5 Kriteria dalam Memilih Laptop Gaming

Terdapat aspek untuk memilih laptop gaming yang perlu Anda tahu dan pertimbangkan sebelum memilih laptop yang sesuai dengan apa yang Anda inginkan.

Aspek-aspek tersebut akan turut memengaruhi keputusan Anda dalam memilih merek, fitur, dan spesifikasi dari model laptop yang ada.

Beberapa aspek teknis meliputi prosesor, RAM (memori), hardisk, kartu grafis dan hal-hal lain yang berkaitan dengan kemampuan laptop pada umumnya.

Paling tidak, terdapat 5 kriteria atau aspek yang perlu Anda ketahui sebelum memilih laptop gaming. Dengan mengetahui kriteria-kriteria tersebut, Anda akan lebih leluasa mengetahui bagaimana performa dan kemampuan visual laptop diukur.

Selain itu, Anda akan terhindar dari salah beli yang tentu merugikan secara finansial. Berikut adalah 5 aspek untuk memilih laptop gaming yang perlu Anda ketahui dan pelajari lebih jauh.

Kriteria Laptop Gaming yang Bagus

1. Performa Tinggi, Pendingin Berkualitas.

kriteria laptop gaming
Performa adalah preferensi utama ketika Anda memilih laptop gaming. 1 komponen utama yang menjadi otak dan jantung dari laptop gaming adalah prosesor.

Prosesor yang berkemampuan baik tentu membutuhkan tenaga yang besar. Untuk menyeimbangkan kinerja serba keras yang dilakukan prosesor, dibutuhkan sistem pendingin yang baik.

Dengan adanya sistem pendingin yang baik performa laptop akan terjaga sekaligus menghindari overheat.

2. Kemampuan Visual yang Mengesankan.

Kemampuan visual tidak hanya dapat dilihat dari detail grafik dan kekayaan objek serta warna dalam grafis game.

Kemampuan visual juga dapat diukur dari fps atau frame per second. Dengan bahasa sederhana, tingkat fps menentukan mulus atau tidaknya pergerakan visual atau gambar, baik pada game maupun pada film atau video.

Hal lain yang bida Anda perhatikan dari sebuah monitor adalah waktu respons, resolusi, dan keakuratan warna.

Saat ini kartu grafis terbaru yang cukup diperhitungkan di dunia gaming, yakni GTX GeForce 1650 dan RTX.

Loading...

Perihal harga, situs rekomended.com

dari postingan laptop gaming terbaik mengabarkan bahwa untuk spesifikasi ini ada di angka 10 hingga 40 jutaan.

3. Audio dengan Suara Terbaik.

Tidak berimbang jika sudah menggunakan prosesor, pendingin, serta kartu grafis yang mantap jika hanya menggunakan audio yang seadanya.

Untuk mendapatkan kualitas suara terbaik, Anda perlu mencari laptop yang sudah mendukung audio 7.1.

Perhatikan juga teknologi yang digunakan pada laptop, apak sudah mendukung teknologi Audio Boost dan Hi-Res Audio. Keduanya mendukung suara yang amat jernih dan berkualitas.

Salah satu audio yang biasa digunakan pada laptop gaming, yakni Harman Kardon.

4. Keyboard Nyaman Khusus Game.

keyboard yang nyaman
Untuk mendukung Anda yang akan menghabiskan waktu berjam-jam untuk bermain game, dibutuhkan papan ketika atau keyboard yang membuat jemari Anda nyaman dan leluasa memainkan game yang Anda mainkan.

Saat ini, Anda bisa menggunakan keyboard khusus game yang dilengkapi dengan sinar RGB. Sementara keyboard, bukan hanya material saja yang diperhatikan tetapi waktu respons juga perlu Anda perhatikan.

Mengenai keyboard, tak lengkap rasanya bila laptop gaming belum menggunakan RGB atau backlight yang warna warni.

5. Mendukung Live Streaming Lancar.

Apa jadinya jika Anda sudah memiliki laptop dengan spek berat, namun tidak mampu menampilkan performa live streaming yang lancar.

Tentu hal tersebut akan mengecewakan terlebih game online multiplayer kini semakin berkembang dan bervariasi. Jangan pernah abaikan hardware untuk berinternet.

Pilihlah laptop dengan chipset ethernet Wi-Fi yang memang diperuntukkan khusus untuk game dan live streaming multimedia.

Poin kelima ini sangat penting bila Anda berniat untuk menjadi YouTuber Gaming, tentunya kualitas serta performa nomor 1.

Kelima aspek untuk memilih laptop gaming tersebut perlu Anda jadikan patokan. Dengan memahami aspek-aspek tersebut, Anda dijamin menemukan laptop idaman dengan performa yang mengesankan dan memuaskan.

Semoga bermanfaat dan bisa membantu Anda menemukan pilihan yang tepat ya.

Loading...