Wisata Baluran Banyuwangi

Apakah Anda ingin berlibur ke Afrika? Tapi tidak punya uang buat kesana. Santai, tidak usah datang jauh-jauh datang ke Afrika untuk merasakan panas dan gersangnya alam di Afrika. Di Indonesia ada kok tempat yang mirip di Afrika. Mirip banget walau KW. Di Indonesia disebut dengan Afrika van Java. Di tempat wisata ini terdapat rusa, pohon akasia kering dan suasana gersang yang bisa Anda jumpai di Taman Nasional Baluran. Pemandangan di wisata Baluran Banyuwangi ini mirip banget dengan pemandangan di Afrika, hanya di wisata Baluran Banyuwangi ini Anda tidak akan menemukan gurun pasir seperti yang ada di Afrika.

Baluran_national_park

Luas taman ini mencapai 25.000 hektar. Taman Nasional Baluran terletak di kecamatan Banyu Putih kabupaten Situbondo. Pasnya di perbatasan antara Situbondo dan Banyuwangi. Wisata Baluran Banyuwangi ini mempunyai kekayaan ekosistem, salah satunya Savanna Bekol. di Savanna Bekol terdapat kerbau, rusa, kera dan yang paling bagus diantara binatang lain adalah merak hijau. Ada satu prinsip yang bisa kita ambil dari merak, yaitu setia sampai mati dengan pasangannya. Merak hijau ini pemalu dan mempunyai penglihatan yang tajam. Jadi agak susah jika ingin melihat merak hijau dari dekat.

Wisata Baluran banyuwangi

Jika ingin melihat aneka binatang atau hewan yang ada di tempat wisata Baluran Banyuwangi, datanglah di kubangan air buatan, yang terletak di dekat Savanna Bekol. Anda akan bisa melihatnya dengan mudah, karena di tempat ini menjadi tempat kumpul favorit para hewan. Kubangan air ini dibuat agar satwa tidak mati kekeringan. Soalnya daerah Afrika van Java ini terkenal dengan musim kemarau yang panjang. Biasanya bisa sampai 9 bulan dalam setahun.

Rusa di Wisata Baluran Banyuwangi

Burung penghuni wisata Baluran Banyuwangi

Hewan yang paling banyak dan mudah ditemui di tempat wisata Baluran banyuwangi ini adalah kera berekor panjang. Kera ini sangat friendly dan mudah untuk diajak bermain, apalagi jika anda memberinya makan. Kalau ditempat lain kera-kera takut air, di tempat wisata Baluran Banyuwangi ini kera-kera malah senang berenang di air. Jumlah populasi kera di Baluran mencapai ratusan. Terbanyak diantara hewan-hewan lain. Maklum, kera adalah mamalia yang cepat berkembang biak. Kera juga sangat mudah untuk menyesuaikan hidup dengan tempatnya berada. Hewan yang susah menyesuaikan di baluran adalah Banteng. Beradasarkan data sensus 2011, populasi Banteng disini tinggal 26 ekor. Padahal dulu ada ratusan ekor. Agar tidak punah, dibuatlah penangkaran Banteng. Dipenangkaran ada 3 ekor Banteng , 1 jantan 2 betina, mereka didatangkan dari Taman Safari Indonesia.

Puas dengan daratan di tempat wisata Baluran Banyuwangi. Masih terdapat tempat wisata laut di lokasi tempat wisata Baluran Banyuwangi ini. Terdapat pantai Bama dimana Anda bisa snorkeling disana dan Anda bisa menemui banyak kera berenang. Pantai Bama tidak terlalu luas, akan tetapi pantainya sangat bersih dan jernih. Di pantai Bama ada beberapa fasilitas seperti tempat ibadah, Penjual makanan dan outbond kecil-kecilan. Jika Anda ingin melakkan snorkling di pantai Bama, Anda harus datang jam 6.00 pagi sampai jam 9.00 pagi. Harga sewa kacamata dan peralatan snorklingnya cukup murah yaitu sekitar Rp 45.000 per 3 jamnya. Keindahan bawah lautnya juga cukup bagus. Ada terumbu karang dan biota-biota laut yang menarik. Salah satunya yang ada di film finding nemo.

Ikan di laut wisata Baluran Banyuwangi

Ikan Nemo di laut wisata Baluran Banyuwangi

Ikan Nemo di wisata Baluran Banyuwangi

Coral di wisata Baluran Banyuwangi

Tak jauh dari pantai Bama terdapat mangrove trail. Disini terdapat dermaga yang dibangun untuk melihat keindahan laut dan mangrove. Selain itu terdapat monyet-monyet yang bergelantungan di mangrove. Sambil melompat ke dahan-dahan pohon dan ada juga yang melompat terjun ke air laut untuk berenang di laut.

Monyet di tempat wisata Baluran banyuwangi

mangrove di tempat wisata Baluran banyuwangi

Demikian informasi tentang indahnya satwa di tempat wisata Baluran Banyuwangi yang sangat menkajubkan dan mirip dengan kondisi di Afrika.

Baca juga : Wisata Green Bay Banyuwangi