Wisata Taman Lele Semarang

Wisata Taman Lele Semarang merupakan tempat wisata kebun binatang yang menjadi salah satu destinasi wisata di Semarang. Taman Lele ini merupakan pindahan taman wisata Tegalwareng pada tahun 1985 yang sekarang sudah berubah menjadi tempat wisata Wonderia dijalan Sriwijaya Semarang. Pemindahan lokasi kebun Binatang ini terpaksa dilakukan dikarenakan banyaknya hewan atau binatang yang mengalami stress, sakit dan kemudian mati.

Di daerah sekitar kebun binatang pada waktu itu merupakan kawasan hiburan malam yang penuh hingar bingar suara musik yang menyebabkan hewan jadi kurang nyaman. Lahan yang dialokasikan sebagai tempat memelihara binatang lambat laun semakin menyempit, dan tentu saja polusi dari limbah kotoran berbagai hewan yang ada di kebun binatang juga lama-kelamaan semakin mengganggu kesehatan warga sekitar kebun binatang tersebut.

Kampung Wisata taman lele Semarang

Kampoeng Wisata Taman Lele Semarang

Akhirnya dengan alasan itulah kebun binatang Tegalwareng terpaksa dipindahkan ke 2 tempat lokasi baru. Lokasi yang pertama ada di Taman Lele dan lokasi yang kedua dipindahkan ke taman wisata Tinjomoyo Semarang dekat dengan wilayah gunung Pati. Namun akhirnya lokasi yang ke-2 yaitu yang di Margaraya Tinjomoyo juga dipindah lagi ke Taman Margasatwa Mangkang di Semarang Barat dekat perbatasan dengan Kabupaten kendal. Taman Margasatwa Mangkang inilah yang akhirnya disebut Taman Lele karena di tempat ini pada jaman dahulu ada pohon beringin yang sangat rindang dan besar yang sekitarnya merupakan kebun jambu klutuhuk. Pada pohon beringin yang besar tersebut terdapat mata air yang pada mata air tersebut terdapat banyak ikan lele yang hidup di situ, yang akhirnya oleh warga sekitar dikenal dengan taman lele.

Kampoeng Wisata Taman Lele mempunyai luas lahan sekitar 22.173 hektar. Pada taman Lele tersebut terdapat sebuah danau buatan yang dikelilingi oleh beberapa gazebo. Lokasi inilah yang menjadi wahana bermain bagi pengunjung atau pelancong dengan menikmati pemandangan danau sekaligus naik perahu bebek yang sudah disediakan oleh pengelola kampoeng wisata taman Lele. Lebih mantepnya lagi, di kampoeng wisata taman Lele sudah terdapat penginapan, sepeda air dan berbagai wahan permainan untuk anak-anak. Di kampoeng wisata taman Lele juga terdapat kolam renang yang cukup menarik minat anak-anak untuk berenang dan mandi segarnya air kolam tersebut.

Karena taman wisata Kampoeng Lele ini merupakan lokasi perpindahan dari kebun binatang dari Tinjomoyo Semarang, maka di taman Lele juga ada kebun binatangnya. Meskipun kebun binatang yang ada di taman Lele cukup kecil atau mini, tapi masih terdapat berbagai aneka satwa seperti ular phiton, Iguana, buaya, berbagai jenis burung, kelinci dan satwa lainnya.

Tiket masuk Kampoeng Wisata Taman Lele Semarang

Untuk masuk ke tempat wisata Taman Lele setiap pengunjung diwajibkan membeli tiket masuk dengan harga tiket Rp 3000 per-orang untuk hari Senin – Sabtu. Sedangkan harga tiket masuk pada hari Minggu atau hari libur sebesar Rp 3500 per-orang. Dan khusus untuk hari libur lebaran harga tiket masuk ke Kampoeng Wisata Taman Lele adalah sebesar Rp. 6000 per-orang.

Bagi para wisatawan atau pelancong yang naik perahu bebek yang sudah disediakan pengelola cukup membayar Rp 10.000 untuk satu perahu yang bisa dipakai bersama-sama. Dengan perahu ini pengunjung bisa mengitari danau buatan sepuasnya.

Lokasi Kampoeng Wisata Taman Lele Semarang

Bagi Anda yang sedang berkunjung ke Semarang atau sedang melewati jalur darat atau jalur pantura (Semarang–Jakarta atau sebaliknya) maka sempatkanlah untuk singgah atau mampir di Kampoeng Wisata Taman Lele ini, karena lokasinya tepat berada di jalur tersebut. Alamat Kampoeng Wisata Taman Lele Semarang terdapat di jalan pantura tepatnya berada di Jalan Raya Walisongo KM 10 kecamatan Ngaliyan Semarang Barat.

Anda juga bisa menginap di lokasi wisata taman Lele ini karena sudah adanya penginapan atau hotel dengan berbagai fasilitas yang sangat menunjang seperti TV, AC wahan bermain dan dengan harga yang terjangkau.

Demikian informasi tentang kampoeng wisata taman Lele Semarang yang semakin hari semakin hits dan terkenal sebagai obyek wisata keluarga paling favorit di Semarang.

Baca juga : Curug Lawe dan Curug Benowo Wisata Alam di Semarang yang Terkenal