Wisata Kuliner di Semarang

Setiap daerah yang ada di Indonesia pasti memiliki makanan khas daerahnya masing-masing. Kemudian, makanan khas suatu daerah biasanya akan sulit bahkan mungkin tidak bisa ditemukan di daerah yang lain. Inilah yang menjadi salah satu daya tarik dan keunikan tersendiri dari tiap daerah yang ada di tanah air. Salah satu daerah yang terkenal dengan ragam makanan kulinernya adalah kota Semarang. Banyak wisata kuliner di Semarang yang bisa Anda jadikan destinasi untuk memanjakan lidah Anda.

Kota Semarang yang berada di Jawa Tengah ini memiliki banyak tempat wisata di Semarang juga kuliner khas Semarang yang selalu menggoda untuk dinikmati. Anda pasti pernah mendengar tentang jajanan lumpia khas Semarang kan? Nah, jajanan kuliner satu ini akan kami ulas keberadaannya bersama tempat-tempat wisata kuliner lain yang ada di Semarang.

Berikut ini ulasan mengenai tempat wisata kuliner di Semarang

1. Lumpia Gang Lombok

Lumpia gang Lombok wisat kuliner di kota Semarang

Ada banyak sekali tempat wisata kuliner di Semarang yang menyediakan jajanan lumpia. Namun yang paling terkenal adalah jajanan lumpia yang dijual di gang Lombok, jalan Mataram, jalan Pandanaran dan jalan Pemuda. Menurut informasi, pengelola keempat lokasi wisata kuliner tersebut masih memiliki hubungan keluarga.

Lebih lanjut dari keempat lokasi wisata yang menyediakan jajanan lumpia diatas. Gang Lombok nomor 11 adalah yang paling terkenal. Warungnya berada di dekat klenteng Tay Kak Sie yang berlokasi di pasar Johar Semarang.

Lumpia yang dijual di gang Lombok nomor 11 terdiri dari lumpia basah dan lumpia goreng. Anda bisa memilih diantara keduanya sesuai selera makan Anda masing-masing. Satu lumpia dihargai sekitar Rp. 10.000, agak mahal namun memang rasanya sangat enak. Warung di sini biasanya mulai dibuka dari jam 8 pagi sampai jam 4 sore. Bagi warga Semarang, lumpia sudah menjadi makanan khas semarang dan bagi warga diluar Semarang sudah selayaknya mencoba lumpia ini ketika melakukan wisata kuliner di Semarang.

2. Kue Lekker Pak Imo

Kue Lekker pak Imo wisata kuliner di kota Semarang

Kue lekker sekilas menyerupai bentuk martabak, namun ukurannya lebih kecil dan tipis. Kue lekker bisa dinikmati dengan menambahkan beraneka topping di bagian dalamnya untuk menciptakan rasa yang sesuai dengan selera.

Penjual kue lekker inipun sangat banyak di tempat-tempat wisata kuliner di Semarang. Namun yang paling terkenal dan juga paling enak adalah kue lekker pak Imo yang berada di jalan Karanganyar no 37.

Warung lekker pak Imo menjual berbagai menu kue lekker. Mulai dari topping manis hingga topping asin. Pengunjung yang datang biasanya akan memesan lekker sosis keju yang merupakan menu favorit dan menjadi sajian menarik di Semarang. Lelehan keju bercampur rasa gurih telur dan sosis, membuat menu kue lekker yang satu ini terasa sangat spesial di lidah. Tak heran para pengunjung ketagihan dan selalu datang dan datang lagi. Untuk Anda yang berkunjung ke Semarang silahkan menikmati ke lekker pak Imo ini sebagai salah satu sajian wisata kuliner di Semarang.

3. Pisang Plenet Pak Tuko

Pisang Plenet khas wisata kuliner di Semarang

Plenet dalam bahasa jawa artinya ditekan, digencet atau dipipihkan. Ini berarti pisang plenet adalah jajanan kuliner Semarang yang terbuat dari pisang yang dibakar dan dipipihkan kemudian diberi campuran topping beraneka ragam.

Anda bisa menemukan pisang plenet di warung kuliner milik pak Tuko yang berada di kawasan Kampoeng Semawis. Pisang plenet yang dijual di sini terkenal memiliki rasa yang enak karena media pembakaran pisangnya masih menggunakan tungku pembakaran arang.

Selain itu, tempat wisata kuliner Semarang milik pak Tuko juga menyediakan aneka rasa pisang plenet seperti rasa keju, nanas, kacang, cokelat dan masih banyak rasa lainnya. Sambil menikmati malam di Semarang ditemani pisang plenet khas Semarang, sungguh nikmat rasanya. Oleh sebab itu, hingga kini warung kuliner pak Tuko tak pernah sepi dari kunjungan pelanggan yang biasanya didominasi kaum muda kota Semarang.

4. Tahu Gimbal pak Edi

Tahu Gimbal pak Edi menjadi wisata kuliner di Semarang

Tempat wisata kuliner di Semarang yang satu ini terletak di jalan Pahlawan yang tak jauh dari kawasan Simpang Lima kota Semarang. Di sini, sejak sore hingga malam hari pak Edi membuka warung tahu gimbal-nya yang legendaris.

Tahu gimbal sendiri merupakan makanan kuliner yang terbuat dari campuran lontong, gimbal (bakwan udang), taoge dan irisan kol. Kemudian campuran tersebut ditaburi sambal kacang khas tahu gimbal serta sebiji kerupuk udang. Soal rasa tak perlu diragukan. Pastinya gurih dan nikmat.

5. Es Puter Cong Lik

Es Puter Cong Lik wisata kuliner Semarang

Nah yang ini untuk Anda yang kebetulan mungkin kejebak cuaca panas di Semarang. untuk menghilangkan rasa gerah dan haus, Anda bisa mencoba mencicipi segarnya es puter Cong Lik yang berada di jalan Ahmad Dahlan A nomor 11.

Es puter Cong Lik ini sudah lama dikenal sebagai tempat wisata kuliner di Semarang yang terkenal. Cong Lik sudah merintis usaha berjulan es puter sejak tahun 1984 silam. Meskipun warung tendanya sederhana dan alat yang digunakan untuk membuat es puter masih manual, tapi soal rasa tak perlu ditanya. Campuran gula, topping, santan dan es puternya menghadirkan rasa yang pastinya sangat segar dan enak di kerongkongan.

6. Bebek Goreng Pak Thori

Bebek goreng pak Thori

Untuk Anda yang gemar menyantap bebek goreng. Jangan lupa untuk mampir di warung bebek goreng nya pak Thori. Di sini anda akan menemukan cita rasa bebek goreng yang lain dari pada yang lain. Tekstur daging bebek yang empuk ditambah bumbu yang sedap serta sambal dan nasi hangat, akan membuat selera makan anda naik tak terbendung.

Warung bebek goreng pak Thori berada di jalan Raya Gunung Pati KM 15. Selain menyediakan bebek goreng sebagai menu utama. Warung wisata kuliner pak Thori juga menyediakan menu ayam goreng, ayam bakar dan lele goreng yang juga tak kalah enak dibanding menu bebek goreng.

7. Wedang Tahu Pak Ahmad

Wedang Tahu Pak Ahmad

Habis jalan-jalan malam berkeliling Semarang. tak lengkap rasanya kalau tidak mampir di warung wisata kuliner di Semarang yang satu ini yaitu wedang tahu milik pak Ahmad. Apalagi di saat tubuh terasa dingin atau masuk angin, maka minuman wedang tahu adalah solusi terbaiknya.

Wedang tahu adalah minuman yang terbuat dari campuran kembang tahu, gula jawa dan bubuk jahe. Selain mampu menghangatkan badan dan menghilangkan masuk angin, wedang tahu juga merupakan minuman yang baik bagi kesehatan tubuh karena mengandung jahe.

Oh iya, warung wedang tahu pak Ahmad ini bisa anda temukan di Nasmoco Gombel yang berada di Jalan Bukit Raya Semarang. dengan harga Rp. 5000 per mangkuk-nya, wedang tahu pak Ahmad merupakan minuman yang cocok untuk menutup rangkaian wisata kuliner Anda.

8. Nasi Gandul Pak Memed

Nasi Gandul pak Memed sajian wisata kuliner di semarang

Warung wisata kuliner di Semarang selanjutnya adalah nasi gandul asal Pati yang dijual di Semarang. Warung nasi gandul milik pak Memed adalah salah satu yang terunik di Semarang. ini dikarenakan cara penyajiannya yang cukup unik dan istimewa. Di sini Anda akan disuguhkan nasi gandul yang dihidangkan di atas daun pisang dengan sendok makannya yang juga terbuat dari daun pisang. Sangat unik dan tentunya membuat penasaran bukan?

Selain itu, nasi gandul pak Memed juga memiliki cita rasa yang berciri khas tersendiri. Meskipun sudah berjualan nasi gandul sejak sepuluh tahun silam, rasa nasi gandul yang ditawarkan di warung kuliner pak Memed tak pernah berubah. Tetap gurih dan enak seperti saat pertama kali dibuka. Sayang kalau ke Semarang tidak wisata kuliner di Semarang dengan segudang makanan khasnya. Anda bisa menemukan warung nasi gandul pak Memed di jalan Dr. Cipto 12A kota Semarang.

Baca juga : Wisata Taman Lele Semarang

Bagaimana? sudah tak sabar ingin melahap semua makanan kuliner khas kota Semarang ? Yuk segera rencanakan wisata Anda untuk ke Semarang sekaligus merasakan wisata kuliner di Semarang sekarang juga!.