Manfaat Baca Manga

Banyak yang beranggapan bahwa baca manga atau komik Jepang adalah kegiatan anak kecil dan tidak pantas dilakukan oleh orang dewasa. Sayangnya, anggapan ini sama sekali salah.

Membaca komik atau manga adalah aktivitas yang bisa dilakukan siapa saja, bukan hanya akan kecil saja. Apalagi jaman modern sekarang ini, dimana membaca komik dapat dilakukan melalui online atau internet.

Banyak situs atau website baca manga gratis dan sudah ada subtitle bahasa Indonesia yang mudah ditemukan di dunia maya. Misalnya saja Mangaku, Mangacanblog, Komiku, Mangaplus dan masih banyak lagi.

Manfaat-Baca-Manga-yang-Baik

Selain itu update seri-nya juga dapat diikuti di website tersebut. Hal ini membuat semakin semangat dalam membacanya tanpa harus beli komiknya.

Aktivitas ini selain menghibur, juga memberikan banyak manfaat lain bagi pelakunya. Apa saja itu?  Ini dia alasannya.

Berikut Manfaat Baca Manga Tanpa Disadari

Secara tidak sadar, banyak manfaat ketika Anda membaca komik manga. Beberapa manfaat baca manga itu adalah sebagai berikut:

1. Baca Manga Meningkatkan Imajinasi

Manga adalah nama lain atau nama populer untuk komik yang dibuat oleh Jepang dengan bahasa Jepang. Manga telah banyak dicetak dan dipublikasikan di Indonesia dengan bahasa yang telah diterjemahkan.

Baca manga memang identik dengan aktivitas anak kecil. Namun, kegiatan ini juga bisa dilakukan oleh orang dewasa. Justru, orang dewasa yang baca manga bisa mendapatkan banyak kelebihan seperti bisa meningkatkan daya imajinasi atau kemampuan menalar.

Manga atau komik umumnya menggunakan media gambar dimana gambar mengambil sebagian besar dari isi bukunya. Cerita yang ditulis hanya sedikit karena hanya sebagai pengantar saja. Dialog para tokoh pun tidak dituliskan lengkap secara keseluruhan.

Karena itulah, baca manga bisa dipergunakan untuk meningkatkan daya imajinasi. Pembaca akan berusaha keras menghubungkan satu adegan dengan adegan lain untuk mendapatkan runtutan cerita yang tepat.

Untuk itu, dibutuhkan kemampuan imajinasi yang kuat. Pembaca manga harus melengkapi kekosongan informasi yang tidak didapatkan dari dialog atau cerita yang disajikan. Dengan begitu, pembaca akan mendapatkan cerita secara lengkap di dalam benaknya.

2. Baca Manga Meredakan Stress

Saat jiwa Anda tertekan, pikiran sedang stress, otak penuh dengan hal-hal yang sulit diurai, itu adalah saat yang tepat untuk baca manga. Anda bisa meredakan stress, tekanan kerja, kepenatan dengan membaca sarana hiburan ini.

Anda bisa membaca manga bergenre komedi untuk mendapatkan sisi hiburannya. Kisahnya ringan, alurnya sederhana dan yang pasti di setiap adegannya menghadirkan kelucuan-kelucuan yang mengundang tawa.

Dengan membaca manga, stress pasti akan berkurang. Setidaknya pada saat Anda membaca manga, Anda tak perlu memikirkan hal lain. Ini akan membantu menstimulasi otak untuk kembali normal, lepas dari stress serta membuat pikiran menjadi lebih rileks.

3. Baca Manga Memperkuat Daya Ingat

Pernahkah Anda mendengar pernyataan bahwa salah satu cara meningkatkan daya ingat adalah dengan membaca. Dengan membaca, Anda mengaktifkan sel otak untuk bekerja dan terus aktif.

Jika sel otak aktif, transmisi antar sel akan menjadi lebih cepat. Proses penyaluran informasi dari memory di otak Anda akan berlangsung dengan singkat. Anda pun akan mengingat kejadian atau peristiwa yang terlupakan.

Namun, tidak semua orang suka membaca, apalagi dengan bacaan yang super berat dan harus memikirkannya secara mendalam. Pasti banyak orang yang akan keberatan. Tapi bagaimana jika membaca bukunya diganti dengan manga?

Tentu saja tidak ada yang menolak. Hampir sedikit sekali orang yang tak suka baca manga. Sebagian besar menyukai manga meski terkadang malu untuk mengakuinya. Karena itulah, membaca manga bisa jadi solusi untuk meningkatkan daya ingat.

Dengan membaca manga, setidaknya Anda akan sedikit mengaktifkan sel otak yang teristirahatkan. Sel otak akan terlatih, dan Anda bisa mendapatkan manfaat dari baca manga yaitu kemampuan daya ingat meningkat.

4. Baca Manga Mengasah Kreativitas

Aktivitas baca manga yang dilakukan juga berpotensi untuk meningkatkan kreativitas seseorang. Fungsinya hampir sama dengan meningkatkan kemampuan berfikir, kreativitas juga memiliki metode peningkatkan yang serupa.

Kreativitas dapat ditingkatkan dengan cara baca manga. Terlebih untuk manga-manga bergenre misteri, thriller dan lain sebagainya. Genre-genre ini akan membawa Anda ke pemikiran lebih mendalam.

Mencari jawaban, solusi, memecahkan teka-teki adalah hal-hal yang akan merangsang kreativitas Anda. Manfaat ini bisa ditingkatkan dengan semakin sering Anda melatih kemampuan untuk meneliti dan menganalisa sesuatu.

5. Baca Manga Meningkatkan Kosakata

Banyak hal yang bisa kita pelajari dari sebuah manga. Menyelami alur cerita, mencari solusi permasalahan hingga memahami karakter tokohnya. Namun, hal tersebut hanya bisa dilakukan jika Anda baca manga secara mendalam.

Tapi apa manfaatnya jika Anda baca manga sekilas lalu dan hanya memilih manga bergenre tertentu yang ringan atau sederhana? Apakah tidak ada manfaat yang bisa didapatkan dari aktivitas tersebut.

Tentu ada, manfaat yang paling mudah terlihat adalah penambahan jumlah kosakata Anda. Baik dalam versi bahasa aslinya atau menggunakan bahasa terjemahan, kosakata yang Anda miliki sedikit banyak akan bertambah.

Anda mungkin akan mendengar kata-kata yang masih sangat asing di telinga. Anda bisa mempelajari dan menyimpannya untuk dipergunakan di waktu yang tepat dan sesuai konteksnya. Semua hal bisa diambil manfaatnya dari serial manga.

Selain menambah kosakata, setiap kata yang Anda baca di manga akan merasuk ke dalam otak. Kata-kata ini akan menancap tajam dan akan terus diingat dalam waktu yang lama. Semakin banyak Anda membaca manga, semakin banyak pula penambahan kosakata Anda.

Namun, untuk mendapatkan kosakata lebih banyak lagi, pastikan Anda baca manga dengan genre yang bervariasi. Jangan hanya memilih satu jenis genre saja karena perkembangan penguasaan kosakata Anda pun akan ikut terbatas.

Jika Anda biasanya hanya membaca manga bergenre komedi, maka kosakata yang didapatkan tidak jauh dari aktivitas sehari-hari. Namun, bagaimana kiranya jika Anda baca manga bergenre detektif, petualangan atau psikologi? Pasti akan lebih banyak lagi jumlah kosakata Anda.

Itulah beberapa manfaat yang bisa Anda rasakan dengan rutin baca manga. Kegiatan membaca komik ini memang jauh lebih bermanfaat dibandingkan dengan keluyuran di luar rumah. Jadi, apakah Anda sudah membaca beberapa manga hari ini?

Loading...