Cara Mengatasi LCD Proyektor yang Berubah Warna

Loading...

Penggunaan proyektor LCD terkadang digunakan secara berlebihan, sehingga alat yang satu ini tentunya bisa mengalami masalah-masalah pada mesinnya.

Salah satu kerusakan pada LCD proyektor yang paling sering dijumpai adalah warna berubah atau tidak dapat menampilkan gambar.
cara mengatasi permasalahan pada projector

Loading...

Penyebab LCD Berubah Warna

Sebelum mengetahui cara mengatasinya, coba telaah dulu apa saja penyebab permasalahan ini.

1) Konektor Kabel VGA Bermasalah

Sebelum anda membawanya ke teknisi lebih baik ketahuilah penyebab LCD proyektor tersebut rusak.

Salah satu penyebab utamanya adalah konektor VGA yang biasanya mengalami beberapa masalah. Cara mengatasi hal ini anda bisa mengganti VGA tersebut dengan yang baru.

Selain pada konektor Vga yang sering mengalami masalah adalah pada kabelnya, dimana kabel tersebut bisa saja mengalami kerusakan seperti karena usia, kemasukan air, hingga terputus.

Oleh karena itu sering-seringlah memeriksa kabel yang terhubung pada konektor VGA.

2) Kerusakan Pada Bagian RGB dan IC Warnanya

Kerusakan pada LCD proyektor juga sering ditemui pada bagian RGB dan IC, dimana bagian inilah yang berfungsi untuk menampilkan dan membedakan warna pada gambar yang dihasilkan.

Bila kedua bagian ini mengalami kerusakan, maka LCD proyektor bisa mengalami warna pudar, tulisan buram, hingga gambar tidak tampil sama sekali.

Agar LCD proyektor bisa menghasilkan gambar kembali, anda bisa mengganti bagian tersebut dengan yang baru.

Di pasaran sendiri merek RGB dan IC yang bagus dan berkualitas bisa ditemui dengan mudah, terutama di toko-toko komputer atau toko elektronik yang menyediakan barang-barang elektronik yang lengkap.

3) Lepasnya Bagian Penting pada Board LCD

Bagi anda yang ingin memperbaiki LCD proyektor sendiri, pastinya anda harus membuka LCD proyektor.

Loading...

Disini anda akan menemukan yang namanya board LCD yang berisi bagian-bagian penting pada proyektor, pastikan bagian-bagian tersebut memiliki kondisi yang baik. Namun bila terdapat bagian yang rusak atau lepas segeralah untuk menggantinya agar tidak merusak bagian lainnya.

4) Bagian Proyektor yang Sering Mengalami Masalah

LCD proyektor pastinya memiliki bagian-bagian penting di dalamnya, namun ada beberapa bagian yang sering mengalami kerusakan.

Hal ini dikarenakan bagian tersebutlah yang memiliki beban berat pada pengoperasian LCD proyektor.

Bagian-bagian yang sering mengalami masalah adalah horizontal dan vertikal syncrone, Elco regulator, Kondensator milar, Trimpot, dan juga kabel screen.

Nah saat proyektor anda mengalami masalah maka ceklah bagian-bagian tersebut, hal ini dikarenakan bagian tersebut rentan terhadap kerusakan dari pada bagian lainnya.

Cara Mengatasi LCD Proyektor yang Berubah Warna

Setelah anda mengetahui penyebab serta bagian LCD yang sering mengalami kerusakan, maka anda bisa memulai untuk memperbaiki LCD proyektor tersebut.

Cukup perbaiki atau ganti komponen yang memang mengalami kerusakan, dimana komponen proyektor bisa anda temui dengan mudah di berbagai toko elektronik.

Apabila anda sudah mengganti komponen rusak dengan baru, maka anda sudah bisa mencobanya untuk digunakan.

Namun bila masih mengalami beberapa masalah tertentu, usahakan segera membawanya ke tempat teknisi terdekat. Hal ini dikarenakan LCD proyektor yang mengalami rusak terlalu lama bisa membuat komponen lainnya ikut rusak juga.

Cara mengatasi LCD proyektor yang berubah warna sebenarnya sangat mudah, apalagi bila anda sudah mengetahui bagian komponen penting seperti RGB dan IC warna.

Hanya dengan menggunakan alat di rumah sekalipun seperti solder dan kunci pembuka, anda sudah dapat memperbaiki LCD proyektor tersebut.

Permasalahan yang Sering Terjadi

Permasalahan ini bukan karena adanya kerusakan. Akan tetapi, karena colokan dari projector ke perangkat kurang pas. Biasanya projector akan berwarna kuning atau layarnya tidak bersih, ada garis hitam misalnya.

Untuk mengatasinya Anda hanya perlu mencari posisi colokan yang pas.

Bagaimana bila proyektor benar-benar tidak bisa?

Untuk mengatasi hal ini Anda bisa lakukan servis ke service center atau membeli baru. Bila hendak membeli baru Anda bisa cek beberapa proyektor terbaik di rekomended.com, lengkap dengan ulasan dan harganya.

Semoga tips-tips singkat di atas bisa membuat projector Anda berfungsi dengan baik ya.

Loading...