Tempat Wisata Unik di Semarang

Tempat wisata unik di Semarang yang terkenal – Kota Semarang sebagai ibukota Jawa Tengah mempunyai tempat wisata di Semarang yang terkenal dari jaman dulu sampai jaman sekarang. Kata Semarang yang berasal dari bahasa jawa “Asem Arang”, yang berasal dari dua kata asem dan arang. Asem yang artinya pohon asem (asam jawa) dan arang adalah jarang. Jadi nama Semarang berasal dari kata pohon asem yang jarang. Dimana pada waktu jaman dulu jarang ditemui pohon asem di Semarang.

Kota Semarang telah masuk dalam kategori dan daftar 5 besar kota metropolitan yang berada di Indonesia. Dalam sejarah kota Semarang pernah jatuh dalam kekuasaan VOC pada tahun 1705 ini sangat kental dengan budaya kolonial Belanda. Nuansa Kolonial Belanda mudah sekali ditemukan di kota Semarang khususnya di kota tua Semarang yang berada di sekitar Stasiun Tawang yang menjadi titik nol kota Semarang. Dengan begitu masih banyak tempat dan lokasi yang masih unik dan kuno yang bisa ditemukan di sekitar Semarang.

Walau begitu di Semarang sudah banyak bermunculan gedung-gedung modern yang tinggi menjulang sebagai tanda perkembangan pembangunan modern yang ada di kota Semarang ini. Munurut catatan yang ada, di Semarang terkenal dengan pengguna internet terbanyak di Jawa Tengah. Di tengah kemajuan jaman ini di kota Semarang masih bisa menarik para wisatawan dengan daya tarik tradisi dan budaya di Semarang dengan berbagai tempat wisata unik di Semarang.

Berikut 7 Tempat Wisata Unik di Semarang yang Terkenal

1. Tanjung Mas Semarang

Pelabuhan-tanjung-mas-Semarang-menjadi-destinasi

Sebagai pelabuhan di Semarang yang sudah terkenal dari jaman dulu dan menjadi pusat perdagangan laut dari jaman dulu sampai sekarang adalah pelabuhan Tanjung Mas. Di sekitar pelabuhan Tanjung Mas ini terdapat banyak bangunan-bangunan kuno peninggalan kolonial Belanda yang masih tetap kokoh berdiri sampai saat ini. Bangunan-bangunan ini menjadi lokasi tempat wisata di Semarang yang sering digunakan sebagai area photo-photo, salah satunya sebagai tempat pre-wedding yang sangat klasik, unik dan bernuansa kuno.

Pabrik kretek perahu layar destinasi wisata unik di Semarang

Salah satu bangunan yang ada di sekitar Tanjung mas adalah bagunan bekas pabrik rokok kretek. Pabrik rokok kretek ini dulunya adakah pabrik terbesar yang ada di Indonesia. Pabrik rokok kretek itu adalah pabrik rokok Praoe Lajar. Selain pabrik kretek ini ada juga lokasi atau tempat menjual barang-barang antik. Barang-barang antik yang dijual disini diantaranya sepeda ontel dari jaman kolonial Belanda yang banyak dicari oleh kolektor-kolektor barang antik. Ada juga seksofon antik yang sudah sangat sulit dicari dimana-mana. Tempat ini menjadi destinasi wisata bagi para pemburu barang antik yang sedang berlibur atau berkunjung ke Semarang. Tanjung Mas menjadi salah satu tempat wisata unik di Semarang.

2. Lawang Sewu Semarang

Lawang sewu Semarang sebagai 25 tempat wisata di Semarang yang wajib dikunjungi

Siapa yang tidak kenal Lawang Sewu yang berada di pusat kota Semarang. Lokasinya bersebelahan dengan icon kota Semarang yaitu Tugu Muda Semarang. Lawang Sewu terkenal sebagai bangunan bekas kantor perusahaan kereta api. Hanya sekarang terbengkalai karena masih berbau mistis yang banyak beredar di warga sebagai salah satu tempat angker di kota Semarang.

Dari dulu sudah mau dipugar oleh pemkot Semarang, tapi sampai sekarang masih belum terealisasi karena adanya cerita-cerita mistis yang menyelimuti Lawang Sewu. Apalagi semenjak ada acara siaran langsung di Lawang Sewu yaitu “Uji Nyali”. Pada acara langsung ini menampilkan peserta yang di uji nyalinya dengan berada di salah satu ruangan yang ada di Lawang Sewu pada malam hari hanya disinari dengan sinar lilin. Dalam acara ini tampak jelas sekali penampakan sosok mahluk halus yang benar-benar tertangkap kamera. Dan pada acara ini peserta gagal menyelesaikan uji nyalinya karena telah melihat sosok mahluk halus tersebut. Dan konon berdasarkan informasi yang beredar, peserta uji nyali ini telah jatuh sakit setelah acara tersebut dan sampai meninggal dunia. Cerita ini semakin menambah daftar keangkeran Lawang Sewu bagi warga kota Semarang.

Lawang sewu Semarang sebagai Tempat Wisata di Semarang

Walau demikian nama Lawang Sewu tetap menjadi salah satu destinasi wisata di Semarang yang dari jaman dulu sampai sekarang masih terkenal. Hampir tiap liburan banyak pengunjung yang datang ke Lawang Sewu untuk melihat langsung kondisi lokasi dan seluk beluk Lawang Sewu. Banyak juga yang berphoto-photo di sekitar Lawang Sewu yang sekaligus mengunjungi Tugu Muda Semarang. Lawang Sewu sudah menjadi salah satu tempat wisata menarik di Semarang.

3. Kampung Pelangi sebagai Tempat wisata unik di Semarang

Kampung pelangi Semarang sebagai tempat wisata unik di semarang

Di Semarang ada kampung yang terkenal dan menjadi destinasi wisata hits yang menjadi salah satu alternatif bagi wisatawan yang datang ke Semarang. Kampung itu adalah kampung Pelangi. Kenapa disebut kampung Pelangi…? Disebut kampung pelangi karena di kampung tersebut dicat warna warni pada tembok rumah dan atap rumahnya juga jalan dan semua pernak-pernik yang ada dikampung tersebut. Jadi sangat kontras dan menjadi kampung yang menarik untuk mengambil photo atau selfie dengan latar belakang kampung pelangi ini.

Kampung Pelangi di Semarang ini dulunya kampung kumuh yang ada di kota Semarang. Nama kampung ini dulunya adalah kampung Brintik yang warganya hidup dengan perekonomian dibawah garis ekonomi rata-rata. Hanya semenjak kampung ini menjadi projek kampung pelangi yang didanai sekitar 3 miliar untuk proses perombakan dari kampung kumuh menjadi kampung warna-warni, maka lambat laun perekonomian warganya menjadi lebih baik. Karena semakin banyak wisatawan yang berkunjung ke Semarang dan ke kampung pelangi ini yang secara otomatis bisa membuka banyak peluang usaha bagi warganya.

Kampung Pelangi pernah masuk dalam ulasan media internasional yaitu The independent, Vogue dan CNBC. Semenjak diulas di media lokal, nasional maupun internasional tersebut nama kampung Pelangi di Semarang menjadi salah satu destinasi wisata di Semarang yang terkenal dan banyak pengunjungnya. Akan ada aura khusus kalau selfie atau berphoto dengan latar belakang kampung Pelangi yang penuh dengan warna warni yang indah. Banyak warga Semarang yang menganggap bahwa Kampung Pelangi menjadi tempat wisata unik di Semarang.

4. Kampung Batik di Kota Semarang

Kampung Batik Semarang sebagai tempat wisata unik di semarang

Kota Semarang sebagai salah satu 5 kota besar di indonesia yang mempunyai salah satu kesenian batik. Hal ini dibuktikan dengan adanya kampung Batik yang ada di Semarang. Batik dari Semarang sering disebut sebagai Batik Semarangan atau Batik dari Semarang.

Kampung Batik di Semarang konon sebenarnya sudah ada sejak tahun 1940’an alias jaman kolonial Belanda. Hanya menurut pada waktu itu kampung tersebut sempat terbakar dan rata dengan tanah. Akhirnya pada tahun 1970’an Kampung Batik di Semarang ini dihidupkan kembali dan akhirnya pelan-pelan semakin menggeliat dan berkembang.

Kampung Batik ini banyak dihiasi corak-corak Batik di tembok-tembok jalan atau lorong-lorong di perkampungan tersebut. Banyak wisatawan atau pelancong yang berkunjung ke Kampung batik ini dapat membeli kain batik yang murah dan berkualitas. Selain itu para wisatawan juga bisa membatik sendiri dengan mengikuti kelas singkat membuat Batik yang disediakan di kampung batik tersebut. Hal ini sangat menarik bagi wisatwan untuk mencoba sendiri melukis corak batik pada kain yang disediakan. Kampung Batik menjadi destinasi tempat wisata unik di Semarang.

5. Pasar Semawis di Semarang

Pasar Semawis tempat wisata unik di semarang

Bagi warga Semarang sudah tidak aneh lagi ketika mendengar nama pasar Semawis. Pasar ini merupakan pasar malam yang terkenal di Semarang. Pasar ini menjadi destinasi wisata kuliner di Semarang dengan adanya berbagai masakan nusantara, Eropa dan oriental. Pasar Semawis ini hanya dibuka ketika mendekati hari raya Imlek, jadi sangat ramai pengunjung karena dibuka ketika liburan Imlek.

Di pasar Semawis ini dijual berbagai masakan khas Semarang dan sekitarnya yang sangat diburu para wisatwan dari Semarang ataupun pelancong dari luar Semarang. Dari Pindang, Lumpia, Tahu Gimbal, Gongso, nasi Gandhul, peyek dan masih banyak lagi makanan khas Semarang yang ada di pasar ini.

6. Simpang Lima Semarang

Simpang Lima Semarang tempat wisata unik

Simpang lima Semarang adalah alun-alunnya kota Semarang yang menjadi salah satu icon kota Semarang atau Public Space warga Semarang ketika weekend. Di sekitar simpang Lima tersebut terdapat bangunan-bangunan favorit warga Semarang yang mau belanja atau memborong di mall-mall. Banyak mall dan pusat perbelanjaan yang ada di sekitar Simpang lima, tetapi selain mall ada juga bangunan hotel-hotel bintang 5 yang berdiri di sekitar simpang lima.

Selain mall dan hotel ada juga bangunan masjid agung kota Semarang yaitu masjid Baiturrahman yang menjadi icon masjidnya orang Semarang. Banyak kegiatan rutin yang dilakukan di masjid Baiturrahman ini. Di sekitar simpang 5 ada juga salah satu bangunan Sekolah Teknologi Menengah atau Sekolah kejuruan yang paling terkenal di Semarang bahkan di Indonesia yaitu SMK 7 Semarang yang dulunya terkenal dengan nama STM Pembangunan Semarang. Sekolah ini sering disebut juga sebagai sekolah simpang lima karena hanya Sekolah ini yang berada di sekitar Simpang lima Semarang.

Pada hari minggu kawasan simpang lim menjadi kawasan yang bebas kendaraan atau mobil. Kawasan ini dijadikan sebagai alun-alun tempat berkumpulnya para pedagang dan warga semarang untuk menikmati liburan bersama keluarga dengan jalan-jalan santai keliling simpang lima atau bersepatu roda, bersepeda bahkan naik becak-becak dan odong-odong yang memang sudah menjadi salah satu angkutan hiburan yang ada di simpang lima Semarang.

7. Kampung Seni di Ungaran Semarang

Kampung Seni Lerep Ungaran yang menjadi wisata unik di semarang

Di daerah Ungaran salah satu kecamatan yang ada di kabupaten Semarang terdapat salah satu kampung Seni. Kampung Seni ini tepatnya berada di desa Soka, kelurahan Lerep, kecamatan Ungaran Kabupaten Semarang. Di Kampung Seni ini terdapat banyak barang-barang antik yang bersejarah dan beberapa mempunyai nilai mistis dan harga yang fantastis.

Kampung Seni ini dibuka untuk umum pada hari minggu atau hari libur. Banyak pengunjung yang datang dari berbagai lokasi untuk melihat barang-barang antik yang terdapat di Kampung Seni ini. Mulai dari guci-guci besar, patung-patung atau lukisan-lukisan yang mempunyai nilai tersendiri dan terpajang dibeberapa sudut di kampung Seni ini. Bagi yang belum pernah berkunjung ke lokasi ini, ketika pertama berkunjung akan terasa merinding dan ngeri dengan melihat beberapa barang-barang seni yang di pajang. Selain itu lokasi kampung seni ini sangat menarik, karena berada di salah satu lembah atau diberi jembatan untuk melihat keindahan alam di sekitar kampung seni ini.

Demikian informasi 7 tempat wisata unik di Semarang yang bisa dijadikan destinasi kunjungan wisata bersama keluarga sekaligus mengenal keunikan kota Semarang.