Hafalan Wajib Umat Islam

Loading...

Menurut kepercayaan kita sebagai umat muslim, hidup hanyalah sementara. Bahkan ada yang mengibaratkan seperti hanya meminum secangkir kopi kalau dibandingkan dengan kehidupan abadi di akhirat kelak.

Kehidupan di dunia hanyalah fana, namun apakah kita bisa menjauhkan diri dari perbuatan sia-sia?

Sebagai penganut agama terbesar di Indonesia ini, seharusnya kita mengerti hal-hal dasar yang wajib kita pahami dalam agama Islam ini.

7 Hafalan Wajib Umat Islam

Hafalan-Wajib-Umat-Islam

Loading...

Karena dengan kita menghafal, maka akan mudah mengamalkannya agar kehidupan di dunia ini akan menjadi bekal untuk hidup di akhirat nanti.

Jadi dalam hal ini kita tidak hanya harus mengerti beberapa hal yang menjadi pilar agama islam. namun kita harus benar-benar menghafalkan dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Pada artikel ini akan mengemas hafalan wajib bagi umat Islam. Tujuh hafalan wajib berikut diharapkan dapat menjadi dasar bagi umat muslim agar lebih memahami perintah Allah.

Dengan menghafal dan mengamalkannya semoga mendapatkan manfaat baik lahir maupun batin dari menjalankannya. Simak ulasannya di bawah ini :

1. Umat Islam Wajib Menghafalkan Rukun Iman

Iman berarti percaya, percaya berarti yakin di dalam hati, mengucapkan dalam lisan . Keyakinan yang harus dimiliki umat Islam terletak pada kepercayaan kita terhadap enam hal yang telah disebutkan dalam rukun iman.

Dengan menghafalkan enam rukun iman, kita akan memiliki kemantaban hati dalam menjalankan ibadah yang diperintahkan dan menjauhi larangan yang tidak disukai oleh Allah.

Dengan menghafalkannya maka kita akan selalu berpegang teguh terhadap keimanan yang kita miliki dan tidak akan pernah goyah atas gangguan apapun.

2. Umat Islam Wajib Menghafalkan Rukun Islam

Setelah memantabkan diri dengan enam rukun iman, selanjutnya kita harus menghafalkan rukun Islam. Rukun Islam ada lima, masing-masing harus dilaksanakan sesuai ketentuan dan syarat dilakukannya.

Pengecualian dalam rukun Islam terletak pada menunaikan ibadah haji bagi yang mampu.

Mampu dalam hal ini dilihat dari materi dan rohani. Jika rohani telah mampu melaksanakan namun materi tidak mencukupi, maka bila Allah telah berkehendak maka orang tersebut akan menunaikan ibadah haji atas izin-Nya.

Sebaliknya, jika seseorang memiliki materi sebanyak banyaknya namun rohaninya tidak mencukupi dan Allah tidak berkehendak, maka orang tersebut tidak akan sampai ke tanah suci.

3. Umat Islam Wajib Menghafalkan Asmaul Husna

Asmaul husna merupakan nama-nama yang dimiliki oleh Allah. Allah memiliki 99 nama yang jika dihafalkan akan memberi manfaat bagi kita.

Asmaul husna ini dapat ditemukan pada bagian awal dalam Al-Quran, dapat dipahami bahwa sebelum membaca Al Quran alangkah baiknya kita memuji Allah sebagai zat yang Maha segalanya.

Loading...

Kekuasaan Allah terletak pada nama-nama yang ada di dalam asmaul husna. Selain itu, nama-nama tersebut memiliki arti masing-masing.

Asmaul husna tersebut dapat dibaca berulang kali untuk menenangkan atau berharap kejadian baik muncul pada situasi tertentu. Jika menghafalkan 99 nama Allah ini maka akan mendapat ganjaran berupa surga.

Simak tabel Asmaul Husna, manfaat mengamalkan Asmaul Husna lengkap yang dikutip dari wisatanabawi.com.

4. Umat Islam Wajib Menghafalkan 10 Malaikat

Malaikat merupakan hamba Allah yang paling taat. Alangkah baiknya kita mencontoh perilaku ketaatan para malaikat dengan menghafalkan nama beserta tugasnya.

Malaikat merupakan ciptaan Allah yang tidak memiliki hawa nafsu, sehingga hal yang dilakukan oleh malaikat hanyalah ibadah dan berdzikir kepada Allah. Kita sebagai manusia memiliki keduanya yaitu akal dan hawa nafsu.

Nafsu merupakan sifat dasar manusia yang dapat ditekan, sehingga jika kita melakukan hal-hal yang baik, insyaAllah nafsu ini dapat dikontrol, meskipun harus melalui paksaan karena pada dasarnya nafsu merupakan sifat dasar manusia yang tidak dapat dihilangkan.

Dengan menghafalkan nama malaikat beserta tugasnya, maka kita akan menyadari bahwa kita hidup di dunia ini tidaklah mudah, segala yang kita lakukan dicatat oleh malaikat, hal baik akan dicatat dan hal buruk akan dicatat.

Ketika segalanya sudah berakhir dalam bentuk kematian, kita juga akan ditanyai oleh malaikat yang berwenang.

5. Umat Islam Wajib Menghafalkan 25 Rasul

Seperti yang disebutkan dalam rukun iman, kita harus percaya dengan keberadaan Rasul yang telah diutus oleh Allah untuk menyebarkan agama kita ini.

Masing-masing rasul memiliki kisah dakwah dan mukzizat yang berbeda-beda. Sehingga setelah kita menghafalkan nama dan kisahnya, maka kita akan mendapatkan hikmah dan pelajaran atas kisah tersebut.

6. Umat Islam Wajib Menghafalkan Doa Sehari-hari

Seperti yang kita ketahui, Islam mengatur segala hal dari atas kepala hingga ujung kaki. Alangkah baiknya jika kita menghafalkan doa sehari-hari.

Doa sehari-hari ini meliputi doa akan tidur, bangun tidur, akan makan, setelah makan, dan lain sebagainya. Segala doa telah diatur sebelum melakukan dan sesudah melakukan.

Seharusnya kita menghafalkan agar aktivitas yang kita lakukan berkah karena ada Allah di dalamnya.

Namun jika tidak dapat menghafal, alangkah baiknya mengucapkan basmalah ketika akan mengerjakan sesuatu dan membaca hamdalah ketika selesai mengucapkan sesuatu.

7. Umat Islam Wajib Menghafalkan Doa Orang Tua

Orang tua bagaikan malaikat tanpa sayap yang telah merawat dan membesarkan kita dari masa bayi hingga dewasa sekarang ini.

Tentunya dalam setiap selesai shalat kita harus mendoakan orang tua. Adapun doa yang dapat diucapkan ketika selesai shalat memiliki arti yaitu meminta ampunan atas orang tua (ayah dan Ibu) dan meminta Allah menyayangi mereka seperti mereka menyayangi kita sejak kecil.

Simak dan baca juga : Amalan-amalan Untuk Menghapus Dosa

Tujuh hal di atas jika dihafalkan dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari akan memberikan manfaat kepada kita. Oleh karena itu alangkah baiknya kita menerapkannya dengan keikhlasan hati.

Loading...