Wisata Air Terjun di Semarang

Air terjun di Semarang – Jika Anda hobi menelusuri dan berburu air terjun, maka Anda datang kepada artikel yang tepat. Mungkin sudah banyak air terjun yang Anda kunjungi di berbagai tempat wisata yang ada di Indonesia. Karena memang salah satu keindahan Indonesia adalah dengan adanya banyak gunung yang memiliki wisata pancuran yang menawan.

Mengapa air terjun menjadi salah satu wisata alam yang diburu oleh para traveler?

Jelas karena air terjun memiliki pemandangan yang indah. Selain itu, ketika Anda melihat air yang terjun dari atas ke bawah tentu membawa ketenangan tersendiri bagi Anda. Gemericik aliran gerojokan yang sangat segar berasal dari sumber mata air pegunungan asli membuat kita nyaman dengan gemericik dan guyuran air terjunnya yang akan membuat tubuh Anda terasa dipijat.

Jika Anda mengaku pecinta air terjun atau sekedar ingin berwisata ke lokasi waterfall, cobalah untuk pergi ke Semarang. Di Semarang Anda akan menemukan banyak sekali pancuran yang menawarkan keindahan luar biasa. Simak wisata grojogan di Semarang yang bisa Anda kunjungi untuk menghabiskan liburanmu.

Berikut Wisata Air Terjun di Semarang

1. Curug Lawe

Curug Lawe dan curug Benowo Wisata di Ungaran

Curug Lawe adalah air terjun di Semarang yang berlokasi di Desa Kalisidi, Kecamatan Ungaran Barat, Semarang. Air terjun ini berada tidak jauh dari pusat kota sehingga Anda tidak akan terlalu susah menemukan akses transportasi umum menuju ke lokasi ini. Akses transportasi bisa menggunakan angkutan desa ke desa Kalisidi dari kota Ungaran atau Gunung Pati. Atau bisa menggunakan ojek online (Gojek atau Grab) menuju lokasi wisata di desa Kalisidi ini.

Tapi ketika Anda akan menuju ke lokasi curug Lawe, Anda harus menempuh perjalanan dengan berjalan kaki selama kurang lebih 30 menitan dari lokasi parkir kendaraan bermotor. Tapi tak usah khawatir, pemandangan disekitar lokasi grojogan ini begitu indah dengan latar belakang tebing batu berlumut.

2. Curug Benowo

Curug Benowo Ungaran

Curug Benowo adalah air terjun yang berada di sebelah curug Lawe. Anda bisa mendapatkan pemandangan indah di sini. Tiket masuknya pun tidak perlu membayar lagi karena sudah satu paket dengan tiket masuk di curug Lawe. Harga tiket masuknya ialah Rp 4000 rupiah. Jalur masuk perjalanan setapak juga sama dengan jalur curug Lawe yang melalui jalan Cinta.

3. Grojogan Kali Pancur

Kali Pancur wisata air terjun di Semarang

Air terjun di Semarang yang selanjutnya adalah grojogan Kali Pancur yang terletak di desa Nogosaren, Kecamatan Getasan. Di lookasi wisata ini begitu indah dengan pemandangan tebing batu dan semak belukar di sekitar air terjunnya. Letaknya yang juga tidak terlalu jauh dengan pusat kota menyebabkan tempat ini mudah untuk diakses. Anda bisa menikmati wisata panjat tebing dengan pendamping yang telah ahli.

4. Penderasan Tujuh Bidadari

Air Terjun Tujuh Bidadari Sumowono

Air terjun Tujuh Biadari berada di Desa Keseneng, kecamatan Sumowono. Di lokasi wisata ini memiliki pemandangan yang begitu asri dan suasana yang sejuk. Airnya pun segar. Untuk akses jalan menuju ke sini cukup bagus, jadi Anda bisa melakukan perjalanan ke lokasi wisata dengan nyaman. Lokasi wisata bisa ditempuh melalui kota Bandungan Semarang.

5. Curug Kembar Baladewa

Air terjun Kembar Bolodewo Banyubiru

Air terjun di Semarang yang bisa Anda kunjungi ialah air terjun Kembar Baladewa. Air terjun ini berada di desa Wirogomo, Kecamatan Banyubiru. Di lokasi wisata ini menawarkan keindahan dua air terjun yang hanya berjarak 100 m saja. Selain itu di dekat wisata ini Anda bisa pergi ke wisata pemandian dengan airnya sangat hangat yang cocok untuk melakukan refreshing otot dan untuk istirahat melepas lelah.

6. Air Terjun Semirang

Air terjun Semirang Ungaran Semarang

Air terjun Semirang berada di desa Gogik, kecamatan Ungaran Barat, kabupaten Semarang. Air terjun di Semirang ini menawarkan pemandangan pegunungan yang asri dan indah. Untuk menuju ke lokasi wisatanya, Anda harus melewati jalur yang cukup melelahkan. Anda harus menaiki anak tangga yang berada di pinggir sungai untuk menuju ke lokasi wisata air terjun Semirang. Jadi usahakan memiliki stamina ekstra untuk pergi ke sini.

7. Air Terjun Umbul Songo

Air Terjun Umbul Songo Kopeng

Air terjun Umbul Songo berada di desa Kopeng, Kecamatan Getasan. Wisata air terjun ini menawarkan keasrian alam yang masih sangat alami. Ketinggian air terjun ini juga tidak terlalu tinggi hanya 15 m saja. Namun lokasi wisata ini cukup jauh dari pusat kota Semarang. Perjalanannya melalui kota Salatiga atau kota Banyubiru.

8. Curug Klenting Kuning

Air Terjun Klenting Kuning Sumowono

Curug klenting kuning merupakan air terjun yang berada di desa Kemawi, kecamatan Sumowono. Air terjun ini menawarkan pemandangan batu kuning dan air berwarna hijau lumut. Tapi air disini begitu jernih. Air terjun ini berlatar belakang cerita Ande-Ande lumut.

9. Curug Klenting Biru

Curug klenting biru adalah salah satu air terjun di Semarang yang memiliki keserupaan dengan air terjun Klenting Kuning. Menyuguhkan batu berwarna biru dan air biru jernih menjadikan air terjun ini sangat indah dikunjungi.

10. Curug Klenting Hijau

Sama seperti klenting kuning dan biru, air terjun klenting Hijau ini menawarkan air terjun yang tidak berada pada cukup ketinggian. Airnya jernih dan semak belukar mengiasi air terjun ini membuatnya tampak asri.

Baca juga : Watu Gunung Ungaran sebagai Wisata Air yang Hits

Anda yang ingin berburu air terjun di wilayah semarang, bisa berkunjung ke 10 wisata air terjun di Semarang tersebut. Ke-10 lokasi wisata diatas merupakan destinasi wisata di Semarang yang sangat ramai pengunjung. Harga tiket masuk yang terjangkau, pemandangan indah, akses yang tidak terlalu jauh dari pusat kota membuat air terjun di Semarang sangat nyaman untuk dikunjungi.