Harga Rumah di Jakarta

Loading...

Hidup di kota besar mungkin menjadi idaman bagi banyak orang karena kemudahan akses dan kelengkapan fasilitas yang tidak dapat dijumpai di perkampungan atau desa-desa kecil.
Serta memiliki rumah di area perkotaan juga menjadi idaman bagi mereka yang merantau atau bahkan pindah ke kota-kota besar untuk urusan kerja, pendidikan, kesehatan, dan lainnya.
Bagi Anda yang berniat mencari rumah di kota besar, seperti Jakarta berikut ini kami lampirkan rentang harganya. Selain itu, ada kota lain seperti Surabaya, Yogyakarta, Bogor, Semarang, Bandung, atau Bali yang mungkin bisa Anda pertimbangkan pula.
Berikut tabel daftar harganya.

DaerahHarga
JakartaRp 600 juta hingga 2M.
SurabayaRp 500 jutaan
YogyakartaRp 600-700 jutaan
BogorRp 300-700 jutaan
SemarangRp 400-700 jutaan
BandungRp 800 jutaan
BaliRp 400 jutaan

1. Jakarta

Jakarta sebagai ibukota negara Indonesia memang banyak diincar para urban yang datang untuk mengadu nasib. Karena, memang banyak lahan pekerjaan yang tersedia atau peluang usaha lainnya dengan infrastruktur yang memadai.
Untuk Anda yang memang ingin menetap atau hanya sekadar ingin memiliki rumah di Jakarta, ada beberapa tipe rumah yang dapat Anda beli dengan harga tertentu.
Harga yang ditawarkan mulai dari ratusan hingga miliaran rupiah setiap unitnya, mulai dari rumah minimalis hingga rumah mewah yang terdiri dari beberapa lantai.
Beberapa lokasi yang menjadi favorit banyak orang untuk ditempati antara lain:

  • Pondok Indah, memiliki harga rumah Rp 909.091,00 per meter persegi.
  • Menteng, memiliki harga rumah Rp20.000.000,00 per meter persegi.

Memang rata-rata harga rumah di Jakarta yang cukup bagus ada di angka lebih dari 1 M.
Akan tetapi, Anda tetap bisa menemukan harga yang lebih miring, misalnya dekat Bandara Halim Perdanakusuma harga rumah berkisar Rp 600-700 jutaan.
Ada pula rumah di daerah Cilangkap dengan kisaran harga Rp 400 jutaan, seperti perumahan Syariah Green Village.

2. Surabaya

Kota besar selanjutnya yang menjadi banyak incaran orang untuk ditinggali adalah Surabaya. Kota metropolitan setelah Jakarta.
Banyak peluang maupun lowongan yang ada di kota ini, mengingat pabrik dan industrinya yang berkembang pesat. Selain itu, investasi rumah sebagai kost/kontrak pada daerah ini juga cukup menjamin karena kampus yang cukup ramai.
Beberapa lokasi di Surabaya yang banyak diminati orang untuk membeli rumah antara lain:

  • Rungkut, memiliki harga rumah Rp 625.000,00 per meter persegi.
  • Wiyung, memiliki harga rumah Rp 181.818,00 per meter persegi.
  • Kenjeran, memiliki harga rumah Rp 143.791,00 per meter persegi.

Harga rumah ada di angka >300 jutaan rupiah. Misalnya, pada Rhapsody Residence untuk tipe 36/66 harganya Rp 255 juta, sementara tipe 45/77 harganya Rp 468 juta.
Selain itu ada pula perumahan Puti Safira Barat Regency yang berada dekat dengan Sekolah Internasional Al-Azhar harganya Rp 500 juta untuk tipe 36/60.
Daerah lain yang kisaran harganya ada di angka Rp 500 jutaan, yakni ATRIVM Residence, Citraland, Sambikerep,  Surabaya dengan harga Rp 577 juta.
Sementara itu, harga yang cukup miring bisa Anda temukan di sekitar Surabaya, Gresik, ada perumahan Maharaja Residence, Menganti dengan harga Rp 313 jutaan dengan luas bangunan 40 meter persegi.

Loading...

3. Bogor

Bogor, kota yang dikenal dengan intensitas hujan yang besar. Lahan yang luas dan udara sejuk adalah contoh alasan mengapa Bogor menjadi pilihan untuk menetap.
Tak jarang para pengembang properti memanfaatkan hal ini untuk menginvestasikan uangnya untuk membangun perumahan.
Nah, selain itu Bogor juga memiliki potensi wisata yang banyak serta istana presiden juga ada di sini, Istana Bogor.
Harga rumah di Bogor berkisar antara Rp300.000.000,00 sampai Rp700.000.000,00 untuk rumah dengan  dua kamar. Tak mengherankan bila setiap tahunnya penjual rumah tipe tersebut di Bogor semakin meningkat hingga mencapai angka 4 jutaan per meter persegi karena permintaan properti yang cukup tinggi.

4. Semarang

Umumnya, harga rumah di Semarang untuk tipe 36, 45, atau 60 berkisar antara Rp 300-800 jutaan.
Untuk daerah Manyaran, tipe 40 dengan harga Rp 465.000.000 (Alana Townhouse). Pada denah rumah dapat kita lihat terdapat 2 KT dan 1 KM dengan luas tanah 73 m2. Adapun lokasinya terbilang strategis, dekat dengan jalan raya, rumah sakit, sekolah, ibadah, dan pusat perbelanjaan.
Sementara daerah Semarang Barat ada perumahan Perumahan Syariah Ngaliyan dengan harga Rp 750.000.000 untuk rumah tipe 50/120. Lokasinya cukup strategis, dekat dengan Superindo, Permata Media Hospital, dan kampus UIN Walisongo.

5. Bandung

Bandung, kota yang dikenal sebagai Paris Van Java, Kota Kembang, atau City of Heritage. Di kota Bandung ini, salah satu kampus ternama berdiri, Institut Teknogi Bandung.
Namun, terlepas dari hal itu bidang ekonomi adalah salah satu alasan mengapa Bandung kerap dijadikan sebagai tempat tinggal. Pertumbuhan ekonomi kreatif dan komunitas-komunitas di tahun belakang cukup cepat pertumbuhannya.
Beberapa daerah yang bisa Anda pertimbangkan dengan harga lebih murah, seperti:

  • Arjasari, memiliki harga rumah termurah dengan harga Rp 694.444,00 per meter persegi.
  • Katapang, memiliki harga rumah termurah dengan harga Rp4.100.000,00 per meter persegi.
  • Kacapiring, memiliki harga rumah termurah dengan harga Rp.4.125.000,00 per meter persegi.

Sementara untuk daerah  yang cukup ramai, seperti Dago harganya ada di angka miliaran.

6. Yogyakarta

Harga rumah di Yogyakarta saat ini tergolong berada di bagian tengah, tak terlalu murah dan tak terlalu mahal. Untuk tipe 60, harganya berkisar di angka Rp 700 jutaan. Hanya saja, bisa saja lebih mahal bila model terkini dan dekat dengan pusat kota.
Misalnya, rumah dekat Malioboro dengan 4 kamar tidur dan 1 kamar mandi tipe 60/111 harganya Rp 765 juta.
Dengan rentang harga yang sama, Rp 700 jutaan, di daerah Mergangsan Anda bisa mendapatkan rumah tipe 54/102 di perumahan Nurjannah Village Karangkajen. Lokasinya dekat dengan pasar telo, pusat perbelanjaan, dan malioboro. Konsep huniannya tampak compact dan minimalis. Bila Anda butuh inspirasi mengenai desain rumah seperti ini bisa mengunjungi dekadeko.com.

7. Bali

Tak hanya wisatawan lokal yang menyukai pulau Bali tapi sudah banyak wisatawan dunia yang datang ke Indonesia hanya untuk mengunjungi Bali.
Banyak orang mengidam-idamkan Bali untuk dijadikan sebagai tempat hunian.Pada tahun 2017, harga rumah di Bali mencapai Rp12.420.000,00 per meter persegi yang setiap tahun naik namun cenderung stabil di kisaran Rp800.000,00 per meter persegi.
Demikianlah pembahasan mengenai harga rumah di beberapa kota besar Indonesia. Semoga bermanfaat dan Anda menemukan pilihan yang pas.

Loading...