Kata-kata Simple tapi Keren

Loading...

Kata-kata Simple tapi Keren – Kehidupan tak selamanya akan berjalan mulus tanpa hambatan. Tak jarang berbagai peristiwa, rintangan, tantangan, hingga pengalaman harus dihadapi. Tidak heran kalau kita pasti membutuhkan orang lain untuk sekedar berbagi cerita dan untuk mencari solusi. Akan tetapi terkadang, banyak orang yang juga butuh berbagai kata motivasi bijak untuk kembali membangkitkan mimpi.

Kata-kata simple tapi keren

Memang ada banyak sekali kata-kata bijak yang dapat dipelajari dan diambil maknanya. Seperti kali ini, kita akan membahas beberapa kata-kata simple tapi keren yang akan menginspirasi kehidupan Anda. Namun harus Anda yakini juga, bahwa setiap tantangan dan pengalaman yang telah lalu dapat Anda gunakan sebagai batu pijakan untuk kehidupan yang jauh lebih baik.

Berikut kata-kata Simple tapi Keren yang Dapat Menginspirasi Anda

1. Arti air mata

“Air mata berasa asin itu karena air mata adalah garam kehidupan.” (Buya Hamka)

Kata-kata simple buya Hamka

Kata-kata simple tapi keren yang satu ini memiliki arti bahwa air mata itu ibarat garam dalam kehidupan kita. Berbagai peristiwa dalam hidup, ada yang bahagia, haru, sedih, dan kecewa pasti pernah kita rasakan. Air mata tidak hanya menjadi saksi bisu atas setiap pedihnya kegagalan yang kita alami. Namun, air mata juga menghiasi setiap nikmat dan kebahagiaan yang kita peroleh. Dengan begitu, apapun peristiwa yang pernah singgah dalam hidup kita dapat kita ambil hikmahnya sebagai bahan pembelajaran ke depan.

2. Jangan menyakiti orang lain

“Sebelum menendang, perlu engkau sadari bahwa engkau akan berdiri dengan satu kaki saja.” (Achmad Mustofa Bisri)

Kata-kata simple Gus Mus

Istilah menendang di sini bermakna menyakiti orang lain. Terkadang secara tidak sengaja kita telah menyakiti orang lain. Dengan menyakiti orang lain terlebih tanpa alasan yang jelas, maka kita juga akan siap untuk kehilangan teman. Sedangkan kehilangan teman di sini diartikan dalam berdiri dengan satu kaki, di mana hal itu tentunya akan membuat kita rapuh saat hidup seorang diri. Sebab, hakikatnya manusia merupakan makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri. Sebagai manusia kita tetap membutuhkan pertolongan orang lain.

3. Kendalikan amarah sebaik mungkin

“Jangan pernah membuat keputusan saat marah. Dan jangan pernah berjanji saat kau bahagia.” (Ali bin Abi Thalib)

Seringkali kita mengambil keputusan tanpa perlu memikirkannya terlebih dahulu. Saat kita mengambil suatu keputusan dalam keadaan marah, sebenarnya keputusan itu hanya berdasar pada emosi sesaat saja yang tentunya tidak selamanya baik. Tak jarang juga kita dengan mudahnya berjanji saat kita sedang berada di puncak rasa senang. Padahal itu hanyalah berlandaskan pada hawa nafsu, yang mana hawa nafsu itu tidak sepenuhnya benar. Maka berhati-hatilah sebelum memutuskan sesuatu, dan menenangkan diri terlebih dahulu adalah jauh lebih baik.

4. Bersabarlah

“Untuk mendapatkan apa yang diinginkan, kau harus bersabar dengan apa yang kau benci.” (Imam Ghazali)

Segala sesuatu terlebih yang berhubungan dengan mimpi dan cita-cita itu memang tidak mudah. Kita harus terus berjuang dan bersabar menghadapi setiap rasa pahit dalam perjalanan mencapai kesuksesan. Kata-kata simple tapi keren ini dapat dijadikan sebagai pegangan saat kita merasa berat menghadapi suatu tantangan. Tetap bertahan dalam keadaan yang rumit adalah suatu pengorbanan yang besar. Namun dibalik semua jerih payah itu aka nada sebuah hadiah keberhasilan yang menanti atas apa yang telah kita perjuangkan.

5. Tidak ada orang yang sempurna

“Jika kamu mencari seorang teman yang tak punya kesalahan, kau tak akan pernah punya teman.” (El Rumi)

Loading...

Setiap orang pasti pernah berbuat salah, baik itu sengaja ataupun hanya sekedar kata-kata ringan tapi ternyata menyinggung hati orang lain. Terkadang kita merasa marah atau jengkel dengan perkataan atau sikap teman kita. Namun tak jarang juga ada sikap dan perkataan kita yang tanpa kita sadari telah membuat marah orang lain. Lewat kata-kata simple tapi keren ini, sang penyair telah mengajarkan kepada kita betapa pentingnya kita menghargai berbagai sikap dan sifat teman kita, karena sesungguhnya tidak ada satu orang pun yang sempurna.

6. Tuhan itu melebihi segala-galanya

“Lebihi baik kehilangan sesuatu demi Tuhan. Daripada kehilangan Tuhan demi sesuatu.” (Mufti Menk)

Kata-kata simple tapi keren tersebut telah menyadarkan kita bahwa kadang kita mengabaikan sesuatu yang sesungguhnya penting dan sudah sangat jelas berguna bagi hidup kita. Terlebih dalam hal agama, mengutamakan sesuatu yang menurut kita penting tanpa menimbang hasil akhirnya sama saja akan membuat kita rugi. Maka tetap bertahanlah pada sesuatu yang baik, sekalipun itu terasa pahit untuk kita.

7. Masa Lalu yang Buruk Menjadi Penyemangat Meraih Masa Depan yang Cerah

“Terkadang orang-orang dengan masa lalu yang buruk bisa menciptakan masa depan yang cerah.” (Umar bin Khatab)

Masa lalu adalah kenangan yang juga dapat dijadikan pengalaman sebagai pelajaran untuk masa depan yang jauh lebih baik. Tak jarang ketika seseorang memiliki masa lalu yang kelam, justru dia akan berusaha sekuat tenaga agar masa lalu yang buruk tersebut tidak terulang. Dengan tekadnya yang kuat, maka masa depannya akan berubah jauh lebih baik dibanding keadaannya dulu yang tak sebaik sekarang.

8. Jangan berandai-andai karena bisa membuat hati resah

“Hati menjadi resah dan gelisah ketika kita terbiasa berandai andai dalam menyikapi persoalan hidup.” (Aa Gym)

Kata-kata simple Aa Gym

Setiap orang pasti pernah berbuat salah dan pasti pernah mempunyai masalah. Tetapi dengan berkata “seandainya” tidak akan membuat masalah itu selesai, ataupun dapat menghapus kesalahan yang pernah kita lakukan. Kata-kata simple tapi keren ini mengingatkan kita kalau hanya dengan berandai-andai hanyalah membuang-buang waktu saja. Sebaiknya bergegaslah melakukan sesuatu yang lebih baik.

9. Selalulah berbuat kebaikan sekecil apapun itu

“Lakukanlah kebaikan sekecil apapun, karena engkau tidak pernah tahu kebaikan apa yang akan memasukkanmu ke Syurga”. (Imam Hasan Albasri)

Kata-kata keren yang berikutnya adalah tentang ajakan untuk selalu berbuat baik dalam hal apapun. Hal ini disebabkan kita tidak akan pernah tahu tentang kebaikan kita yang mana yang nantinya akan menjadi amal kita. Terkadang kita telah melakukan suatu kebaikan yang bernilai besar bagi kita. Namun ketika diantara kebaikan itu terselip rasa sombong, maka hal itu belum tentu tercatat sebagai amal baik kita.

10. Tidak ada yang abadi di dunia ini

“Setiap orang di dunia ini adalah seorang tamu, dan uangnya adalah pinjaman. Tamu itu pastilah akan pergi, cepat atau lambat, dan pinjaman itu haruslah dikembalikan.” (Ibnu Mas’ud)

Harus selalu kita ingat bahwa tidak ada yang abadi dalam kehidupan ini, baik itu harta, teman atau keluarga, dan diri kita sendiri. Sebagai makhluk hidup, kita pasti akan mati, sedangkan uang atau harta sebanyak apapun itu tidak akan menjamin kehidupan kita. Kata-kata simple tapi keren ini memberi pelajaran bahwa cepat atau lambat semuanya yang berawal pasti akan berakhir.

11. Lebih baik fokus memperbaiki diri sendiri daripada mencari kekurangan orang lain

“Barang siapa sibuk dengan dirinya sendiri maka orang tersebut akan jauh dari mencari kekurangan orang lain.” (Abu Sulaiman Ad-Darani)

Kata-kata simple tapi keren ini memiliki makna bahwa dengan selalu melihat pada kekurangan diri sendiri dan terus memperbaiki dan memantaskan diri, maka dengan begitu setiap kekurangan orang lain pun akan luput dari pandangannya. Itu sebab seringkali kita sebagai manusia hanya mampu melihat kekurangan orang lain saja, padahal itu sama sekali tidak ada untungnya bagi diri sendiri.

12. Pandailah Memanfaatkan Waktu Sebaik Mungkin

“Jangan sampai ayam jantan lebih pandai darimu. Ia berkokok di waktu shubuh, sedang kamu tetap lelap dalam tidur.” (Lukman Hakim)

Kita harus bisa memanajemen waktu, dan bergegas di pagi hari adalah hal yang utama. Lewat kata-kata simple tapi keren ini, kita diingatkan supaya jangan sampai kita kalah sekalipun dengan seekor ayam. Itu karena segala kebaikan termasuk rezeki datang di pagi hari. Jika kita bangun lebih pagi, kita bisa mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik.

Baca juga : Kata-kata Bijak Islam

Itulah kata-kata simple tapi keren yang dapat dijadikan sebagai motivasi dalam kehidupan. Selalu memperbaiki diri dan berbuat baik akan memberikan nilai positif dalam hidup Anda. Semoga dapat menginspirasi dan menjadikan setiap perjalanan hidup lebih bermakna.

Loading...