Tips Membuat Dapur Selalu Bersih

Tips Membuat Dapur Selalu Bersih – Memasak merupakan aktivitas yang rentan menimbulkan noda dan kotoran. Jika hal ini tidak dibersihkan secara baik dan disiplin maka noda minyak, makanan dan debu akan membuat ruang dapur menjadi kotor. Kondisi seperti ini tentu sangat dihindari dan menjadi perhatian khusus bagi seorang perempuan, karena ruang dapur merupakan ruang yang sakral, ruang yang digunakan untuk menghasilkan berbagai kreasi masakan untuk seluruh keluarga. Ruang dapur yang bersih tentunya akan sangat membantu untuk mendapatkan mood yang baik untuk menghasilkan makanan yang lezat dan bergizi.

Tips Membuat Dapur Selalu Bersih


Ruang dapur yang bersih tentu tidak serta merta muncul begitu saja. Kondisi seperti ini merupakan hasil dari berbagai upaya dan disiplin yang terus menerus dilakukan agar kebersihan dapur selalu terjaga. Lalu upaya seperti apakah yang harus dilakukan untuk mendapatkan dapur bersih?, mari kita simak satu persatu tips di bawah ini.

Tips agar Dapur Selalu Bersih

1. Gunakan Material Dapur yang Mudah Dibersihkan
Material kayu sebaiknya dihindari saat mendekorasi ruang dapur, namun jika harus menggunakan material ini maka gunakan di area yang tidak terkena air secara intensif. Untuk bagian dapur seperti dinding, lantai serta dinding backsplash, gunakan material keramik karena mempunyai sifat yang mudah dibersihkan dan tahan terhadap air. Hal ini perlu dilakukan karena jika membiarkan backsplash hanya berupa tembok yang dicat, maka akan berpotensi besar dinding dapur akan cepat kotor dan rusak.

2. Disiplin Membersihkan Peralatan Masak dan Kompor
Membersihkan peralatan memasak dan kompor harus selalu dilakukan setelah kegiatan memasak selesai. Jangan dibiarkan hingga semalaman karena hal ini akan membuat dapur kotor dan bau. Menumpuk cucian piring terlalu lama, karena sampah-sampah di peralatan makan dan masak berpotensi mengundang semut, atau kecoak, bahkan tikus. Juga jangan lupa untuk membersihkan kompor, karena berdasarkan pengalaman seringkali kompor terabaikan hingga akhirnya noda minya, kotoran menumpuk di area kompor.

3. Cooker Hood
Untuk dapur yang tidak mempunyai akses langsung ke sirkulasi udara sangat disarankan untukmemasang Cooker hood, perangkat dapur yang satu ini sangat berguna untuk menghisap asap dan bau tak sedap. Asap yang dihasilkan dari proses memasak akan dihisap melalui cerobong asap dan dikeluarkan ke ruang luar, sehingga udara di dalam ruangan tetap bersih dan segar.Alat ini lebih diperlukan untuk dapur yang berada di dalam ruangan, jika dapur Anda berada di outdoor, Anda tidak perlu memakai alat ini.

4. Saluran Air Sink Harus Lancar
Selalu pastikan saluran Air Sink selalu bersih dan lancar karena sampah sisa makanan sering kali berpotensi menyumbat saluran air tersebut. Jika tersangkut, sampah-sampah tersebut akan membusuk dan menyebabkan bau yang tidak sedap. Untukmembersihkan saluran air dapur yang macetdengan cara menuangkan satu atau dua cangkir soda kue atau cuka yang diikuti dengan air panas. Namun hal ini tidak bisa dilakukan terus menerus karena bisa menggerus lapisan saluran air sink. Untuk itu agar pipa tidak sering tersumbat, sebaiknya pisahkan sampah padat bekas makanan ke tempat sampah. Untuk sampah-sampah yang berukuran kecil, gunakan penyaring di lubang pembuangan sink. Dengan menggunakan penyaring, kotoran akan terkumpul dan Anda dapat membuangnya dengan mudah.

5. Mengatur Tempat Penyimpanan
Atur tempat penyimpanan sebisa mungkin agarperalatan memasakyang Anda simpan dalam lemari atau kabinet tidak berantakan. Perlengkapan yang ditata di kabinet atau almari dapur dapat meminimalisasi barang yang perlu diletakkan di atas meja dapur sehingga dapur lebih rapi. Kelompokkan perabotan dapur sesuai kegunaan dan fungsinya seperti menyimpan bumbu masak dalam toples kaca sebelum menyimpannya dalam lemari. Dan lakukan penyortiran dengan membuang peralatan atau bahan makanan dan masakan yang sudah tidak diperlukan lagi.

6. Selalu Pisahkan Sampah Kering dan Sampah Basah
Dapur tentunya selalu menghasilkan sampah dari proses memasak. Untuk itu agar dapur senantiasa bersih dan sehat, tata kelola tempat sampah perlu diperhatikan yaitu caranya dengan membedakan antara tempat sampah untuk sampah basah atau kering. Gunakan tempat sampah yang mempunyai penutup agar kecoa atau serangga lainnya tidak masuk, hal ini sangat baik untuk sampah basah. Dan jangan lupa untuk selalu meletakkan jeruk lemon di tempat sampah dapur, untuk menetralisir bau, sehinggadapur bebas bau.

Demikian tips membuat dapur selalu bersih yang akan membuat lebih nyaman ketika memasak.

Tips Membuat Dapur Selalu Bersih | masgala | 2017