Cara Membuat Taman Kecil di Halaman Depan

Yaps, taman terbukti bisa membuat siapa saja yang melihatnya merasa tenang dan bisa melupakan sejenak beban pikirannya.

Oleh karena itu, tak heran banyak orang-orang yang menyisahkan sedikit ruang di rumahnya untuk dijadikan sebagai taman.

Halaman depan, pekarangan belakang, hingga tembok pun bisa Anda sulap menjadi sebuah taman. Namun umumnya taman depan rumah banyak dipilih karena cara membuat taman kecil di depan rumah sangat mudah dilakukan.

Sayangnya, halaman depan saya sempit :(, gimana dong?

Halaman rumah yang kecil bukan berarti tidak bisa dijadikan taman. Anda tidak perlu berkecil hati jika memiliki lahan depan rumah yang sempit.

Dengan lahan yang sempit, Anda tetap bisa membuatnya mejadi sebuah taman yang indah dan menarik.

Nah, ada cara yang bisa Anda lakukan untuk membangun taman walau lahannya sempit, berikut beberapa cara kontribusi tim dekadeko.com:

Cara Membuat Taman Kecil di Depan Rumah

1. Mengukur Luas Daerah Pekarangan Rumah

Jika Anda berniat untuk membuat sebuah taman kecil di depan rumah, ada baik untuk mengukur luas daerah perkarangan rumah.

Pengukuran luas ini dapat digunakan sebagai acuan untuk pemilihan jenis tanaman yang akan ditanam.

Jika halaman depan rumah Anda cukup kecil, pilihlah jenis tanaman yang kecil saja. Ukuran tanaman yang terlalu besar, akan membuat daya tampung taman Anda menjadi lebih sedikit.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui ukuran pekarangan rumah.

2. Menentukan Pembagian Area Taman

Ternyata pembagian area taman juga menentukan hasil akhir dari sebuah taman tersebut. Jika taman Anda memiliki area yang berbeda-beda, maka kesan luas dapat diciptakan.

Ada beberapa macam area yang bisa Anda gunakan dan sesuaikan pada rumah.

Area pertama yang bisa diciptakan adalah area taman dengan ditanami rumput. Biasanya area ini tidak menggunakan tanaman jenis lain kecuali rumput.

Adanya area ini dapat membuat tampilan taman Anda menjadi lebih luas.

Selanjutnya Anda juga bisa menciptakan sebuah area rerumputan lagi, tetapi diselingi oleh beberapa tanaman hias yang kecil.

Anda juga bisa menggunakan jenis tanaman hias  sedang, tetapi pastikan Anda hanya menggunakan satu tanaman hias saja.

Selain rumput, Anda juga bisa menggunakan batu-batu hias untuk mempercantik taman. Pilihlah warna batu sesuai dengan selera Anda. Tanaman hias pun bisa ditambahkan di sela-sata batu hias tersebut untuk menambah kesan indah.

Untuk daerah samping rumah, Anda bisa menanaminya dengan satu jenis tanaman saja. Agar terlihat lebih cantik, tanamlah tanaman hias tersebut dengan cara berderet.

Anda juga dapat memberikan sekat batu-batu bata di setiap tanaman jika ingin menciptakan kesan minimalis.

Jika halaman depan rumah Anda sudah tertutup dengan semen, maka hal yang bisa dilakukan adalah meletakkan tanaman dengan pot.

Dengan demikian lantai bersemen juga tetap bisa disulap menjadi sebuah taman yang indah.

3. Membuat Jalan Setapak di Area Taman

Keberadaan jalan setapak juga dapat membuat kondisi taman yang dibuat menjadi lebih indah.

Buatlah jalan setapak yang dapat menghubungkan antara satu area taman dengan taman lainnya. Biasanya Anda dapat menggunakan batuan alam untuk membuat jalan setapak tersebut.

Fungsi jalan setapak tersebut adalah sebagai jalan Anda untuk lewat sehingga rumput yang ada di taman tidak sering terinjak.

Jalan setapak ini juga akan menambah kesan minimalis namun luas pada pekarangan depan rumah Anda.

4. Menyamarkan Pagar Pembatas

Biasanya rumah-rumah pastilah memiliki pagar pembatas, khususnya di daerah perkotaan. Pagar pembatas inilah yang terkadang membuat tampilan rumah menjadi sempit.

Pagar tersebut akan membuat tampilan halaman rumah seolah-olah terbatas.

Sebenarnya Anda bisa membuat pagar rumah tersebut justru terlihat sebagai sesuatu yang mendukung tampilan taman.

Anda bisa membuat pagar tersebut menjadi memiliki kesan alami. Kesan alami tersebut dimunculkan dengan menambahkan tanaman di pagar tersebut.

Kesan alami ini juga bisa memunculkan kesan minimalis jika pemilihan tanaman dilakukan dengan baik. Anda bisa memilih jenis tanaman semak yang bisa dirambatkan ke pagar rumah.Namun, jenis tanaman ini haruslah sering dirawat agar tetap terlihat rapi.

Jika Anda merupakan tipe orang yang sibuk, maka jenis tanaman ramping berdaun kecil pun bisa dipilih.

Konsep ini biasa dikenal sebagai taman minimalis. Selain terlihat minimalis, jenis tanaman ini pun tidak cepat membesar sehingga tidak memerlukan pemangkasan yang terlalu sering.
Anda juga bisa membuat pagar atau dinding pembatas rumah menjadi sebuah vertikal garden.

Namun, Anda tetap harus berhati-hati dalam memilih jenis tanaman yang akan ditanam. Berkonsultasilah dengan ahlinya untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Jika ingin membuat sebuah taman yang indah, Anda tentu saja harus rajin merawat tanamannya.

Cara membuat taman kecil di depan rumah tidak akan berguna jika Anda malas merawat tanamannya.

Semoga bermanfaat!

Loading...