagi kalau bukan R.A Kartini yang telah berjasa dengan ide dan gagasan emansipasi wanita Indonesia melalui surat R.A Kartini yang menginspirasi keadaan dan kedudukan perempuan pada masa itu. Dimana akhirnya kutipan surat-surat Kartini yang disusun kembali dan terkenal dengan “Habislah Gelap Terbitlah Terang”. Karena itulah, Kabupaten Jepara menjadi terkenal.

Bukan hanya itu saja, Jepara juga kaya akan hasil kerajinan ukiran kayu yang termasuk pusat furniture bagi Indonesia. Namun, masih ada satu lagi yang membuat daya tarik dari Jepara ini, yakni adanya beberapa objek atau tempat wisata di Jepara yang eksotis dan layak untuk dikunjungi.

Wilayah geografis Jepara yang berada di sebelah utara dan  berbatasan langsung dengan Laut Jawa, sehingga membuat keadaan alam yang dimiliki merupakan tempat wisata pantai yang indah. Salah satu objek wisata pantai yang menakjubkan akan keindahan baharinya hingga ke berbagai wilayah Indonesia bahkan mancanegara yaitu Kepulauan Karimun Jawa. Bagi anda yang belum pernah berkunjung ke kota Jepara, berikut beberapa  tempat wisata di Jepara yang menarik untuk dikunjungi.

Berikut Tempat Wisata di Jepara yang Menarik

1. Air Terjun Songgolangit
Air Terjun Songgolangit 5 Tempat Wisata Di Jepara Yang Menarik Dikunjungi

Air Terjun Songgolangit, namanya cukup unik bukan? Dari nama air terjun tersebut konon karena apabila akan dilihat dari bawah, maka air terjun tampak seolah sedang menyangga langit. Hal ini mungkin terbukti dari ketinggian air terjun sekitar 80 m dan 2 m lebarnya.  Wisata ini menyajikan pengalaman bagi wisatawan yang menikmati keindahan air menyejukan, sehingga akan terasa begitu nyaman. Anda dapat mengunjungi lokasi air terjun yang berlokasi di Desa Bucu, Kecamatan Kembang.

Jika ditempuh dari pusat kota Jepara sejauh 30 km ke arah utara. Air terjun Songgolangit menjadi salah satu destinasi tempat wisata di Jepara yang selalu ramai pengunjung, terutama kaum muda-mudi yang ingin menjelajah dengan jalan kaki menuju lokasi air terjun. Dan akhirnya terbayar semua capek dan lelah dengan melihat keindahan pemandangan di sekitar air terjun Songgolangit sekaligus mandi dengan guyuran air yang dingin.

2. Pulau Panjang
Pulau Panjang 5 Tempat Wisata Di Jepara Yang Menarik Dikunjungi

Salah satu tempat wisata di Jepara yang paling favorit bagi wisatawan yaitu Pulau Panjang. Di Pulau Panjang terdapat beberapa fasilitas berupa kegiatan air seperti kano, berenang dan snorkeling dengan air yang begitu jernih. Namun, anda harus membayar untuk tiket wisata perahu untuk mengantarkan anda dari  Pantai Kartini ke Pulau Panjang. Suatu pulau dengan laut dangkal di sekitarnya, lantas terumbu karang dan mulusnya pasir putih, membuat anda betah berlama-lama di pantai. Hal lain dari adanya Pulau Panjang yakni luasnya sekitar 19 Ha.

3. Karimun Jawa
Karimun Jawa 5 Tempat Wisata Di Jepara Yang Menarik Dikunjungi

Siapa yang tidak mengenal tempat wisata ini? Ya, salah satu objek yang terkenal dengan keindahan alam, terutama pesonanya bawah laut hingga ke mancanegara. Terdapat berbagai kegiatan air yang ditawarkan untuk dinikmati di Karimun Jawa seperti memancing, menyelam, snorkeling, dan mengarungi eksotisnya laut yang jernih. Lokasi wisata ini termasuk Taman Nasional yang berfungsi sebagai cagar alam laut yang dilindungi dengan tipe ekosistem hutan hujan daratan. Di sinilah Anda akan melihat surga bawah laut yang menakjubkan. Karimujawa menjadi salah satu destinasi wisata Jepara yang menakjubkan. Karimunjawa merupakan pulau ditengah laut Jawa yang ditempuh dari dermaga Jepara.

4. Pantai Kartini
Pantai Kartini 5 Tempat Wisata Di Jepara Yang Menarik Dikunjungi

Tempat wisata di Jepara selanjutnya adalah Pantai Kartini. Pantai Kartini yang diambil dari nama pahlawan nasional Indonesia ibu kita Kartini untuk mengenang jasanya. Pantai Kartini sangat cocok untuk berwisata keluarga. Pantai Kartini berada diantara obyek wisata Karimunjawa dan Pantai Panjang. Ada banyak wahana permainan yang disajikan seperti mandi bola, perahu arus, aquarium kura-kura serta dermaga yang  dapat ditemukan dan dinikmati di pantai Jepara tersebut.

5. Benteng Portugis
Benteng Portugis 5 Tempat Wisata Di Jepara Yang Menarik Dikunjungi

Wisata Jepara selanjutnya adalah peninggalan jaman penjajahan yaitu benteng Portugis. Benteng Portugis adalah cagar budaya yang dilindungi sampai sekarang. Beberapa  panorama alam yang dimiliki sangat mempesona, kemudian anda akan disuguhkan hamparan batuan sedimen, perbukitan dan keindahan pantai yang sangat indah. Benteng Portugis ini didirikan di atas bukit batu yang terletak pada pinggir laut dan bagian utara benteng tepatnya berhadapan dengan Pulau Mondoliko, sehingga membuat pemandangan semakin mengagumkan.

Baca juga : Tempat Wisata di Cikarang yang Menarik untuk Dikunjungi

Bagaimana? Apakah sudah tertarik untuk mengunjungi tempat wisata di Jepara yang menarik dikunjungi? Silahkan ajak keluarga, teman atau rekan anda ke sini. Selamat berlibur, semoga harimu menyenangkan.