Cara Agar Dosa Diampuni Allah

Loading...

Setiap orang pernah berbuat salah dan dosa. Namun, bukan berarti kita tidak bisa berubah untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Kesalahan dan dosa kita bisa diampuni Allah jika kita bersungguh-sungguh meminta ampunan kepada Nya. Dosa kecil atau pun dosa besar akan diampuni Allah melalui taubat yang sungguh-sungguh.Cara-Agar-Diampuni-Dosanya-Oleh-Allah

Loading...

Allah SWT telah berfirman dalam Surat Al Baqarah ayat 222. Allah sangat mencintai seorang hambanya yang mau bertaubat dan menyucikan diri.

Salah dan dosa adalah hal yang tidak dapat terhindarkan oleh manusia. Namun, semua itu bisa dicegah ketika seorang hamba senantiasa mengingat diawasi oleh Dzat Penciptanya, Allah SWT.

8 Cara Agar Dosa Diampuni Oleh Allah

Allah adalah Dzat yang Maha Pengampun lagi Maha Memaafkan kesalahan hambanya. Begitu besar kasih sayang Allah kepada hambanya sehingga sebesar apapun dosa yang dilakukan akan tetap diampuni melalui taubat yang sungguh-sungguh.

Sebagai manusia yang ingin mendapatkan ridha dari Allah, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencari ampunan-Nya.

1. Mengerjakan Perintah Allah dan Meninggalkan Larangan-Nya

Sebagai hamba Allah, kita wajib melakukan semua perintah Allah dan meninggalkan semua larangan-Nya.

Kewajiban-kewajiban yang harus dilakukan adalah semua isi dalam pilar islam yaitu yang terdapat pada rukun Iman dan rukun Islam.

Semuanya wajib kita laksanakan dengan sungguh-sungguh yaitu dengan meyakininya dalam hati, mengucapkannya dengan lisan dan mengamalkannya dalam amal perbuatan.

Mulai dari meyakini dan beriman kepada Allah, beriman kepada malaikat, beriman kepada kitab-kitab Allah, beriman kepada Rasul-Nya, beriman kepada hari kiamat, dan beriman kepada Qada dan Qadhar.

Selain mengimani apa yang ada dalam rukun iman, kita juga wajib mengerjakan apa yang ada dalam rukun islam. Mulai dari mengucapkan 2 kalimat syahadat, mengerjakan sholat, berpuasa di bulan Ramadhan, berzakat, dan menunaikan haji jika mampu.

Semua tindakan kewajiban diatas harus kita laksanakan dengan ikhlas karena Allah, maka Allah akan mengampuni dosa-dosa kita.

2. Rajin Beristighfar

Istighfar mengandung arti Aku Memohon Ampun Kepada Allah. Dikatakan bahwa orang-orang yang memohon ampun kepada Allah atas dosa-dosa yang pernah dilakukannya, maka Allah akan memberikan Ampunan kepada hambanya tersebut.

Dan jika hambanya tidak meneruskan dosa yang pernah dilakukannya tersebut karena telah bertaubat, maka Allah pun akan memberikan jaminan surga kepadanya.

Setiap orang yang berbuat dosa dan kemudian sadar, maka ia akan merasa begitu menyesal kemudian meminta ampunan dari Allah SWT. Siapa saja yang meminta ampun dengan sungguh-sungguh kepada Allah, maka Allah pun akan mengampuni dosanya.

Loading...

Allah tidak peduli tentang seberapa banyak dosa yang telah dilakukan oleh hambanya. Sepanjang hamba tersebut mau beristighfar dan bertaubat dengan sungguh-sungguh, maka ampunan Allah akan selalu ada.

3. Berhijrah

Berhijrah artinya merubah pribadi dari yang kurang baik menjadi lebih baik lagi. Ketika kita mengetahui bahwa apa yang kita lakukan salah, maka kita harus berusaha untuk mengubah diri kita ke arah yang lebih baik.

Allah senang dengan orang-orang yang berhijrah untuk mendekatkan diri kepada Allah. Dosa-dosanya akan diampuni dan Allah akan memberikan jalan yang terang baginya.

4. Rajin bersedekah

Bersedekah kepada fakir miskin juga bisa menjadi amalan yang bisa menggugurkan dosa-dosa. Tentu saja hal ini harus diiringi dengan sikap yang ikhlas dan tulus karena ingin mendapatkan keridhaan dari Allah semata.

Dalam Al Qur’an juga telah disebutkan bahwa setiap orang yang melakukan sedekah dengan sembunyi-sembunyi adalah hal yang baik sekali. Manfaat sedekah ini sangat luar biasa bagi yang melakukannya karena Allah.

Allah mengetahui setiap yang hamba-Nya kerjakan sehingga setiap sedekah tidak perlu dipamerkan. Rajin bersedekah untuk mendapatkan ridho Allah akan membuat dosa-dosa kita diampuni.

Untuk lebih mengetahui tentang hadist yang mengulas manfaat sedekah, silahkan kunjungi sumber artikel di wisatanabawi.com.

5. Memaafkan orang lain

Jika Allah saja Maha Pengampun, kenapa hambanya tidak mau memaafkan kesalahan orang lain?

Diantara orang-orang yang akan diampuni dosanya oleh Allah adalah orang yang baik di waktu susah maupun senang, orang yang berbuat kebajikan, dan orang-orang yang mau memaafkan kesalahan orang lain.

6. Lakukan sedekah dengan lemah lembut

Melakukan sedekah harus dilakukan dengan adab yang baik. Lakukan sedekah dengan lembut dan penuh kasih sayang. Jika sedekah dilakukan dengan menyakitkan dan wajah berpaling, maka Allah tidak akan menyukai hal tersebut.

7. Lakukan segala kebaikan dengan senyum

Dikatakan bahwa senyum merupakan sebuah bentuk dari ibadah. Allah akan memberikan ampunan kepada hamba yang melakukan segala kebaikan dengan senang dan senyum.

8. Jangan memberikan sesuatu dengan mengharapkan imbalan

Memberikan sesuatu atau berbuat sesuatu harus dilakukan dengan ikhlas. Kita tidak boleh mengharapkan apapun ketika memberikan bantuan kepada orang lain. Orang-orang yang melakukan kebaikan tanpa mengharapkan imbalan akan mendapatkan ampunan dari Allah SWT.

9. Berbuat kebajikan

Melakukan perbuatan yang baik atau perbuatan terpuji merupakan salah satu cara untuk menggugurkan dosa-dosa. Banyak perbuatan kebajikan yang bisa dilakukan.

Contohnya saja membantu orang lain yang sedang kesulitan, berbakti kepada kedua orang tua, jujur dalam bertindak, dan lain-lain. Menjalani kehidupan dengan sebaik mungkin tidak hanya akan membuat hati tenang, namun juga akan mendapatkan ampunan dari Allah.

Baca juga : Amalan Untuk Menghapus Dosa

Demikian ulasan tentang cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan ampunan dari Allah SWT. Mintalah ampun kepada Allah setelah menyadari berbuat kesalahan. Jangan menunda-nunda untuk meminta ampun karena kita tidak tahu kapan nyawa kita akan diambil oleh Allah.

Loading...