Wisata Malam di Semarang

Apabila Anda memiliki kesempatan berkunjung ke kota Semarang dan kebetulan hobi dengan traveling, maka tidak ada salahnya Anda menyempatkan diri untuk mengunjungi beberapa tempat wisata malam di Semarang yang merupakan ibukota Jawa Tengah dan dijuluki sebagai Little Netherland.

Kota Semarang selain terkenal sebagai kota yang penuh dengan jejak sejarah jaman penjajahan kolonial Belanda, kota Semarang juga ternyata menyimpan berjuta keindahan tempat wisata yang sangat sayang untuk Anda lewatkan. Banyak tempat wisata di Semarang yang sudah menjadi daya tarik para pelancong dari wilayah Semarang dan sekitarnya. Nah pada tulisan kali ini, penulis akan mengajak Anda untuk mengenal lokasi-lokasi wisata yang ada terutama untuk wisata malam yang ada di kota Semarang.

Berikut Wisata Malam di Semarang

1. Taman Tabanas bukit Gombel

Wisata malam di Semarang atas

Mendengar nama bukit Gombel mungkin akan membuat bulu kuduk Anda sedikit merinding. Ya, dari beberapa informasi yang beredar, di lokasi taman Tabanas memang terkenal angker. Di sekitar Gombel berdasarkan urband legend yang beredar menjadi tempat berkumpulnya makhluk-makhluk astral yang terkadang mengganggu orang-orang yang datang berkunjung. Tapi tunggu dulu, jangan terlalu mudah percaya dengan hal-hal mistis yang demikian, bisa saja cerita-cerita mengenai keangkeran bukit Gombel hanyalah sebuah isu yang tidak perlu terlalu ditanggapi dengan serius.

Lupakan keangkerannya dan nikmati keindahan wisata malam di Semarang. Di bukit Gombel ada lokasi wisata malam yang juga sangat menarik untuk dikunjungi. Tempatnya sangat romantis apalagi jika dikunjungi berdua dengan pasangan Anda (Ingat ya, pasangan yang halal). Di lokasi bukit Gombel ada taman Tabanas yang siap menanti Anda dengan berbagai keindahannya. Dari taman Tabanas, Anda bisa menikmati indahnya view kota Semarang pada malam hari. PemAndangan gemerlap lampu-lampu kota yang menghampar luas dari Jatingaleh sampai pelabuhan Tanjung Mas, laksana barisan biji-biji mutiara yang tak ternilai harganya. Pemandangan yang sungguh-sungguh indah dan mempesona. Pada saat Anda mulai merasakan lapar, Anda pun bisa dengan mudah menemukan cafe dan penjual makanan yang selalu siap dengan aneka makanan khas kota Semarang.

2. Asyiknya Nongkrong di Jalan Pahlawan

Wisata Malam di Jalan Pahlawan Semarang

Jalan Pahlawan adalah jantungnya kota Semarang. Di pinggiran jalan Pahlawan ini biasanya sebagian besar penduduk kota Semarang menghabiskan separuh malam yang mereka miliki. Terutama untuk kaum muda-mudi warga Semarang. Di lokasi ini Anda bisa menikmati gemerlap lampu kota yang menerangi setiap sudut yang ada, ditambah beragam atraksi klub-klub motor ataupun mobil yang kerap meramaikan suasana dan menambah keseruan di tempat ini. Tidak hanya itu, di sekitar pinggiran jalan Pahlawan ini, Anda bisa menikmati berbagai macam sajian kuliner khas kota Semarang yang selalu menggoda untuk dicoba. Sembari menikmati riuhnya keramaian, Anda bisa menyantap potongan-potongan lumpia dan segelas teh hangat. Dengan begitu wisata malam di Semarang Anda semakin lengkap dan mengesankan.

3. Simpang Lima kota Semarang

Wisata malam di Simpang Lima Semarang

Setelah puas menikmati malam di jalan Pahlawan, Anda bisa melanjutkan untuk mengunjungi tempat wisata malam lainnya yang tak kalah seru. Lokasinya juga tidak jauh dari jalan Pahlawan. Tempat yang merupakan jantung kota Semarang yaitu Simpang Lima kota Semarang. Di sini Anda bisa melanjutkan menikmati malam sembari berfoto ria dengan pasangan atau teman-teman Anda. Selain itu, apabila Anda datang bersama anak-anak.

Di Simpang Lima juga tersedia banyak sekali permainan khas anak-anak seperti perosotan dan juga ayun-ayunan. Sedangkan apabila Anda mempunyai hoby shoping atau jalan-jalan ke mall, di sekitaran Simpang Lima juga terdapat mall dan beberapa pusat perbelanjaan yang selalu siap untuk dikunjungi. Di Simpang Lima terdapat Matahari mall, Ramayana mall, Citra Land mall dan masih banyak toserba lainnya. Terakhir kalau mau menginap, banyak hotel sekitar Simpang Lima atau penginapan dengan harga yang bisa Anda pilih sesuai budget dan selera Anda. Simpang Lima menjadi salah satu tempat wisata menarik di Semarang.

4. Lawang Sewu

Lawang Sewu Wisata Malam di Semarang

Salah satu bangunan yang terkenal dengan histori sejarang jaman penjajahan Belanda dan kini menjadi salah satu icon kota Semarang adalah Lawang sewu. Meskipun dianggap agak sedikit menyeramkan, kesan eksotis dari bangunan ini tetap tampak di malam hari. Di sini Anda bisa menikmati suasana malam kota Semarang sambil berfoto di halaman depan ataupun di lorong-lorong bangunan berlantai tiga yang megah. Jika pun Anda ingin berkeliling melihat-lihat kondisi bangunan, para pemandu yang sengaja disiapkan di wisata Lawang Sewu Semarang siap memandu Anda. Para Pemandu akan menemani Anda berkeliling sambil menjelaskan sejarah dan seluk beluk dari bangunan yang dulunya merupakan kantor perusahaan kereta api pada jaman penjajahan Belanda.

5. Kota Tua Semarang

Wisata malam di Semarang Kota Tua

Apabila Anda adalah orang yang suka dengan suasana jadul, kota Tua Semarang bisa menjadi tujuan wisata malam di Semarang yang patut untuk Anda coba. Mengunjungi kota Tua Semarang, akan membuat Anda merasa seperti kembali ke masa-masa sebelum Indonesia merdeka. Bangunan-bangunan kuno khas jaman kolonial Belanda, masih berdiri kokoh berjejer di sepanjang jalan kota tua Semarang. Anda bisa menikmati malam sambil berjalan santai dan mengambil foto-foto berlatar bangunan tua atau bercengkrama dengan pasangan halal di pinggir-pinggir jalan, sambil bersandar pada dinding-dinding bangunan.

6. Tugu Muda Semarang

Wisata malam di Tugu Muda Semarang

Semangat perjuangan dan patriotisme warga Semarang dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia, terapresiasi dengan dibangunnya tugu Muda di dekat kawasan pemerintahan Semarang. Tepatnya berada di depan rumah dinas walikota Semarang. Tugu Muda menjadi simbol betapa gagah dan gigih nya para pemuda kota Semarang dalam tragedi pertempuran lima hari di Semarang kala itu. Dengan berkunjung ke Tugu Muda, Anda bisa menghabiskan malam sambil nongkrong dan berfoto bersama pasangan atau teman Anda. Tugu Muda juga berada didepan Lawang Sewu Semarang. Anda bisa sekaligus menikmati wisata malam di Semarang di 2 tempat yang semakin hits di kalangan warga Semarang.

7. Kawasan Pecinan

Wisata Malam di Pecinan Semarang

Kawasan Pecinan adalah surganya kuliner khas kota Semarang. Di kota Pecinan tersedia berbagai macam kuliner khas Semarang mulai dari makanan ringan, makanan berat sampai beraneka jenis minuman. Di Pecinan juga menjajakan makanan selain dari wilayah Semarang, ada juga makanan dari tempat lain seperti Pati, Kudus dan masih banyak lagi. Anda bisa menyambangi tempat ini mulai dari jam 6 sore sampai jam 11 malam. Anda juga tak perlu khawatir terjebak kemacetan, karena pada malam hari, tempat ini sudah disterilkan dari kendaraan sehingga Anda bisa leluasa mengeksplore setiap tempat atau warung kuliner yang ada di lokasi ini. Dengan melakukan wisata malam di Pecinan Semarang akan terasa cepat waktu yang dirasakan sambil menikmati makanan khas Semarang yang Anda beli.

8. Banjir Kanal Barat Semarang

Wisata Malam di Banjir kanal Barat Semarang

Usai direvitalisasi, Banjir Kanal Barat Semarang mulai banyak dimanfaatkan oleh orang-orang sebagai lokasi tujuan wisata malam di Semarang. Beberapa dudukan berlampion warna warni, telah disediakan di tempat ini dan siap menjadi tempat duduk sambil menikmati suasana malam. Bosan duduk, Anda pun bisa melanjutkan dengan menjelajah pinggiran sungai sepanjang 4 km di lokasi ini. Dalam beberapa kesempatan, apabila beruntung Anda juga akan menjumpai festival banjir kanal barat Semarang yang menampilkan berbagai atraksi dari puluhan perahu yang berpacu memenangkan perlombaan. Pada malam hari lokasi di Banjir Kanal ini menjadi tempat wisata unik di Semarang.

9. Masjid Agung Jawa Tengah

Wisata malam di masjid Agung Jawa Tengah di Semarang

Masjid ini terletak di daerah Gayamsari, Kota Semarang. Masjid ini terbilang cukup unik dari segi desain. Anda mungkin pernah melihat payung raksasa yang menjadi ciri khas masjid nabawi di madinah. Nah ternyata, masjid agung Jawa Tengah ini, juga mengadopsi desain serupa dengan adanya payung raksasa di halaman depannya. Dipilihnya masjid ini sebagai destinasi wisata malam, adalah karena selain desainnya yang mewah dan megah, lokasi masjid ini juga cukup luas dan strategis. Selain itu, Anda juga bisa melihat-lihat luasnya kota Semarang dari atas menara Al Husna yang berada di kawasan masjid agung Jawa Tengah ini.

Demikian ulasan mengenai tempat-tempat wisata malam di Semarang yang bisa Anda kunjungi ketika Anda berada di kota Semarang. Semoga bermanfaat dan dapat memberikan inspirasi kepada Anda yang mungkin sedang merencanakan liburan ke kota Semarang.