Cara Merawat Mesin Cuci

Loading...

Merawat mesin cuci dianggap sebagian orang dengan susah-susah gampang seperti barang elektronik lainnya. Namun demikian, anda tak perlu khawatir karena berikut kami sajikan beberapa cara yang bisa dilakukan untuk merawat mesin cuci, di antaranya:

11 Cara Merawat Mesin Cuci agar Awet

cara agar mesin cuci awet

Loading...

1. Tempat Menyimpan Mesin Cuci
Cara pertama yakni dengan memperhatikan lokasi penyimpanan mesin cuci di bagian rumah anda. Mesin cuci sebaiknya disimpan di tempat yang kering dan tidak lembab. Tempat lembab dapat mempercepat kerusakan pada bagian mesin cuci.
Selain itu, tempat yang tidak tembus sinar matahari juga tidak baik karena berpengaruh pada suhu dalam tabung mesin cuci.
2. Jangan Paksa Kapasitas
tips menjaga mesin cuci 2019
Hal yang sering dilakukan oleh orang-orang karena terburu-buru mencuci adalah dengan memaksakan kapasitas tabung mesin cuci. Anda biasanya secara tidak sadar memasukkan pakaian terlalu banyak. Hindari lakukan hal tersebut karena kinerja mesin cuci tidak maksimal dan kotoran pada pakaian tidak cepat bersih.
3. Jangan Kelamaan Menyimpan Pakaian
Selain hal di atas, kebiasaan buruk lain adalah terlalu lama menyimpan pakaian kotor di dalam mesin cuci. Padahal, hal ini bisa menyebabkan bau tidak sedap pada mesin cuci, sehingga anda harus mencuci ulang pakaian kotor atau kering yang sudah tersimpan dalam mesin cuci sebelumnya. Jika begitu, anda sama saja melakukan pekerjaan yang sama sebanyak dua kali.
4. Gunakan Mesin Cuci Sesuai Jenis Pakaian
Mesin cuci modern biasanya memiliki pengaturan untuk menyesuaikan jenis pakaian yang dicuci. Misalnya saat mencuci pakaian jenis jeans, tentu memiliki pengaturan berbeda saat mencuci pakaian berbahan katun. Menggunakan pengaturan sesuai dengan jenis pakaian akan membuat awet mesin cuci.
5. Bersihkan Tabung dan Filter
Membersihkan tabung dan filter mesin cuci menjadi salah satu tips merawat mesin cuci selanjutnya. SSetelah proses pencucian selesai, isi mesin cuci dengan air secukupnya lalu atur dengan mode cleaning. Setelah itu, cuci juga filter mesin cuci yang merupakan tempat bersarangnya noda-noda dari pakaian.
6. Cabut kabel Setelah Digunakan
Setelah mesin cuci selesai digunakan, sebaiknya anda juga memperhatikan colokan kabelnya, agar dicabut supaya tidak terjadi konsleting listrik saat terjadi mati listrik karena pemadaman.
7. Bagian Vital Hindarkan dari Air dan Detergen
Beberapa bagian vital mesin cuci seperti panel-panel dan modul PCB wajib dihindarikan dari air dan detergen. Jika terkena air seidkit saja, segera keringkan agar tak terjadi konslet atau kerusakan.
8. Jangan Memaksa untuk Hentikan Timer
Timer digunakan untuk mengatur lamanya melakukan proses pencucian oleh mesin cuci, Jangan sekali-sekali memaksa untuk memberhentikan secara paksa timer tersebut. Tunggu hingga mesin cuci menjalankan tugasnya dengan baik.
9. Merawat Mesin Cuci Satu Tabung

Loading...

Jenis mesin cuci dengan satu tabung umumnya sudah dilengkapi dengan sistem serba otomatis. Jangan lupa untuk selalu membuka penutup mesin cuci setelah selesai menggunakannya.
10. Merawat Mesin Cuci Dua Tabung
Mesin cuci dua tabung hampir sama perawatannya dengan mesin cuci satu tabung. Selalu cek bagian tabung spin dan bodi kalau-kalu ada benda yang terlempar saat proses pencucian seperti kancing baju, uang kertas atau koin.
11. Merawat Mesin Cuci Top Loading
Mesin cuci jenis top loading merupakan salah satu jenis mesin cuci satu tabung yang punya pintu di bagian atas. Pengaturan mesin cuci ini juga terdapat di atas. Sama dengan cara merawat mesin cuci, pada bagian vitalnya, usahakan untuk lindungi tombol-tombol tersebut dari air, detergen atau cairan pewangi.

Loading...