Jatim Park 1

Loading...

Potensi kota Batu sebagai objek pariwisata memang telah terlihat sejak kota ini masih menjadi bagian dari wilayah administratif kota Malang. Bahkan, lebih dari setengah pendapatan asli daerah (PAD) kota Malang yang berasal dari sektor pariwisata, saat itu bersumber dari tempat-tempat liburan yang ada di Batu.

Seolah menjadi bukti, ketika wilayah Batu telah dimekarkan menjadi kota Kabupaten tersendiri, geliat pariwisata di kota ini semakin tidak terbendung. Selain mengembangkan lokasi pariwisata yang telah ada, pembangunan lokasi wisata baru pun terus dilakukan. Hasilnya, kota Batu kini kaya dengan tempat rekreasi yang berdampak langsung pada bertambahnya pemasukan daerah dan meningkatnya taraf hidup masyarakat.

Jatim Park 1

Jawa Timur park 1 - Jatimpark 1

Membahas kota Batu sebagai objek pariwisata, maka kita tidak bisa terlepas dari pembahasan mengenai salah satu lokasi wisata yang bernama Jatim Park (Jawa Timur Park) yang kemudian berubah menjadi Jatim Park 1. Karena, objek wisata Jawa Timur Park Pertama inilah yang menjadi awal dari perkembangan industri pariwisata di kota Batu.

Seiring muncul dan terkenalnya objek wisata di Batu Malang ini, objek-objek wisata lain yang lebih dulu berdiri di kota Batu, juga kecipratan dampak positif dari segi pertambahan jumlah pengunjung. Meskipun tidak sebanyak pengunjung Jatim Park 1, bila dibandingkan dengan sebelumnya, objek-objek wisata lain tersebut memang mengalami peningkatan jumlah pengunjung.

Sekilah tentang objek wisata Jatim Park 1

Jatim Park 1 Batu Malang Guide

Jawa Timur Park 1 adalah lokasi wisata bertaraf internasional yang bernaung dibawah jatim park group milik PT. Bunga Wangsa Sedjati. Selain membangun Jatim Park 1, PT ini juga membangun dan mengelola beberapa tempat rekreasi lain diantaranya museum satwa, BNS, Batu secret zoo, eco green park, museum tubuh, museum angkut dan predator fun park yang kesemuanya terletak di kota Batu.

Jatim Park 1 yang merupakan pilot pertumbuhan wisata modern di kota Batu, dibangun di atas tanah seluas 22 hektar. Letaknya yang berada tidak jauh dari pusat kota Batu dengan akses jalan yang cukup bagus, membuat wisatawan yang ingin berkunjung dapat dengan mudah untuk menemukan lokasi wisata ini.

Untuk memuaskan para pengunjung, saat ini pengelola telah menyediakan sekitar 53 wahana. Wahana-wahana ini, informasinya akan terus ditambah agar pengunjung yang pernah datang ke ke tempat wisata ini tidak bosan dengan aktivitas wisata yang itu-itu saja.

Upaya diatas ternyata membuahkan hasil. Terbukti, saat masa liburan, para wisatawan yang datang ke Jatim Park 1 selalu bertambah. Menariknya yang datang bukan saja pengunjung baru, melainkan pengunjung lama yang me-repeat kunjungan mereka karena ingin mencoba wahana baru.

Arena bermain Jatim Park 1 Malang

Tempat wisata di Jawa Timur Park satu resmi dibuka dan diperkenalkan ke muka umum pada tanggal 2 Maret 2002 silam. Saat itu, peresmian objek wisata Jawa Timur Park 1 ini dihadiri langsung oleh menteri riset dan teknologi yang dijabat oleh bapak Ir. H. M. Hatta Radjasa.

Banyak orang merasa aneh ketika mendengar peresmiannya dihadiri oleh menteri riset dan teknologi. Namun setelah mengetahui wahana-wahana yang tersedia, orang-orang tersebut pun faham dan memakluminya. Pasalnya, wahana-wahana yang ada di Jatim Park 1, ternyata tidak hanya menjadi tempat hiburan, melainkan juga sebagai tempat belajar mengenai ilmu seni, budaya, sains dan teknologi.

Wahana Jatim Park 1

Sebagaimana yang telah diungkap sebelumnya. Di lokasi wisata Jatim Park 1 telah tersedia berbagai macam wahana baik berupa wahana rekreasi ataupun wahana edukasi dalam jumlah yang cukup banyak. Hal ini, tentunya akan membuat pengunjung lebih puas dan lebih mudah untuk memilih jenis wahana yang ingin dinikmatinya.

Secara umum, wahana-wahana yang ada di Jatim Park 1 dapat dikelombokkan ke dalam 3 kategori atau zona. Ketiga zona tersebut ialah zona pembelajaran, zona playground serta zona adventure. Paparan singkat dari masing-masing zona tersebut, bisa Anda simak pada uraian berikut ini.

1. Wahana Zona Pembelajaran

Di zona ini Anda bisa menemukan sekaligus memperagakan sejumlah wahana pembelajaran yang dikonsep dengan cukup menarik sehingga tidak menghilangkan kesan bahwa Anda sedang berlibur. Wahana-wahana yang terdapat pada zona ini diantaranya adalah :

Taman sejarah
Taman Sejarah Jatim Park 1 batu malang

Wahana taman sejarah menyediakan koleksi berbagai macam candi dan arca dalam bentuk mini. Di sini, Anda ataupun anak-anak Anda, bisa belajar mengenai sejarah Indonesia dengan metode yang lebih menarik.

Taman fisika
Taman Fisika Jatim Park 1

Loading...

Di wahana taman fisika Anda bisa menemukan berbagai macam alat peraga yang juga dikonsep dengan cukup menarik. Sehingga anggapan bahwa belajar fisika itu membosankan, akan hilang ketika Anda memasuki taman fisika ini.

Museum uang
Museum Uang jatim park 1

Di museum uang Anda bisa menikmati sajian berbagai macam bentuk mata uang dengan penjelasan lengkapnya. Uang-uang tersebut, dipamerkan pada sebuah etalase kaca yang tertempel di dinding-dinding museum.

Taman burung

Bagi Anda yang hobby memelihara dan melihat burung. Maka taman burung yang berada di zona pembelajaran Jatim Park 1 adalah tempat yang menarik untuk Anda datangi. Di sini, terdapat sekitar 400 ekor burung dengan bentuk, suara serta warna yang beragam.

2. Wahana Zona Playground

Ada berbagai macam wahana permainan yang ada di zona playground ini. sebagian wahana diperuntukkan khusus untuk anak-anak, dan sebagian lainnya bebas untuk dinikmati oleh siapapun. Beberapa wahana permainan yang ada di zona playgroung Jatim Park 1 ialah :

Dog race
Dog race jatim park 1

Wahan ini mirip dengan odong-odong yang kadang hadir di pasar-pasar untuk menghibur masyarakat. Bedanya ialah dog race ini menggunakan dudukan berbentuk anjing panjang. Bentuk permainan nya ialah dengan menunggangi atau menduduki dudukan kemudian memutari area wahana dog race bersama iringan lagu-lagu tradisional atau lagu anak-anak.

Kolam renang anak
Kolam Renang anak di Jatim Park 1

Anak-anak biasanya menyukai wahana bermain air. Nah di sini, terdapat kolam renang anak dengan kedalaman 40 cm. Untuk menambah keseruan, wahana ini juga dilengkapi dengan seluncur berbentuk buaya, trampolin dan bentuk-bentuk lainnya.

Arena bermain pasir

Selain menyukai wahana bermain air. Anak-anak juga biasanya menyukai jenis permainan pengeksplore kreatifitas. Seperti namanya, wahana ini menyediakan arena bermain pasir layak nya bermain pasir di pinggir pantai.

3. Wahana Zona Adventure

Zona adventur akan sangat menarik bagi Anda yang menyukai petualangan. Di zona ini, Anda akan merasakan pengalaman menjelajah alam dengan cara yang berbeda. Wahana-wahana petualangan yang tersedia di zona ini diantaranya ialah :

Keraton hantu
Keraton hantu jatim park 1

Di wahana keraton hantu Anda akan mendapatkan pengalaman mistis yang cukup menakutkan. Di sini terdapat berbagai macam tempat dan property menakutkan yang dijamin akan membuat Anda berteriak-teriak ketakutan. Tapi jangan khwatir mengenai masalah keamanan wahan ini. karena di setiap ruangan atau tempat yang akan Anda jelajahi, telah dilengkapi dengan CCTV untuk memantua aktivitas Anda sepanjang waktu.

Sky ride
Sky Ride Jawa Timur Park 1 Malang

Melalui wahana sky ride Anda akan merasakan pengalaman meluncur di atas ketinggian. Biasanya, wahana ini cukup diminati oleh para pasangan muda-mudi karena dapat menghadirkan suasana yang romantis (saran kami ajaklah pasangan Anda yang halal). Selain itu, melalui ketinggian Anda juga bisa menikmati view semua area yang ada di Jatim Park 1. Karenanya, jangan lupa untuk menyiapkan kamera sebelum mencoba wahana sky ride ini.

Flying Tornado
Flying Tornado Jatim Park 1 Batu Malang

Bagi Anda yang pernah datang ke Dufan, tentu sudah tidak asing dengan wahana permainan flying tornado. Wahana ini adalah permainan yang mengajak pengunjungnya untuk berputar-putar di atas ketinggian dengan formasi putaran acak. Karena terbilang permainan ekstrim, maka dianjurkan bagi Anda untuk benar-benar melakukan persiapan sebelum mencoba wahana flying tornado.

Harga Tiket Masuk di Jatim Park 1

Sebelum dapat menikmati seluruh wahana yang ada di objek wisata Jatim Park 1. Pengunjung yang datang harus membayar tiket masuk dengan harga Rp. 70.000 pada hari kerja dan Rp. 100.000 pada hari libur.

Mahal memang, namun dengan biaya tersebut, Anda kemudian bisa menikmati semua wahana permainan dan fasilitas yang ada tanpa mengeluarkan biaya tambahan.

Baca juga : Keliling Kota Malang dengan Bus MACYTO

Selain wahana permainan, Jatim Park 1 juga dilengkapi dengan fasilitas lengkap seperti area parkir, kerata bayi, kamar mandi, pusat informasi, loker, klinik, musholla dan berbagai fasilitas lainnya.

Loading...