Cara Uninstall Aplikasi Android

Sebuah smartphone pastilah dilengkapi dengan berbagai macam applikasi untuk mendukung kinerjanya. Dan masing-masing aplikasi akan memiliki fungsi yang berbeda-beda tergantung tujuannya. Umumnya para pengguna HP android dapat mengunduh berbagai aplikasi lewat google playstore.

Nah berapa jumlah aplikasi yang saat ini terinstall di smartphone kalian?

Memang keberadaan app tambahan di perangkat android begitu dibutuhkan. Namun bukan berarti kita harus menginstallnya dalam jumlah banyak. Karena semakin banyak jumlah app yang terpasang, maka akan membuat kinerja smartphone semakin berat.

Cara Uninstall Aplikasi Android

Oleh karena itulah, kita harus rajin menghapus aplikasi-aplikasi yang sekiranya tidak dibutuhkan lagi. Sehingga akan membebaskan lebih banyak ruang penyimpanan pada perangkat android. Hal tersebut juga akan sangat berpengaruh pada kinerja smartphone agar menjadi lebih ringan.

Nah apakah kalian sudah tahu bagaimana cara untuk menguninstall aplikasi di HP android?

Setidaknya ada 2 cara untuk menghapus app yang terpasang di smartphone kita dengan mudah.

Cara pertama yaitu lewat playstore dan kedua bisa melalui pengaturan perangkat. Kedua cara tersebut umumnya bisa dipakai di HP android semua merk dan tipe.

Anda Penasaran bagaimana cara uninstall aplikasi di Android?

Berikut ulasan tentang cara uninstall aplikasi android yang kami kutip dari mastekno.com sebagai media online yang mengulas tentang teknologi. Yuk langsung saja simak tutorialnya.

Cara Uninstall Aplikasi Android Lewat Playstore

Selain bisa digunakan untuk mendownload dan menginstall, playstore juga bisa dipakai untuk menghapus app tidak penting. Berikut tutorial yang bisa kalian ikuti:

Buka Playstore

Cara Uninstall Aplikasi di Playstore 1

Langkah pertama silahkan buka playstore yang ada pada perangkat android kalian masing-masing. Selanjutnya tap pada tombol menu di bagian pojok kiri atas dan pilih Aplikasi dan Game Saya.

Cari Aplikasi

Kemudian kalian akan melihat daftar app yang terinstall di HP android tersebu. Silahkan cari mana yang sekiranya tidak dibutuhkan lagi dan ingin diuninstall. Ketuk atau tap pada nama aplikasinya.

Cara Uninstall Aplikasi di Playstore 2

Uninstall Aplikasi

Jika sudah masuk ke halaman aplikasinya, kalian akan melihat tombol Uninstall. Silahkan klik tombol tersebut untuk melakukan penghapusan app.

Cara Uninstall Aplikasi di Playstore 3

Konfirmasi Penghapusan Aplikasi

Selanjutnya kalian akan mendapati sebuah notifikasi tentang peringatan proses uninstall. Apabila kalian sudah yakin untuk melakukan uninstall terhadap aplikasi tersebut, langsung tekan OK.

Loading...
Cara Uninstall Aplikasi di Playstore 4

Proses Uninstall

Nah langkah terakhir kita hanya perlu menunggu proses penghapusan aplikasi dilakukan. Jika sudah selesai, silahkan kembali ke homescreen dan lihat apalah app tersebut sudah hilang dari daftar aplikasi atau belum untuk memastikan.

Cara Uninstall Aplikasi di Playstore 5

Cara Menghapus App Android Melalui Pengaturan

Tips kedua untuk cara uninstall aplikasi android ini juga tidak kalah mudah dengan yang sebelumnya. Karena Setting pada setiap smartphone umumnya sudah dibekali dengan menu uninstall aplikasi. Berikut ini panduan bagi yang belum tahu caranya.

#1. Buka Pengaturan HP

Pertama-tama, tentu saja kita harus membuka pengaturan/setting pada smartphone masing-masing. Kemudian cari menu aplikasi yang ada disana.

Cara Uninstall Aplikasi di Pengaturan 1

#2. Pilih Aplikasi

Selanjutnya, kalian akan melihat daftar aplikasi yang terinstall di HP android tersebut. Cari mana yang sekiranya tidak terlalu penting dan ingin di uninstall.

Cara Uninstall Aplikasi di Pengaturan 2

#3. Lakukan Penghapusan

Setelah itu, kalian akan menemukan opsi Uninstall. Silahkan tap pada tombol tersebut untuk memulai proses penghapusan aplikasi.

Cara Uninstall Aplikasi di Pengaturan 3

#4. Konfirmasi Penguninstallan

Biasanya akan muncul sebuah notifikasi untuk melakukan konfirmasi penghapusan app. Jika kalian memang sudah yakin, langsung saja tekan Oke. Tunggu proses uninstall hingga selesai, mudah bangetkan?

Cara-Uninstall-Aplikasi-di-Pengaturan-4

Baca juga : WhatsApp Mod Terbaru

Itulah sedikit tutorial cara uninstall aplikasi android. Sangat disarankan untuk rajin menguninstall app yang tidak penting supaya tidak memenuhi ruang penyimapan. Hal tersebut juga akan membuat kinerja smartphone menjadi lebih ringan dan tidak lag.

Loading...