Keselahan Saat Mandi

Loading...

Salah satu kegiatan yang sering kita lakukan setiap harinya adalah mandi. Kegiatan rutinitas yang kelihatannya sederhana ini tentu tidak pernah anda lewati. Mulai dari mandi di pagi hari atau mandi malam hari. Karena dengan mandi tubuh kita akan bersih, wangi dan yang paling penting adalah badan menjadi terasa lebih segar. Namun tahukah Anda ada beberapa kesalahan saat mandi yang sering dilakukan orang yang bisa membuat efek-efek mandi positive tersebut menjadi efek negative, memang ada beberapa efek negative dari mandi yang mungkin belum Anda ketahui.

Kesalahan Saat Mandi yang Bisa Mengganggu Kesehatan

Berikut ini Kesalahan Saat Mandi yang Bisa Mengganggu Kesehatan

1. Keramas Setiap Hari

Kesalahan saat mandi yang sering dilakukan pada umumnya adalah keramas setiap hari. Anda mungkin salah satu orang yang meyakini jika keramas setiap hari maka rambut akan bersih dan segar setiap hari. Ternyata hal tersebut keliru adanya, karena ternyata jika kita melakukan keramas setiap hari maka rambut justru akan lebih berminyak.

Sebenarnya shampoo itu bisa menghilangkan minyak alami pada rambut dan kulit kepala yang akhirnya terjadilah kekeringan pada rambut, hal ini memicu kepala untuk memproduksi lebih banyak minyak alami demi menjaga kelembaban rambut, alhasil produksi minyak alami menjadi berlebihan dan justru membuat rambut semakin berminyak dan tak jarang juga menyebabkan ketombe. Karena itu cucilah rambut anda 2 atau 3 hari sekali untuk memberi waktu bagi minyak agar bisa menyebar hingga ke ujung rambut, lebih menutrisi rambut, dan yang paling penting adalah membuat rambut menjadi lebih sehat.

2. Mandi Air Panas

Setelah melakukan aktivitas seharian paling enak memang melakukan relaksasi di rumah dengan mandi air panas. Hal ini memang tak bisa dipungkiri karena dengan mandi air panas juga bisa menimbulkan kenyamanan tersendiri bagi tubuh. Tapi jangan sampai keterusan, karena jika setiap hari anda mandi dengan air panas ternyata bisa menimbulkan efek negative bagi tubuh.

Loading...

Kesalahan saat mandi dengan air panas apalagi air panas tersebut mengenai kulit kepala dan rambut maka bisa membuat kulit rambut jadi cepat kering, mengikis minyak alami yang melembabkan kulit , juga membuat pori-pori kulit terbuka lebar. Dan dengan pori-pori yang terbuka lebar akan membuat kotoran dan bakterli lebih mudah menempel dan bersarang pada kulit anda.

3. Mengeringkan Rambut dengan Handuk

Kesalahan mandi yang selanjutnya dan mungkin sering Anda lakukan yakni mengeringkan rambut dengan handuk ternyata salah satu kesalahan saat mandi yang dapat menganggu kesehatan. Karena rambut yang sedang basah itu ternyata sangat rapuh dan rentan rusak, rambut basah nan rapuh bertemu dengan gesekan handuk yang teksturnya cenderung lebih kasar, bisa membuat folikel rambut atau kantung tumbuhnya rambut menjadi rusak.

Dengan menggosok-nggosokan handuk ke rambut akan membuat rambut bisa menjadi pecah-pecah, memang menggosok -gosokkan rambut yang basah bisa lebih cepat membuat rambut kering. Tapi perlu diingat kembali bahwa cara ini dapat merusak rambut anda, maka sebaiknya ketika anda selesai keramas cara terbaik untuk mengeringkan rambut dengan membiarkannya kering secara alami atau menekan-nekan rambut anda secara halus dan perlahan menggunakan handuk, atau membungkusnya selama beberapa menit.

4. Bercukur Sebelum Mandi

Dan keselahan saat mandi yang mengganggu kesehatan yang terakhir adalah bercukur sebelum mandi, bagi anda yang mencukur rambut sebelum mandi sebaiknya hentikan kebiasaan itu dari sekarang karena cara tersebut sangat salah entah itu mencukur rambut tubuh, kumis, jenggot atau area intim. Hal ini disebabkan mencukur sebelum mandi itu bisa meningkatkan ingrown hair atau rambut yang tumbuh kedalam.

Tak hanya itu, mencukur rambut sebelum mandi juga membuat kulit menjadi iritasi dan bagi anda yang gemar mencukur bulu rambut waktu yang tepat untuk mencukur adalah setelah Anda mandi. Karena kucuran air akan melembutkan bulu rambut, membuka pori-pori dan membuka folikel kulti sehingga permukaan kulit anda pun menjadi lebih lembut.

Baca juga : Doa Mandi Junub

Demikian ulasan tentang kesalahan saat mandi yang mungkin belum anda ketahui. Semoga Anda bisa menghindari kesalahan-kesalahan diatas saat mandi. Semoga bermanfaat.

Loading...