Ibadah untuk Mendapat Pengampunan Allah

Loading...

Kesalahan dan kealpaan adalah hal yang lazim dilakukan manusia. Hal ini merupakan hakikat alami dan manusiawi karena manusia memiliki dua sisi yaitu baik dan buruk. Kita tidak seperti malaikat yang selalu benar atau syetan yang selalu salah.
Ibadah-Untuk-Memohon-Ampunan-Allah

Loading...

Ada kalanya kita melakukan kesalahan. Bahkan Nabi pun, sebagai manusia pilihan Allah, juga ada yang melakukan salah. Kesalahan dan dosa ini bukan untuk disesali terus menerus. Manusia yang baik adalah manusia yang segera menyadari kekeliruan dan langsung bertaubat.

Amalan Ampuh untuk Meraih Ampunan Allah

Sebagai umat Islam, kita percaya bahwa perbuatan buruk akan mendapatkan dosa dan membuat kita berakhir di neraka. Oleh sebab itu, perbuatan buruk harus dihentikan dengan bertobat. Dosa yang sudah tercatat supaya segera dimintakan ampunan kepada Allah supaya kita terhindar dari siksa neraka.

Berikut ini adalah beberapa amalan atau ibadah supaya dosa-dosa kita diampuni oleh Allah, yaitu :

1. Shalat Taubat

Shalat taubat adalah shalat sunnah dua rakaat yang diniati untuk memohon ampunan Allah. Jika kita melakukan alpa atau dosa, segeralah untuk bertobat dan minta ampun dengan melakukan shalat taubat. Shalat ini merupakan bentuk penyerahan diri kepada Allah.

2. Istighfar

Nabi Muhammad SAW bersabda bahwa ketika anak manusia melakukan kesalahan dan segera menyadarinya, kemudian dia beristighfar maka Allah akan mengampuni dosanya. Kalimat istighfar adalah Astaghfirullah yang berarti Aku mohon ampun kepada Allah.

Kalimat istighfar merupakan kalimat yang cukup singkat namun memiliki wasilah keutamaan.

Jika Anda membaca kalimat istighfar 100 kali di pagi hari dan 100 kali di sore hari, Allah akan mengampuni dosa Anda. Dengan catatan, dosa yang diampuni tidak termasuk 10 dosa besar.

3. Membaca Kalimat Tasbih

Kalimat tasbih adalah kalimat untuk memuji Allah. Kalimat ini berbunyi Subhanallah yang artinya Maha Suci Allah. Sebuah hadist diriwayatkan untuk membaca dzikir “Subhanallah wabihamdihi” sebanyak 100 kali di pagi dan sore hari.

Apabila membacanya secara rutin, Allah SWT akan mengampuni dosa kita meskipun dosanya sangat besar. Sebanyak itu pula Allah akan mengampuni dosa-dosa Anda. Jadi jangan ragu untuk mengamalkan ibadah ini ya Sobat.

Loading...

4. Membaca Surat Yasin

Keutamaan-Surat-Yasin

Sumber Gambar : https://wisatanabawi.com

Hadist Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh At Thabrani menyebutkan keutamaan surat Yasin.

Salah satu keutamaan dari surat yasin yaitu :

“Ketika seorang anak adam membaca surat Yasin pada malam hari, maka keesokan paginya dosa orang tersebut akan diampuni.”

Inilah salah satu pedoman yang dipergunakan oleh para alim ulama yang menganjurkan untuk membaca surat Yasin. Keutamaannya sangat memberikan manfaat dalam kehidupan manusia.

5. Membaca Doa Nabi Yunus

Nabi Yunus adalah seorang nabi yang pernah mengalami hidup di dalam perut ikan paus. Kondisi ini terjadi karena kesalahannya meninggalkan kaumnya.

Dalam penyesalan, nabi yunus terus berdoa kepada Allah supaya diampuni kesalahannya. Doa ini kemudian didengarkan oleh Allah sehingga dia diselamatkan dari perut ikan tersebut.

6. Puasa Nabi Daud

Puasa Nabi Daud adalah tingkatan puasa sunnah yang paling utama. Puasa ini bahkan memiliki pahala lebih banyak dibandingkan puasa senin kami atau puasa 3 hari setiap bulan.

Dengan menjalankan puasa Daud, Anda harus terus berdoa supaya mendapat ampunan dari Allah. Selain menyucikan hati, Anda juga sekaligus menyucikan tubuh dengan puasa.

7. Perbanyak Sedekah

Dengan bersedekah, kita berharap semoga Allah berkenan menerima perbuatan baik dan mengampuni semua perbuatan buruk.

Sedekah disini yaitu dengan mengamalkan sebagian harta yang kita miliki untuk orang lain yang membutuhka karena Allah. Sedekah memiliki nilai pahala yang cukup tinggi.

Sedekah jariyah atau Shodaqoh jariyah juga akan mengalirkan pahala terus menerus kepada kita hingga hari kiamat.

8. Shalat Tahajud

Ketika kita berusaha membuka mata untuk shalat Tahajjud saat orang lain masih tidur, pahala mulai mengalir.

Ketika tangan kita menadah ke langit memohon ampunan Allah, Allah akan melihatnya dengan penuh rasa cinta. Ampunan Allah bertebaran di sepertiga malam. Oleh sebab itu, rajin-rajinlah untuk bangun tengah malam dan shalat Tahajud.

Simak dan baca : Amalan Untuk Menghapus Dosa

Dosa dan kesalahan memang lazim terjadi. Apalagi pada manusia yang belum memiliki kefahaman ilmu. Namun, tidak seharusnya Anda terus terlena akan kesalahan yang diperbuat. Segeralah bertobat dan memohon ampun ketika masih diberikan kesempatan. Jangan sampai menyesal ketika hari penghakiman tiba.

Loading...